Beranda > Finansial > Tiru Cara Mengatur Keuangan ala Miliarder Sukses Dunia Ini!

Tiru Cara Mengatur Keuangan ala Miliarder Sukses Dunia Ini!

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Tiru Cara Mengatur Keuangan ala Miliarder Sukses Dunia Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Memiliki kelebihan finansial bukan berarti kamu boleh seenaknya menghamburkan uang untuk membeli apa pun yang diinginkan, lho. Nyatanya, miliarder sukses dunia sekalipun memilih untuk tetap hidup sederhana dan mengelola keuangannya dengan bijak agar keuntungannya dapat berlipat ganda di kemudian hari.

 

Nah, apa saja kebiasaan orang-orang terkaya di dunia dalam mengatur keuangannya? Simak ulasannya berikut ini, ya!

 

1. Warren Buffett

Warren Buffett adalah salah satu pengusaha sukses yang mengisi jajaran nama orang terkaya di dunia. Dengan aset berjumlah sekitar 47 miliar dolar AS yang dimilikinya, namanya pun dikenal sebagai salah satu investor tersukses di dunia. Apa ya, kiat Warren dalam mengatur keuangannya sehingga menjadi sesukses dan sekaya ini?

 

Menabung dan berinvestasi

Sejak remaja, Warren sudah terbiasa menabung sebagian besar penghasilannya sebagai loper koran. Namun sesungguhnya, Warren lebih suka menginvestasikan — alih-alih menabung — uangnya; menurutnya, berinvestasi sanggup membantunya mendapatkan penghasilan tambahan. Hebatnya lagi, Warren enggan bersahabat dengan kartu kredit, lho! Prinsip hidupnya: belilah yang kamu butuhkan, bukan inginkan. Wah, sangat patut dicontoh, ya?

 

Artikel terkait: Belajar mengatur keuangan dengan baik

  1. 9 Tips Jitu Ciptakan Keuangan Stabil Sebelum Usia 30
  2. 7 Aturan Keuangan yang Harus Diterapkan oleh Fresh Graduate
  3. Memasuki Usia 30 Tahun? Simak 6 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan yang Paling Sering Kamu Lakukan!

 

2. Carlos Slim Helu

Pernah mendengar nama Carlos Slim Helu? Majalah Forbes di tahun 2010 pernah menobatkannya sebagai orang terkaya di dunia! Carlos bahkan mengalahkan dua nama yang kekayaannya tidak perlu diragukan lagi yaitu Bill Gates dan Warren Buffet. Lalu, kiat apa yang diterapkan Carlos dalam mengatur keuangannya?

 

Berorientasi kepada fungsi

Satu hal yang wajib kamu contoh dari Carlos adalah caranya memilih barang. Jika ia dihadapkan dengan dua jenis barang dengan merek yang berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama, dia pasti akan memilih merek dengan harga yang lebih bersahabat. Prinsipnya: jika fungsinya sama, kenapa harus memilih merek yang mahal?

 

Selain itu, Carlos juga sangat berorientasi kepada fungsi. Jika suatu barang masih berfungsi dengan baik, kenapa harus membeli yang baru? Carlos pun memilih untuk menempati rumah dan menggunakan transportasi lamanya lho, ketimbang membeli yang baru.

 

3. David Cheriton

David Cheriton adalah seorang profesor di Stanford University yang menginvestasikan uangnya untuk membangun perusahaan teknologi. Apa yang bisa kita contoh dari David?

 

Nggak pakai mobil pribadi

Daripada membeli mobil dan berkontribusi terhadap kemacetan, David lebih memilih menaiki transportasi umum. Menurutnya, memiliki mobil pribadi akan mengahabiskan setengah dari penghasilannya, baik untuk membeli bahan bakar atau menjaga performanya. Bahkan, David juga sering jalan kaki untuk menghemat biaya transporatsinya, lho.

 

Selain David, ternyata dua miliarder lainnya yaitu Chuck Feeney pendiri Duty Free Group dan John Caudwell pengusaha asal Inggris pun gemar melakukan dua hal tersebut lho. Jadi, kamu sekarang nggak perlu malu kan, kalau harus naik angkutan umum atau berjalan kaki?

 

Artikel Terkait: Kiat Sukses orang-orang sukses

  1. Mengikuti Langkah dan Gaya Hidup Mark Zuckerberg; Kaya dan Sukses, Tetapi Sederhana
  2. Tiru 7 Tips Sukses dari Sophia Amoruso #GIRLBOSS agar Berhasil dalam Karier
  3. Ingin jadi pengusaha sukses? Ikuti 4 kiat sukses JK Rowling ini!

 

4. Ingvar Kampard

Kalau kamu pernah mendengar nama IKEA, seharusnya kamu tahu bahwa sosok di balik nama besarnya adalah Ingvar Kampard, seorang pengusaha yang memulai usahanya dari berjualan korek api semasa kecil.

 

Hidup sederhana dan senang berbagi

Bagi Ingvard, berbagi dengan sesama nggak akan membuatnya jatuh miskin. Itulah kenapa ia sangat suka berbagi kebahagiaan dengan mereka yang lebih membutuhkan. Selain itu, Ingvard juga menjalani kehidupannya dengan sangat sederhana. Buktinya, ia tidak memilih kelas bisnis saat menggunakan jasa transportasi atau penginapan. Ia pun masih memakai mobil Volvo tua yang dibelinya 15 tahun lalu, lho!

 

CTA1

 

 

 

 

Kiat-kiat yang diterapkan para miliarder di atas sangat layak kamu tiru! Miliki rencana keuangan yang matang dan kelola keuanganmu dengan bijak; salah satu caranya adalah dengan menjalani kehidupan yang sederhana dan tidak neko-neko.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.
Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett