Beranda > Gaya Hidup > 5 Cara Mudah Liburan ke Maldives Tanpa Kuras Tabungan

5 Cara Mudah Liburan ke Maldives Tanpa Kuras Tabungan

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
5 Cara Mudah Liburan ke Maldives Tanpa Kuras Tabunganwatermark

TUNAIKU.COM – Selain Bali, Maldives menjadi destinasi liburan favorit bagi para wisatawan dunia. Siapa, sih, yang nggak tergoda untuk menyusuri pinggiran pantai yang terkenal dengan pasir putihnya, ini? Apalagi, kalau kamu berniat untuk honeymoon bareng pasangan. Pasti ngiler untuk menyewa sebuah cottage yang mengapung di atas lautan?   

Sayangnya, liburan ke Maldives itu cukup memakan biaya, lho. Kamu harus benar-benar cerdik mengatur keuangan agar bisa liburan ke Maldives dengan biaya murah. Jika ingin liburan ke sana dengan biaya murah, coba contek 5 cara berikut ini!

1. Hindari hari Jumat  agar tidak over-budget

Jika ingin liburan ke Maldives, jangan ke sana pada hari Jumat, ya. Pada hari Jumat, semua aktivitas wisata diliburkan. Nggak ada moda transportasi yang beroperasi dan banyak toko yag menutup lapaknya. Kalau masih nekat juga, kamu harus bermalam di area bandara karena nggak bisa kemana-mana.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Tempat Honeymoon

  1. 4 Tips Menghemat Paket Honeymoon Murah Rp10 Jutaan ke Maldives
  2. 5 Pilihan Destinasi Wisata Romantis untuk Liburan Tahun Baru Bareng Pasangan
  3. 10 Tempat Honeymoon Paling Romantis di Indonesia 2018

 

Kalau sampai begini, kamu mesti mengeluarkan bujet ekstra dong, ya? Makanya, jangan sampai tiba di Maldives pada hari Jumat karena banyak penduduk muslim yang beribadah.  

2. Lebih perhitungan saat menukar uang

Saat akan menukarkan uang ke uang Maldives yaitu rufiyaa, kamu mesti lebih perhitungan. Jangan sampai kamu menukarkan terlalu banyak uang rufiyaa. Pasalnya, uang ini cukup sulit untuk ditukarkan di luar Maladewa. Kalau uang masih sisa dan kamu sudah kembali ke Indonesia, akhirnya jadi rugi sendiri, kan?

Saat berangkat dari Indonesia, kamu bisa membawa uang Dollar saja. Nantinya, ditukarkan di Maladewa dengan jumlah yang secukupnya. Satu rufiyaa dihargai sebesar Rp 928. Coba dihitung dari awal, kira-kira akan habis berapa? Jadi nanti benar-benar tahu besarnya uang yang mesti ditukar di Maldives.

3. Mengambil rute penerbangan dari Singapura

Semakin lama perjalanan, maka biaya akan semakin murah! Nah, teori ini sepertinya memang cocok untuk rute penerbangan dari Singapura ke Maldives yang ternyata jauh lebih murah. Untuk sekali jalan rute Singapura-Male (Maladewa), kamu hanya akan dikenai biaya sebesar Rp 1,1 jutaan saja. Pastikan untuk memilih maskapai Scoot Airlines atau Singapore Airlines, ya.

Iya, sih, kamu harus transit dan waktu perjalanan jadi lebih lama. Namun, kamu menghemat biaya transportasi. Buat kamu yang berada di Batam, bisa juga menghemat biaya dengan naik kapal ferry tujuan Singapura. Biayanya sekitar Rp 180 ribuan untuk sekali jalan. Jauh lebih murah, bukan?

CTABARU1

Mobile Site CTA

4. Menginap di hostel atau guesthouse murah

Maldives menawarkan penginapan dengan pelbagai model, seperti hotel dengan konsep mewah di pinggir pantai hingga hostel dan guesthouse murah meriah.  Dulunya, pemerintah punya peraturan ketat kalau wisatawan hanya boleh menginap di resor mewah tanpa penduduk saja.

Nah, kini pemerintah sudah mengubah kebijakannya. Kamu bisa mencari penginapanan di pulau lokal dan membaur dengan penduduk setempat. Total ada 400 penginapan dengan pelbagai model seperti hostel dan guesthouse yang tersebar di seluruh Maldives, lho. Jika memang nggak sanggup membayar sewa kamar hotel di resor, kamu bisa menginap di hostel yang ada di pulau lokal saja.

Kamu bisa menemukan hostel dengan sewa mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 900 ribu di Pulau Gulhi, Maafushi, dan Guraidhoo. Besarnya tarif ini tentu berbanding terbalik dengan sewa hotel di resor mewah yang tarifnya selangit! Harga sewa resor ini dipatok mulai dari Rp 2 jutaan, lho!

Jika nggak ada bujet, sudah menginap di hostel saja. Meski tarifnya murah, kamu tetap bisa menikmati keindahan pantai di Maldives kok. Nantinya, dengan teman segeng, kamu bisa mengambil one day tour di Maldives. Jika ingin menikmati area pantai, pastikan untuk mengecek lokasi penginapan di Google Maps, ya.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Wisata yang Harus Kamu Kunjungi

  1. 10 Kota Tempat Tujuan Wisata Murah di Eropa
  2. Liburan Murah Sehari di Yogyakarta, Ini Rekomendasinya
  3. 7 Destinasi Wisata Impian yang Layak Dikunjungi di 2019

Jika kamu menginap di area Male, bisa mengunjungi beberapa spot wisata yang nggak menguras biaya. Seperti National Museum, Grand Friday Mosque, hingga Tsunami Monument.

5. Rutin cek jadwal keberangkatan transportasi di Maldives

Saya punya pengalaman buruk selama liburan ke Jepang. Gara-gara nggak teliti melihat jadwal keberangkatan bis, saya pun harus mengeluarkan bujet lebih karena ketinggalan bis. Kesalahan-kesalahan kecil seperti ini ternyata bisa membebani biaya liburan, lho.

Berhubung ferry adalah moda transportasi utama di Maldives, maka saya sarankan kamu untuk mengecek jadwal keberangkatan secara rutin. Jangan sampai deh salah jadwal saat menyusun itinerary. Jika salah jadwal, kamu mesti mengeluarkan lebih banyak bujet! Sekadar informasi, tarif ferry di Maldives berkisar antara Rp 4 ribu sampai Rp 18 ribu, tergantung jauh dekatnya tujuan.

Jika ingin sedikit berusaha, ternyata bisa liburan hemat ke Maldives! Sebisa mungkin, susun rencana beberapa bulan sebelum hari H. Cari juga promo penginapan dan penerbangan agar bisa mendapatkan harga yang lebih miring. Selamat mencoba.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett