Beranda > Finansial > Tips dan Trik Membeli Rumah dengan Bujet Pas-pasan

Tips dan Trik Membeli Rumah dengan Bujet Pas-pasan

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Tips dan Trik Membeli Rumah dengan Bujet Pas-pasanwatermark

TUNAIKU.COM – Siapa yang nggak ingin tinggal di rumah yang sudah terpisah dengan orang tua atau mertua? Saya rasa kalau orang-orang ditanya pasti pengin langsung tinggal sendiri, entah itu pasangan yang baru saja menikah atau pun sudah lama. Nah, yang dimaksud tinggal sendiri di sini tentu sudah tinggal di rumah milik sendiri, ya.

 

Sayangnya, banyak pasangan suami-istri yang sampai saat ini masih tinggal bersama orang tua atau mertua karena terkendala dana. Yap, harga rumah memang mahal, ya. Apalagi di zaman seperti sekarang. Harga rumah dan tanah sudah melonjak drastis. Perlu siasat khusus biar tetap bisa punya rumah sekalipun dengan bujet yang pas-pasan.

 

Biar bagaimanapun niat memiliki rumah sendiri memang harus disegerakan. Pasalnya, nanti pasti harganya akan naik lagi. Nah, berikut tips buat kamu yang ingin membeli rumah tapi bujet pas-pasan!

 

1. Lihat kondisi keuangan

Biar bagaimanapun, kamu harus mengukur kemampuan keuanganmu. Kamu harus tahu, dengan kemampuan finansial yang kamu miliki, bisa membeli rumah dengan harga berapa. Sekalipun kamu bisa menggenapi biaya dengan berutang, ada baiknya kamu tetap berpatokan dengan kemampuan keuangan. Karena nantinya kamu akan berurusan dengan yang namanya angsuran. Karena sama saja, kan, jika nanti kamu terbelit utang yang nggak bisa kamu bayar.

 

2. Cari sumber pendapatan tambahan

Jika pendapatan dan tabungan saat ini masih pas-pasan, ada baiknya kamu mulai mencari tambahan sumber pendapatan. Ada banyak sumber pendapatan yang bisa kamu coba. Kamu bisa membuka usaha sesuai dengan bidang kemampuanmu. Kamu juga bisa memiliki pekerjaan sampingan yang nggak mengganggu pekerjaan utama.

 

Artikel Terkait: Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Coba

  1. 5 Ide Bisnis Sampingan yang Nggak Mengganggu Pekerjaan Utama
  2. Buat Kamu yang Suka Gambar, 4 Pekerjaan Ini Mungkin Cocok dengan Passionmu!
  3. Nambah Pemasukan Lewat Bisnis Sampingan? Ini Pilihan Tepat untuk Para Pekerja!

 

3. Cari di pinggiran kota

Saat ini, banyak promo rumah murah yang dibangun di pinggiran kota. Sepanjang lokasinya nggak jauh dari pusat transportasi, kesehatan, pendidikan, hiburan, dan perbelanjaan, saya rasa nggak masalah. Justru dengan tinggal di pinggiran kota nggak akan membuatmu pusing karena banjir dan macet.

 

4. Ikut KPR termurah

Kalau mau punya rumah dalam waktu singkat mau nggak mau caranya adalah dengan mengikuti program KPR. Namun, kamu bisa kok menyurvei bunga dari bank satu ke bank lainnya. Pastikan kamu mendapatkan bunga rendah, provisi rendah, dan pinalti yang nggak merugikanmu. Pasalnya, beberapa memang menawarkan bunga rendah, tapi ada ketentuan lain yang akhirnya membuatmu membayar lebih. Kamu harus pastikan lebih lanjut, ya.

 

Artikel Terkait: Pengin Beli Rumah dengan Cara KPR? Baca Ini Terlebih Dahulu

  1. 5 Cara Jitu Mengumpulkan Uang Muka KPR, Biar Tabunganmu Tak Habis Dalam Sekejap!
  2. Siapa Bilang Freelancer Tak Bisa Ajukan KPR? Inilah Tipsnya!
  3. Tips Ambil KPR Untuk Pemula

 

5. Cari pengembang yang kompeten

Saat membeli rumah kamu juga harus memastikan seperti apa pengembang yang membangunnya. Akan lebih baik jika pengembang tadi adalah relasi atau temanmu sendiri. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan potongan harga. Namun, pastikan juga kalau pengembang itu cukup kompeten, ya.

 

NabungYuk

 

Mulai dengan menabung saja dulu!

 

Kamu pun bisa mulai nyicil tabungan dengan nabung di tabungan digital kekinian. Enaknya tabungan digital, kamu nggak perlu ribet-ribet pergi ke bank untuk buka rekening tabungan, Kawan Tunaiku.

 

Nah, sama halnya kalau kamu ingin buka rekening tabungan di Amar Bank lewat nabungyuk.com. Kamu bisa pilih 3 produk tabungan andalan Amar Bank, yaitu Tabungan Aster, TAMARA, dan Deposito. Untuk menabung di Amar Bank, kamu nggak perlu susah-susah ke bank, cukup dengan mengisi data diri kamu di nabungyuk.com dan tim kami akan menghubungi kamu untuk proses kelengkapan selanjutnya.

Mudah, kan? Makanya, jangan sampai kamu kelewatan kesempatan untuk menabung di Amar Bank lewat nabungyuk.com. Prosesnya mudah, cepat, dan nggak pakai ribet.

 

Itu dia tips buat kamu yang ingin membeli rumah tapi bujetnya masih pas-pasan. Bagaimana, sudah siap membeli rumah dalam waktu dekat?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU3

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett