Beranda > Finansial > Sedang Tren, Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Memulai Investasi di Bitcoin

Sedang Tren, Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Memulai Investasi di Bitcoin

PAULUS RISANGPaulus Risang
Sedang Tren, Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Memulai Investasi di Bitcoinwatermark

TUNAIKU.COMCryptocurrency seperti Bitcoin memang tengah ngetren. Bahkan, ada yang memprediksi kalau mata uang digital ini akan menjadi alat tukar di masa depan. Yah, meski sekarang BI  melarang Bitcoin dan semacamnya untuk menjadi alat tukar di dalam negeri, setidaknya Bitcoin masih bisa dimanfaatkan sebagai instrumen investasi.

 

Berinvestasi di Bitcoin memang menggiurkan, apalagi jika melihat lonjakan nilainya yang begitu pesat tahun lalu, mencapai lebih dari Rp250 juta per 1 BTC. Saya sendiri berinvestasi kecil-kecilan di situ. Namun, sebelum kamu memulai investasi di Bitcoin maupun mata uang kripto lainnya, ada hal-hal yang sebaiknya kamu pertimbangkan terlebih dahulu.

 

1. Keuntungan besar di cryptocurrency itu layaknya menang lotere

Nggak ada yang menyangka kalau nilai Bitcoin bisa melonjak sedemikian tinggi saat itu. Dari yang awalnya hanya bernilai puluhan ribu rupiah, kini mampu melejit hingga ratusan juta rupiah. Namun, kejadian semacam ini ibarat menang lotere: bukan sesuatu yang sering terjadi.

 

Situasi yang mirip terjadi ketika kakek saya menginvestasikan uangnya dalam dolar AS sebelum tahun 1998. Alhasil dana beberapa puluh juta yang ia simpan mampu melonjak nilainya hingga ratusan juta. Sekali lagi, ini adalah kejadian yang luar biasa dan jarang terjadi seperti halnya lonjakan nilai Bitcoin.

 

Jadi, investasi di Bitcoin itu cukup spekulatif di mana kamu harus siap untuk nggak mendapatkan untung sama sekali, bahkan kehilangan dana yang kamu investasikan.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Cryptocurrency

  1. Ingin Memahami Cryptocurrency Si Mata Uang Digital? Ini Penjelasan Lengkapnya!
  2. Mengintip Investasi Bitcoin dari Daftar 10 Pemain Bitcoin Terkaya di Dunia
  3. 5 Tips Investasi Bitcoin yang Menguntungkan Bagi Pemula

 

2. Nilainya sulit diprediksi

Nilai saham suatu perusahaan mungkin bisa diprediksi dari laporan keuangan dan isu-isu yang memengaruhi perusahaan tersebut. Sementara, cryptocurrency nggak demikian. Nilai Bitcoin sangat dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan masyarakat. Volatilitasnya pun bisa sedemikian liar. Jadi, saat memulai investasi Bitcoin kamu harus memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi karena nilainya memang sulit diprediksi.

 

3. Berisiko dicuri peretas

Meski punya tingkat keamanan yang tinggi, Bitcoin masih rentan untuk dicuri oleh peretas. Ini karena umumnya Bitcoin disimpan di dompet yang terhubung dalam jaringan,  sehingga berisiko dikerjai oleh hacker. Apalagi kita tahu bahwa transaksi yang sudah terjadi itu nggak bisa dibatalkan. Jadi kalau uang digitalmu hilang karena dipindah ke akun lain, kamu nggak bisa mendapatkannya kembali.

 

Untuk meminimalkan risiko ini, kamu dapat meningkatkan keamanan Bitcoinmu dengan menyimpannya di dompet offline atau yang disebut dengan cold storage. Simpan sebagian besar Bitcoin dalam cold storage dan sisakan sedikit saja di dompet online.

 

Artikel Terkait: Kiat berinvestasi

  1. Jadi Investasi Terbaik, Ini 3 Strategi Tepat Saat Investasi Emas
  2. Kenali lebih dalam Keuntungan dan Risiko Trading Forex
  3. 4 Langkah Investasi yang Wajib Dipahami Buat Kamu yang Berusia 20 Tahun

 

4. Masih banyak opsi investasi lainnya

Karena masih ada banyak pilihan investasi lain, sebaiknya kamu nggak menginvestasikan semua uangmu di Bitcoin. Cukup sebagian kecil saja. Utamakan untuk berinvestasi pada instrumen yang keuntungan dan risikonya lebih jelas terukur. Jadi, uang yang kamu investasikan pun nggak cuma mengendap saja.

 

Nah, itu dia 4 hal yang sebaiknya kamu pertimbangkan sebelum memulai investasi di Bitcoin. Cryptocurrency merupakan instrumen investasi yang bisa memberikan keuntungan yang tinggi tapi juga punya risiko yang cukup besar. Mudah-mudahan, kamu lebih bijak dalam memilih instrumen investasi yang tepat bagimu.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

KTA, tunaiku, pinjaman online, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, cowok matre, cowok mata duitan, tanda cowok matre, tanda cowok dekati hanya karena uang

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett