Beranda > Gaya Hidup > 6 Tips Berlibur Lebih Hemat

6 Tips Berlibur Lebih Hemat

6 Tips Berlibur Lebih Hematwatermark

“Travel, in the younger sort, is a part of education; in the elder, a part of experience.” – Francis Bacon

TUNAIKU.COM – Bagi banyak orang, travelling adalah bagian dari gaya hidup dan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Hal ini bukan tanpa alasan. Menurut survey yang dilakukan oleh Global Coalition on Aging, liburan selama 1-2 hari saja sudah cukup untuk membantu 89% orang untuk meninggalkan stress karena pekerjaan, sehingga mereka menjadi lebih rileks.

Data lain menurut Physical Activity Guidelines Advisory menyatakan bahwa travelling terbukti menurunkan resiko diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker usus, kanker payudara, mencegah depresi, serta banyak manfaat kesehatan lainnya. Jadi, ketika kejenuhan sudah semakin memuncak, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk melakukan travelling ke lokasi liburan idaman.

Tapi tentu saja, liburan memerlukan biaya. Karena itu, perencanaan liburan perlu dilakukan secara cermat agar liburan berjalan dengan lancar tanpa merusak kesehatan keuanganmu. Lalu bagaimana cara agar kamu bisa berlibur dengan lebih hemat? Simak beberapa tipsnya berikut ini:

 

1. Hindari travelling pada musim liburan

Biaya menginap dan transportasi pada musim liburan akan lebih tinggi pada musim liburan dibandingkan di luar musim liburan. Travelling di luar musim liburan akan membantumu menekan biaya liburan.

 

2. Pertimbangkan perjalanan melalui darat

Travelling dengan pesawat terbang memang lebih praktis dan cepat. Tapi coba cari tahu biaya transportasi yang akan kamu keluarkan kalau kamu bepergian dengan kereta api atau bis. Kalau memungkinkan dan perjalanan melalui darat jauh lebih murah dibandingkan dengan perjalanan dengan pesawat terbang, tak ada salahnya mengambil pilihan yang lebih hemat.

 

3. Jangan langsung tergoda diskon tiket pesawat

Kalau ada tiket pesawat murah menuju suatu tempat liburan, jangan langsung membeli tiketnya, lho. Perhitungkan juga biaya lain seperti biaya penginapan serta akomodasi di lokasi liburan tersebut, karena tiap lokasi liburan memiliki biaya penginapan serta akomodasi yang berbeda-beda. Biaya akomodasi berlibur di Paris tentu jauh lebih mahal daripada biaya berlibur di Peru. Bisa jadi total biaya liburan tetap mahal karena biaya penginapan dan biaya lain, walaupun sudah mendapat tiket pesawat yang murah.

 

4. Pilih penginapan yang murah

Saat ini memang sudah banyak situs yang membantumu menemukan kamar hotel dengan harga termurah. Tapi kamu tidak selalu harus menginap di hotel atau resort saat berlibur, kok. Kamu bisa menggunakan beberapa situs seperti AirBnb atau Couchsurfing yang bisa membantumu mencari menyewa penginapan dari penduduk lokal yang jauh lebih murah dari menginap di hotel atau resort.

 

5. Cari diskonan di dunia maya

Berbagai maskapai penerbangan dan hotel sering mengumumkan promo dan diskon yang mereka selenggarakan di akun sosial media atau situs resmi mereka. Jadi, ikuti saja akun sosial media mereka serta rajinlah mengecek situs resmi berbagai maskapai penerbangan dan hotel untuk mendapatkan info diskon yang membantumu berlibur dengan lebih murah.

 

6. Jangan terlalu banyak membawa barang

Jangan bawa barang-barang yang tidak perlu. Hal ini tidak hanya membantu kamu berlibur dengan lebih nyaman, tapi juga menghemat biaya bagasi ekstra yang ditarik oleh maskapai penerbangan.

Ketika kebutuhan berlibur untuk mengusir stres telah begitu tak tertahankan, tak ada salahnya untuk mulai mengatur rencana liburanmu. Bila biaya masih belum terkumpul seluruhnya, pinjaman tunai bisa menjadi suntikan dana yang kamu butuhkan. Kamu cukup mengisi formulir aplikasi pinjaman melalui Tunaiku.

 

Berlibur memang penting, namun tetap harus diperhitungkan dengan baik. Dengan perencanaan yang cermat serta sumber dana yang aman dan cepat dari Tunaiku, liburan bisa dijalani dengan tenang tanpa harus merasa takut akan dompet kosong ketika liburan berakhir. Selamat berlibur!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett