Beranda > Gaya Hidup > 5 Tips Belanja Untuk Keluarga Milenial yang Wajib Diketahui!

5 Tips Belanja Untuk Keluarga Milenial yang Wajib Diketahui!

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
5 Tips Belanja Untuk Keluarga Milenial yang Wajib Diketahui!watermark

TUNAIKU.COM – Menurut para psikolog, generasi milenial cenderung bersifat konsumtif karena mereka menganggap pekerjaan dan kesenangan dapat berjalan beriringan. Belum lagi kebiasaan instan dan mudahnya akses membuat para milenial memilih menggunakan fasilitas online dalam aktivitas sehari-hari. Nggak heran, para milenial disebut rentan terjebak memenuhi kesenangan sesaat alias instant gratification. Sayangnya, hal ini nggak cuma berlaku bagi para milenial yang masih lajang tetapi juga menghantui keluarga milenial akan kecenderungan ini. 

Oleh karena itu, kamu harus cerdas-cerdas mengendalikan diri supaya nggak kalah dengan para generasi baby-boomers alias generasi orang tua terdahulu. Supaya hemat, kamu bisa mengikuti tips-tips belanja hemat untuk keluarga milenial dari Prita H. Ghozie, SE, MCOM, seorang perencana keuangan ahli.

 

Artikel terkait: tips hidup untuk milenial  

  1. 5 Kesalahan Mengatur Uang yang Harus Dihindari Pengusaha Milenial
  2. Milenial, Yuk Benahi Pola Hidupmu untuk Menghindari 5 Penyakit Ini!
  3. 5 Hal yang Harus Diperhatikan Milenial Sebelum Mulai Investasi 

1. Riset harga sebelum membeli

Milenial akrab dengan e-commerce dan online shop. Ini adalah benefit, lho karena kamu bisa jadi lebih mudah membanding-bandingkan harga tanpa harus repot-repot bolak-balik ke pasar.Jadi, jangan malah riset harga terlebih dahulu sebelum membeli. Cari e-commerce dengan deal terbaik. Mungkin bisa berupa free delivery,  atau diskon dengan kartu kredit tertentu. Belanja bulanan jangan sampai kalap

 

2. Belanja bulanan jangan sampai kalap

Bahkan untuk seorang single seperti saya, belanja bulanan itu ibarat ‘ladang dosa finansial’. Banyak banget bocornya! Bayangkan, gimana dengan keluarga milenial, ya? Supaya nggak kalap, kontrol diri dengan membuat daftar item yang ingin dibeli dan saling cek dengan pasangan, siapa tahu sudah dibeli duluan.

 

3. Pilih kualitas terbaik walaupun harga lebih mahal

Yup. Kamu bukan anak kos-kosan lagi yang barang-barangnya hanya ‘asal ada’. Barang-barang kebutuhan keluarga, apapun itu, alat dapur, furnitur, elektronik, adalah investasi. Lebih baik beli yang sedikit mahal, tapi memang bagus, tahan banting, dan masa garansinya lama. Daripada yang beli abal-abal dan harus ganti setelah 5 bulan?

 

4. Berburu poin dan tukar kupon hadiah

Beberapa supermarket biasanya memiliki member card dan poin yang  diakumulasi setiap pembelian. Atau, bisa ditukar dengan hadiah. Kan lumayan, bisa dapat potongan harga?

 

5. Sediakan uang tunai daripada gunakan kartu kredit

Budaya cash masih punya nilai positif lho. Salah satunya, memberikan rasa ‘bersalah’ setiap bayar ke kasir!Karena jadi lebih berasa spending-nya. Lagipula, kebiasaan mencicil dengan kartu kredit itu sebenarnya bikin bengkak pengeluaran per bulan, lho.

Gampang kan tips-tipsnya. Kira-kira, bisa kan mulai dicoba hari ini? Yuk ah, jadi keluarga milenial yang cerdas finansial!

 

Artikel terkait: Vlog Tunaiku wajib lihat!

  1. VIDEO: Tips Belanja Produk Skincare dengan Harga Terjangkau
  2. TUNAIKU #VLOG 3 – Financial Life Hacks Akhir Bulan
  3. TUNAIKU #VLOG 2 – 3 Hal Menarik Saat Imlek versi

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

4


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett