Beranda > Gaya Hidup > 10 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Solo Trip

10 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Solo Trip

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
10 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Solo Tripwatermark

TUNAIKU.COM – Saat ini solo trip memang banyak dipilih orang-orang. Saya sendiri menyukai solo trip bukan karena nggak punya teman atau partner yang menyukai trip, tapi lebih kepada kesibukan yang berbeda-beda. Daripada mengagendakan trip tapi nggak jadi-jadi dan berujung pada wacana, jadi ya udah jalan sendiri saja.

 

Selain itu, ada saat ketika pergi sendirian menjadi momen dimana kita bisa menenangkan diri. Jadi ya saya menikmati objek wisata sendirian sembari menenangkan diri. Pulang-pulang, pikiran pun fresh kembali dan siap untuk memulai rutinitas seperti semula.

 

Artikel terkait: Hal-hal seputar solo trip

  1. 10 Hal yang Akan Kamu Rasakan dan Pelajari Saat Solo Trip
  2. Asal Tahu Tips dan Triknya, Perdana Solo Trip Akan Bikin Kamu Ketagihan
  3. 5 Alasan Kuat Solo Traveling Baik Dilakukan, Nggak Perlu Takut!

 

Apakah kamu juga tertarik mencoba solo trip? Boleh-boleh saja kok mencoba solo trip. Namun, ingat, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum memutuskannya.

 

1. Cari tahu apakah kamu punya kenalan di tempat tujuan

Meski tujuan trip-mu merupakan tempat yang asing, nggak menutup kemungkinan kamu punya teman yang berada di sana, lho. Sebaiknya sebelum berangkat kamu mulai mengontak teman-temanmu. kalau ternyata ada, kamu pun lebih aman karena ada orang yang bisa kamu mintai tolong di sana kalau ternyata ada apa-apa.

 

2. Cari informasi kondisi terkini tempat tersebut

Ada baiknya kamu mencari kabar berita terkini mengenai tujuan wisata yang hendak kamu kunjungi. Nggak mungkin kan kamu ke suatu tempat di mana sedang terjadi pergolakan politik atau perekonomian yang semrawut. Dengan mengetahui kondisi terkini, kamu pun jadi tahu apa saja yang harus kamu persiapkan.

 

3. Catat nomor penting di sana

Catatlah beberapa nomor penting yang bisa dihubungi. Beberapa di antaranya adalah nomor kantor polisi, kantor Palang Merah, rumah sakit, dan lain sebagainya. Ingat, saat solo trip kamu nggak bisa mengandalkan bantuan dari orang lain kalau terjadi apa-apa padamu.

 

4. Foto dokumen penting

Nggak ada yang menginginkan barang-barang penting hilang. Namun, lebih baik sedia payung sebelum hujan, kan? Untuk itu, fotolah kartu tanda penduduk, paspor, tiket perjalanan, dan dokumen-dokumen penting lainnya lalu kirimkan ke emailmu. Bisa juga kamu buat fotokopinya semisal terjadi hal-hal yang nggak diinginkan. Salinan dokumen ini akan sangat penting semisal saja tas mu yang berisi dokumen penting kecurian atau dompetmu dicuri orang.

 

5. Amankan barang bawaanmu

Namanya juga di tempat asing. Pasti ada kemungkinan tercopet. So, pastikan kamu menyimpan barang-barang dengan aman. Pastikan kamu selalu menutup resleting dan nggak menyimpan barang-barang penting di saku celana. Kamu juga bisa menggunakan travel belt wallet. Dompet semacam ini biasanya bisa dikenakan di pinggang layaknya sebuah ikat pinggang. Di dalamnya kamu bisa meletakkan uangmu agar lebih aman.

 

6. Kabari orang terdekat posisi terkinimu

Saat solo trip, jangan lupa untuk selalu meng-update posisimu. Kabari orang di rumah atau orang terdekat. Hal ini untuk menghindari kalau kamu tiba-tiba hilang, keberadaanmu jadi lebih mudah dilacak.

 

7. Kenali dengan akrab penduduk lokal

Akan lebih baik jika kamu berkenalan dengan penduduk lokal. Ini akan sangat membantumu, lho. Mereka bisa memberimu informasi seputar objek wisata serta makanan khas. Mereka bahkan bisa menolongmu jika kamu butuh sesuatu.

 

8. Mantab melangkah

Wajah ragu-ragu hanya akan jadi sasaran empuk para penipu dan pencopet. Jangan sekali-kali menunjukkan aura keraguanmu. Jangan sampai kamu keluar hotel tanpa tahu arah tujuan, ya.

 

Artikel terkait: Ciri-ciri wisatawan yang baik

  1. Wajib Tahu, Ini Pentingnya Punya Asuransi Perjalanan Saat Traveling
  2. Jadi Turis yang Baik, Ketahui Etika Memberi Tip Saat Berlibur ke 5 Negara Asia Berikut Ini!
  3. 5 Destinasi Halal untuk Libur Lebaran di Korea

 

9. Rahasiakan kalau kamu sendiri

Dalam praktiknya, pasti kamu akan kebingungan memilih jalan untuk menuju suatu lokasi. Kamu boleh kok tanya apda orang asing. Tapi pastikan kamu menyembunyikan identitasmu sebagai solo traveler, ya. Jadi kamu bisa menata narasi, “Saya mau ketemu temen di objek wisata ini, untuk itu, jalan mana yang harus saya pilih, ya?”

 

10. Sebar kartu nama

Jangan lupa saat kamu bepergian membawa kartu nama, ya. Ini agar kamu lebih mudah dikenali. Namun, kamu hanya boleh memberinya pada orang yang tepat, sebagai contoh petugas hotel.

 

Itulah yang harus kamu lakukan jika sedang solo traveler. Bagaimana, sudah siap memulai perjalananmu?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett