Beranda > Finansial > 5 Cara Jitu Mengumpulkan Uang Muka KPR, Biar Tabunganmu Tak Habis Dalam Sekejap!

5 Cara Jitu Mengumpulkan Uang Muka KPR, Biar Tabunganmu Tak Habis Dalam Sekejap!

dhandyDhandy
5 Cara Jitu Mengumpulkan Uang Muka KPR, Biar Tabunganmu Tak Habis Dalam Sekejap!watermark

TUNAIKU.COM – Salah satu dilema yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari adalah saat ingin mengambil KPR. Dilemanya adalah kita harus membayar uang muka KPR dengan langsung mengurangi tabungan yang sudah kita kumpulkan sejak lama.

 

“Kamu rela uang tabunganmu seketika tersedot habis?”

 

Setelah bertahun-tahun menabung, pastinya kita selalu ingin untuk memiliki tabungan dengan jumlah yang besar dan banyak. Hal tersebut menunjukkan bahwa kita sudah memiliki modal yang cukup untuk masa depan.

 

Kemudian, dari angka dan jumlah tabungan yang besar tersebut, biasanya akan semakin memotivasi kita untuk menambah jumlah tabungan tersebut.

 

Mau sampai kapan?

 

Namun, mau sampai kapan sih kita mengumpulkan tabungan? Sehingga kita takut untuk membelanjakannya demi aset-aset penting lainnya.

 

Aset-aset yang dimaksud di atas adalah barang properti, kendaraan pribadi, emas, ataupun jenis investasi lainnya. Karena kurangnya pengetahuan, sebagian orang justru akan menutup diri dari beberapa jenis investasi tersebut. Menurut mereka, lebih baik mereka menyimpan uang dalam buku tabungan karena alasan keamanan dan kenyamanan.

 

Terutama untuk memiliki sebuah rumah, ada sebagian orang yang ragu dan takut karena jumlah uang yang harus dikeluarkan tentunya dengan jumlah yang besar. Umumnya mereka khawatir jika uang tabungannya harus tersedot habis untuk membayar uang muka KPR.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang KPR

  1. Siapa Bilang Freelancer Tak Bisa Ajukan KPR? Inilah Tipsnya!
  2. Sebelum KPR Rumah, Coba Pilih Secara Teliti Jangka Waktu serta Suku Bunga
  3. Selain KPR, Kredit In-House Jadi Solusi untuk Miliki Hunian

 

Gimana caranya biar tabungan nggak habis dalam sekejap?

 

Memang, setidaknya kita harus menyiapkan uang sejumlah 30% dari harga rumah yang akan kita beli. Oleh karena itu, sebelum membeli sebuah rumah disarankan untuk menyiapkan sejumlah uang sebagai uang muka dalam pengambilan KPR.

 

Selanjutnya, bagaimana cara untuk mengumpulkan uang untuk uang muka KPR tanpa harus menyedot habis uang yang sudah kita tabung bertahun-tahun?

 

Tentunya ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan supaya tidak menyedot habis uang tabunganmu dalam membayar uang muka KPR. Cara-cara ini bisa kamu lakukan untuk meminimalkan penggunaan uang yang sudah kamu tabung selama ini.

 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan, simak, ya!

 

  1. Datang ke pameran properti

 

Pertama, kamu bisa datang ke pameran-pameran properti untuk mengetahui kisaran harga dari sebuah rumah. Dalam pameran tersebut, kamu bisa mengulik banyak hal mengenai pembelian sebuah rumah.

 

Mulai dari harga rumah, pengajuan KPR, spesifikasi bahan bangunan rumah, fasilitas, dan info-info lainnya yang berhubungan dengan jual-beli rumah. Kamu bisa melihat dan menganalisis, dari semua rumah yang ditawarkan di pameran tersebut, berapa rata-rata kisaran uang muka yang harus kamu siapkan.

 

Jadi, setelah kamu datang ke sebuah pameran properti, kamu sudah tahu berapa kisaran jumlah uang yang harus kamu kumpulkan untuk membayar uang muka KPR sebuah rumah.

 

  1. Hitung dan rencanakan anggaranmu

 

Setelah tahu kisaran uang yang harus kamu kumpulkan, selanjutnya kamu bisa hitung dan rencanakan ulang mengenai anggaran pribadimu. Kamu bisa atur ulang mengenai pemasukan dan pengeluaran bulanan yang biasa kamu lakukan.

 

CTABARU1

  1. Buatlah target khusus

 

Sebagai motivasi, kamu harus memiliki target khusus dalam mencapai impianmu ini. Seperti contoh, kamu bisa membuat timeline dalam program mengumpulkan uang muka KPR tersebut.

 

Timeline tersebut bisa menjadi sebuah acuan untuk kamu dalam mencapai target. Sehingga, setiap bulannya kamu memiliki pemicu untuk bekerja dan mengumpulkan uang dengan lebih keras dan semangat.

 

  1. Cari penghasilan tambahan

 

Masih mengandalkan gaji dari perusahaan? Sebaiknya kamu hilangkan persepsi tersebut.

 

Sebaiknya kamu mencari penghasilan tambahan untuk mengumpulkan uang muka KPR. Jika kamu hanya mengandalkan gaji perusahaan, tentunya kamu harus mengorbankan banyak hal dalam kehidupan sehari-harimu.

 

Karena pada hakikatnya, gaji perusahaan sebaiknya digunakan untuk keperluan utama dan kebutuhan sehari-hari, seperti kebutuhan keluarga. Maka dari itu, kamu bisa menabung untuk uang muka KPR dari hasil pemasukan tambahanmu itu, supaya tidak mengganggu kondisi finansial pribadi.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang KPR

  1. Penting, Ini Kiat Melunasi KPR dengan Cepat
  2. 7 Pertanyaan yang Wajib Diajukan saat Mengambil KPR
  3. Permudah KPR bagi Pasangan Muda dengan Kredit Online Terbaik Tunaiku

 

  1. Sesuaikan gaya hidup untuk lebih berhemat

 

Karena sedang memiliki target besar, kamu harus menyesuaikan diri untuk bisa hidup lebih hemat. Kamu bisa mengatur pengeluaran supaya bisa lebih efektif dan juga efisien.

 

Ini semua demi target yang harus kamu capai, kok!

 

Nah itu tadi adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam mengumpulkan uang untuk uang muka KPR. Cara-cara di atas tentunya dibuat agar tidak mengganggu kondisi finansial pribadi, sehingga kamu bisa mengumpulkan uang tanpa harus khawatir akan jumlah tabungan di rekeningmu. Jadi, selamat mencoba, Guys!

CTABARU3


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett