Beranda > Gaya Hidup > 10 Jenis Furnitur yang Malah Membuat Rumah Tampak Sempit

10 Jenis Furnitur yang Malah Membuat Rumah Tampak Sempit

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
10 Jenis Furnitur yang Malah Membuat Rumah Tampak Sempitwatermark

TUNAIKU.COM-Meski niatan hati ingin mempercantik ruangan, kalau salah memilih furniture bisa-bisa malah bisa membuat ruangan terlihat lebih sempit, lho. Artinya, kamu harus lebih jeli dan selektif saat memilih furnitur. Nggak asal beli karena bentuknya lucu atau tergoda dengan promo furnitur murah semata. Saya pernah ada di posisi ini. Akhirnya, alih-alih rumah saya tampak indah, malah terlihat sempit dan sumpek.

 

Akhirnya, saya browsing-browsing cari tahu penyebabnya. Sayangnya, saya lambat tahu karena sudah terlanjur memenuhi rumah saya dengan furnitur tersebut. Lantas, apa saja furnitur yang mesti kamu waspadai agar nggak membuat rumahmu terlihat lebih sempit? Dikutip dari Womensweekly.com, ini dia daftarnya!

 

1. Furnitur dengan satu fungsi

Kamu melihat sebuah meja sudut antik dengan ukiran yang indah. Melihat tampilannya, sepertinya cocok untuk dekorasi ruangan. Eits, tunggu dulu, ya. Jangan langsung membeli furnitur tersebut.

 

Artikel Terkait: Tips Memilih Furnitur

  1. Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Furnitur Kayu
  2. Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Kamu Memiliki Furnitur dari Kayu
  3. Perhatikan Kriteria Ini Saat Memilih Furnitur untuk Rumah Mungil

 

Pikirkan kembali, apakah meja sudut itu bakal memakan tempat? Kalau memang hanya mempunyai fungsi sebagai dekorasi saja, lebih baik jangan dipilih. Hindari memilih furnitur dengan satu fungsi.

 

2. Skirted sofa

Skirted sofa memang terlihat lebih kokoh dan penuh, tetapi juga ada kekurangannya. Sofa jenis ini bisa memberi ilusi penuh sesak pada ruangan. Coba pertimbangkan untuk memilih sofa berkaki. Adanya jarak antara sofa dan lantai bisa memunculkan kesan ‘luas’ pada ruangan.

 

3. Hiasan berukuran besar

Dewasa ini, banyak sekali furnitur dan hiasan ruangan yang dijual di pasaran. Kalau kamu nggak jeli dalam memilih, bisa membuat ruangan terlihat sempit. Misalnya, kamu membeli hiasan meja berukuran besar dengan jumlah banyak.

 

Kalau membeli satu hiasan saja masih bisa dimaklumi, karena bisa membuat ruangan lebih cerah dan modis. Namun, kalau terlalu banyak akan membuat ruangan jadi penuh.

 

4. Furnitur yang menyerap cahaya

Sebuah ruangan yang didekorasi dengan furnitur menyerap cahaya akan terkesan sempit. Karena kekurangan cahaya, ruangan terlihat redup dan sempit. Solusinya, kamu harus menyingkirkan furnitur-furnitur yang memberi efek redup di dalam ruangan. Kalau mau ruangan tampak lapang sih lebih baik mengisi ruangan dengan furnitur berwarna cerah. Putih lebih baik. Namun, kamu harus pintar-pintar menjaga kebersihannya ya.

 

5. Furnitur yang kurang proporsional

Saat memilih furnitur, perhatikan juga ukurannya. Kalau membeli meja atau kursi berukuran jumbo, dijamin ruangan akan terlihat sempit. Karena furnitur dengan ukuran big size ini akan memakan tempat.

 

Makanya, kamu mesti memikirkan keseimbangan antara satu furnitur dengan furnitur lainnya. Furnitur apa saja yang sekiranya berukuran mini tetapi fungsional? Bisa dengan memakai satu sofa berukuran besar dan meja tumpuk ukuran mini yang bisa diletakkan di sudut ruangan.

 

6. Sofa berpola

Meski memiliki kesan artistik, sofa berpola ada kekurangannya. Karena warnanya yang mencolok, membuat ruangan sekitar jadi sempit. Sofa ini akan menjadi pusat perhatian dan area sekitar terabaikan. Kamu bisa menggantinya dengan sofa atau furnitur dengan warna netral dan kalem yang nggak terlalu mencolok.

 

7. Pintu

Sebelum lanjut baca, coba hitung berapa banyak pintu di rumahmu? Kalau terlalu banyak pintu, ruangan akan terlihat sempit. Mengapa bisa demikian? Karena pintu dapat menyerap cahaya dan memunculkan kesan gloomy. Rumahmu akan terlihat lebih sempit dari ukuran sebenarnya.

 

8. Furnitur bercorak kayu

Kalau kamu memilih furnitur dan dekorasi berwarna coklat gelap atau warna kayu, bisa membuat ruangan terlihat semakin sempit, lho. Saatnya untuk beralih pada furnitur yang berbahan kaca atau akrilik. Kedua bahan ini memang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas.

 

Artikel Terkait: Ide Dekorasi Rumah dan Apartemen Studio

  1. 10 Ide Dekorasi Tema Rustic yang Cocok untuk Apartemen Studio
  2. 5 Ide Dekorasi Apartemen Studio yang Bikin Hunian Makin Nyaman
  3. Intip 5 Ide Dekorasi Ala Korea yang Percantik Rumah dan Bikin Betah

 

9. Sofa dengan dua meja

Keberadaan meja pada tiap ujung sofa akan membuat ruangan terlihat lebih sempit. Sebisa mungkin, hindari menggunakan dua furnitur yang sama. Kalau perlu, kamu bisa membeli kursi dengan meja beroda. Kamu bisa memindahkan meja ini kapan saja kalau terasa memenuhi ruangan.

 

10. Rak buku

Menambahkan rak buku di dalam ruangan sama sekali nggak jadi soal, asalkan rak buku tersebut memiliki tinggi yang ideal. Saat ini, sedang hits rak buku dengan tinggi menyentuh plafon. Kalau kamu memakai rak buku ini, ruangan akan terlihat sempit. Kamu bisa memilih rak buku ukuran standar agar ruangan nggak terlihat sempit.

 

Hindari ke-10 furnitur di atas kalau ingin ruangan terlihat lebih luas. Pantas saja rumah saya terlihat sempit, ternyata cukup banyak furnitur satu fungsi yang ada di dalam ruangan, hehe.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett