Beranda > Gaya Hidup > 6 Tips Aman untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Membeli Rumah

6 Tips Aman untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Membeli Rumah

dhandyDhandy
6 Tips Aman untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Membeli Rumahwatermark

TUNAIKU.COM – Memiliki rumah pribadi tentulah menjadi impian bagi setiap orang. Terutama untuk para generasi milenial yang seringkali diragukan kemampuannya dalam membeli properti seperti rumah. Rumah ini bisa menjadi salah satu bentuk pencapaian seseorang setelah kerja kerasnya yang telah dilakukan selama ini.

 

Tidak semua orang mampu untuk membeli sebuah rumah impian, karena kondisi keuangannya yang dirasa belum mumpuni. Tapi, untuk kamu yang sudah memiliki simpanan uang yang dirasa cukup untuk membayar uang muka, janganlah tunda terlalu lama jika kamu memang berkeinginan untuk segera membeli rumah pribadi.

 

Harga rumah dan tanah akan selalu meningkat di setiap hari, bulan dan tahunnya. Jangan tunggu tabunganmu cukup untuk membeli sebuah rumah, karena hal tersebut akan menundamu dalam membeli sebuah rumah karena peningkatan harga rumah tersebut tidak sebanding dengan peningkatan penghasilan pribadi.

 

Artikel Terkait: Tips untuk interior rumah

  1. 7 Tips Membuat Rumah Selalu Terlihat Rapi
  2. Tren Warna 2019 untuk Interior Rumah Minimalis, Cek Rekomendasinya!
  3. 7 Akun Instagram Referensi Desain Interior Buat Rumahmu!

 

Membeli rumah impian berbeda dengan membeli sebuah gorengan bakwan. Butuh pertimbangan khusus sebelum memutuskan membeli sebuah rumah, seperti harga jual, lokasi, akses transportasi, dan masih banyak pertimbangan lainnya. Kamu harus memilih rumah yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu.

 

Oleh karena itu, jika kamu sudah merasa mampu untuk membeli rumah pribadi, ataupun sekadar untuk membayar uang muka, jangan ragu untuk segera membeli rumah impianmu. Tapi, kamu harus tetap hati-hati terhadap penawaran-penawaran menarik dari para pengembang properti. Biasanya mereka akan menawarkan promo yang sangat menggiurkan.

 

Promo tersebut bisa saja menguntungkan atau bahkan menjebakmu terjerumus dalam kerugian. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk kamu yang baru pertama kali ingin membeli rumah agar tidak menyesal di kemudian hari.

 

1. Pastikan kondisi keuanganmu tetap aman sebelum memutuskan untuk membeli rumah

 

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, pastikan dulu tentang kesiapan kondisi keuangan pribadi kita. Jangan sampai keputusan untuk membeli rumah berakibat mengganggu kondisi keuangan yang akan menjadi beban berat di kemudian hari.

 

Kamu pastikan dulu semua kebutuhanmu bisa tetap tercapai walaupun nantinya akan ada kebutuhan tambahan yaitu untuk membayar cicilan rumah. Siapkan matang-matang pengelolaan keuanganmu supaya semuanya bisa tetap berjalan lancar.

 

2. Jangan tunda membeli rumah, peningkatan harga rumah tidak sebanding dengan peningkatan penghasilan pribadimu

 

Jika dirasa kamu sudah mampu untuk mulai mencicil dan membeli sebuah rumah, jangan lagi tunda keinginanmu itu. Perlu diingat bahwa rumah dan tanah adalah benda yang selalu meningkat harga jualnya di setiap tahunnya, tapi pada kenyataannya tidak sebanding dengan peningkatan penghasilanmu di tiap bulannya.

 

Jadi, kamu bisa memulainya dengan membeli tipe rumah yang sederhana, yang cukup untuk kamu dan keluarga kecilmu. Setidaknya kamu sudah punya modal yang baik untuk masa depanmu. Jika di masa yang akan datang penghasilanmu meningkat, kamu bisa jual rumah mungilmu ini untuk membeli rumah yang lebih besar.

 

3. Tentukan lokasi yang strategis

Kamu harus tentukan lokasi rumah yang strategis untuk menunjang aktivitas kamu dan keluarga. Cari tempat yang bisa diakses dengan mudah untuk menuju tempat-tempat vital seperti stasiun, terminal, pasar, sekolah, atau jalan raya.

 

Jangan ragu untuk membeli rumah di pinggiran kota. Selama lokasi tersebut masih menunjang dan mudah diakses, kamu bisa memilihnya sebagai alternatif terbaik. Karena, harga rumah di pinggiran kota masih tergolong murah dan cukup terjangkau. Ingat, yang penting adalah punya rumah terlebih dahulu!

 

4. Pilih pengembang yang sudah terpercaya

Jangan mudah tergiur dengan promo-promo menarik yang ditawarkan para pengembang properti. Kamu harus lihat terlebih dahulu track record nya selama ini. Karena banyak perusahaan pemula yang ikut-ikutan membuka bisnis properti dan mereka hanya mementingkan keuntungan dibanding kualitas rumah yang akan dibuat.

 

Lebih baik membayar sedikit lebih mahal pada perusahaan pengembang properti yang sudah ternama dibanding memilih harga murah pada pengembang properti yang tidak diketahui track record nya.

 

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan jaminan terbaik dari rumah yang akan kita beli. Jangan sampai kita rugi setelah menempati rumah tersebut, karena kita harus merenovasi rumah di berbagai titik karena kualitas bangunan yang kurang baik.

 

5. Pelajari izin pembangunan rumahnya

 

Salah satu poin penting sebelum membeli sebuah rumah adalah masalah perizinan. Pastikan dulu lokasi rumah yang akan kamu beli sudah memiliki izin pembangunan rumah yang terkait. Jangan sampai masalah perizinan dapat mempersulit kamu di kemudian hari.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi tentang KPR

  1. Sebelum KPR Rumah, Coba Pilih Secara Teliti Jangka Waktu serta Suku Bunga
  2. Penting, Ini Kiat Melunasi KPR dengan Cepat
  3. Permudah KPR bagi Pasangan Muda dengan Kredit Online Terbaik Tunaiku

 

6. Tentukan KPR yang tepat

 

Kalau kamu memutuskan untuk mencicil rumah sebagai cara pembayaran, berarti kamu harus menentukan KPR yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai kamu keliru memilih KPR dan akan memberatkanmu di kemudian hari. Kamu harus jeli dengan semua persyaratan dan kesepakatan di awal perjanjian.

 

Setiap bank dan pihak penyedia KPR pasti mencari keuntungan. Jadi, kamu harus pahami betul semua persyaratannya agar tidak terjebak di kemudian hari.

CTABARU1

Tunaiku


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett