Beranda > Gaya Hidup > 4 Tips Hadapi Anak Remaja yang Kecanduan Gadget

4 Tips Hadapi Anak Remaja yang Kecanduan Gadget

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
4 Tips Hadapi Anak Remaja yang Kecanduan Gadgetwatermark

TUNAIKU.COM – Saya pikir semua sepakat kalau gadget di era kini sudah bisa dikategorikan sebagai kebutuhan. Di tempat umum, main gadget. Lagi kerja, sembunyi-sembunyi main gadget. Untuk beberapa orang bahkan ke kamar mandi harus membawa gadgetnya juga. 

Sebenarnya berapapun umur kamu, kecanduan gadget adalah sesuatu yang berbahaya. Namun, menjadi lebih berbahaya ketika umurmu masih dalam tahap pertumbuhan atau remaja. Di usia yang seharusnya kamu fokus belajar dan mencoba segala pengalaman baru, kamu malah melewatkan itu semua karena sibuk bermain gadget. Kalau kamu memakai gadgetmu untuk membaca buku atau informasi-informasi penting sih masih oke. Kalau hanya tenggelam dalam feed Instagram atau sibuk bergosip di grup chat?

Nah, buat kamu para orangtua yang memiliki anak remaja yang memiliki masalah kecanduan gadget, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kadar candunya tersebut.

1. Buat peraturan di rumah

Sebagai orang tua, tentu kamu lebih memiliki kekuatan di dalam rumah dibanding anak-anak. Gunakan kekuatan itu untuk hal yang membangun, seperti misalnya membuat peraturan yang positif.

 

Kamu bisa membuat peraturan bebas gadget, misalnya. Mulai jam 9 malam, dilarang memakai gadget kalau enggak penting-penting banget. Atau kalau di rumahmu terdapat wi-fi, matikan saja wi-fi di atas jam 9 malam. Dengan catatan, si kecil enggak memasang paket data sendiri.

 

Artikel terkait: Pusingnya mengurus anak remaja

  1. Anak Sudah Remaja? Ini Dia Tips untuk Mempererat Hubungan dalam Keluarga
  2. 5 Cara Pintar bagi Ibu dalam Menghadapi Anak Remaja yang Suka Berbohong Soal Uang
  3. Para Ayah dan Calon Ayah, Begini Kiat Memahami Generasi Z Agar Akrab dengan Anak Remajamu

2. Lakukan kegiatan menyenangkan

Daripada melarang mereka untuk bermain gadgett, kamu bisa mengajak mereka melakukan kegiatan yang enggak kalah menyenangkan dari bermain gadget. Toh alasan mereka fokus terhadap perangkat canggihnya ya karena bermain gadget itu menyenangkan.

Coba ajak mereka bermain ke museum, misalnya. Di sana kamu bisa mengawasi mereka agar enggak menggunakan gadgetnya untuk hal lain di luar rangka kunjungan kalian ke museum tersebut. Kalau untuk memotret agar momennya terabadikan sih saya pikir bukan masalah.

Kalau enggak ada waktu keluar rumah, kamu bisa mencoba mengajaknya membantu kamu memasak atau marathon DVD film kesukaanmu. Apapun itu, pastikan kamu dan anak sama-sama terhibur dengan kegiatan yang kalian lakukan.

3. Pandu mereka bermain gadget

Saudara saya memiliki cara yang unik dalam menyikapi anak remajanya yang enggak bisa lepas dari gadget. Ketimbang menjauhkannya dari gadget, saudara saya malah mengarahkan anaknya untuk menggunakan gadgetnya mempelajari hal-hal yang baru.

Seperti misalnya memberikan rekomendasi permainan yang juga mengasah otak, memberikan rekomendasi channel Youtube yang bermanfaat, dan sebagainya. Menurut saya, langkah yang satu ini patut dicoba untuk orangtua modern dalam menghadapi anak remajanya.

 

Artikel terkait: Seputar gadget yang perlu kamu tahu

  1. Trik Ampuh Jaga Baterai HP Android Tetap Prima Meski Di-charge Semalaman!
  2. Pilihan Paket Internet 4G Terbaik dan Termurah Untuk Smartphone-mu! Kamu Pilih yang Mana?
  3. 5 Tips Bersih-Bersih HP Android yang Mulai Lemot

4. Fokuskan mereka dengan gadgetnya

Ada perbedaan mencolok antara orang yang kecanduan gadget karena bingung mau ngapain dengan orang yang kecanduan gadget karena senang dengan teknologi. Kalau anak kamu tergolong yang terakhir, kamu bisa memaksimalkan kesenangannya itu.

Perhatikan apa yang dia mainkan setiap dia memegang gadgetnya. Teman saya punya adik yang jago sekali menggambar, dan semua itu bermula dari ibunya yang melihat si adik senang sekali menggambar di gadgetnya. Sebenarnya enggak terbatas hanya untuk gadget saja, kamu bisa menemukan bakat seseorang dengan melihat hobi dan kesenangannya orang tersebut. Seandainya pun yang dilakukan si anak saat memegang gadget adalah bermain game, siapa tahu dia berbakat jadi gamers profesional?

Nah, itu tadi langkah-langkah yang bisa kamu lakukan kalau anak kamu yang remaja sudah hanyut dalam pesona gadgetnya. Saran saya, daripada langsung mengambil tindakan yang ekstrem, ada baiknya kamu mengambil langkah yang enggak akan menimbulkan masalah baru.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

4


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett