Beranda > Finansial > Pilih Kos atau Apartemen? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan

Pilih Kos atau Apartemen? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Pilih Kos atau Apartemen? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskanwatermark

TUNAIKU.COM – Apa sih faktor terpenting untuk menentukan tempat tinggal? Pertama, tempat tinggalmu nggak boleh terlalu jauh dari kampus atau kantor. Kedua, tempat tinggalmu harus nyaman dan sebaiknya memiliki harga yang terjangkau.

 

Biasanya, kamu punya dua pilihan: tinggal di kos atau apartemen. Pilihan masing-masing akomodasi pun beragam, dimulai dari kos berharga murah, kos eksklusif, apartemen kelas studio, atau apartemen yang terdiri dari dua kamar. Harga masing-masing pilihan pun bersaing ketat. Misalnya, ada kos eksklusif yang harganya nggak jauh beda dengan apartemen studio.

 

Nah, untuk membantumu membuat keputusan, saya sudah mengumpulkan beberapa kekurangan dan kelebihan masing-masing jenis akomodasi yang bisa kamu jadikan panduan dalam memilih tempat tinggal.

 

1. Harga

Kos: Harga kos sangat beragam dan umumnya lebih murah dari apartemen. Kalau ingin tinggal di kos dengan fasilitas yang oke, kamu bisa memilih kos eksklusif. Kalau beruntung, kamu bahkan bisa mendapatkan fasilitas yang setara dengan apartemen. Selain itu, sistem pembayaran kos biasanya bulanan, jadi secara finansial kamu akan dimudahkan.

 

Apartemen: Mahal dan murah itu relatif. Namun, harga apartemen umumnya lebih mahal dari harga kos. Selain itu, apartemen biasanya memberikan periode sewa. Misalnya, kamu harus menyewa apartemen setidaknya selama 6 bulan hingga 1 tahun. Lebih mengikat kan, daripada kos.

 

Artikel Terkait: Baca juga artikel tentang rumah berikut!

  1. Jarak Kampus Jauh dari Rumah, Lebih Baik Ngekost atau Tinggal di Rumah?
  2. Ingin Merenovasi Rumah Tua? Ini Beberapa Hal yang Harus Kamu Perhatikan!
  3. Ingin Beli Apartemen Murah? Pinjaman Tunaiku Bisa Bantu Kamu Mewujudkannya!

 

2. Fasilitas

Kos: Fasilitas yang disediakan rumah kos sangat bergantung pada harga sewanya. Ada kos yang hanya menyediakan tempat tidur, lemari, serta kamar mandi luar. Ada pula kos yang menyediakan fasilitas penunjang lain seperti dapur, parkir, dan jaringan internet.

 

Keuntungannya, pilihanmu lebih beragam. Dengan kata lain, kamu bisa menyesuaikan fasilitas kos dengan kondisi keuangan dan kebutuhanmu. Kalau kamu merasa bisa tidur tanpa AC atau nggak perlu bawa kendaraan, silakan pilih kos dengan fasilitas yang nggak terlalu lengkap dan berharga lebih murah.

 

Apartemen: Salah satu keuntungan tinggal di apartemen adalah fasilitasnya yang lengkap. Biasanya, kamu yang tinggal di apartemen bisa menikmati aneka fasilitas penunjang gaya hidup seperti kolam renang, minimarket, pusat kebugaran, dan kafe. Selain itu, keamanannya pun biasanya lebih terjamin.

 

Kekurangannya? Kamu harus rela bayar lebih mahal! Terkadang, ada juga pengelola yang nggak mau menanggung biaya maintenance atau perbaikan fasilitas. Artinya, itu jadi beban kamu.

 

3. Privasi

Kos: Kalau kamu memilih tinggal di kos, kemungkinan besar privasimu jadi berkurang, terutama karena ruang lingkup kos yang lebih terbuka. Selain itu, banyak juga kos yang berbentuk rumah. Artinya, kamu harus berbagi fasilitas seperti kulkas dan dapur dengan penghuni kos lainnya.

 

Apartemen: Banyak orang memilih tinggal di apartemen karena privasi mereka lebih terjamin. Selain itu, apartemen nggak punya jam malam! Artinya, kamu bisa bebas pergi dan pulang sesuka hatimu.

 

Artikel Terkait: Kiat-kiat sukses berbisnis

  1. Ingin Sukses Berbisinis? Coba Terapkan 12 Mindset A La Entrepreneur Ini!
  2. Beautypreneur, Menjadi Pengusaha di Bidang Kecantikan
  3. Pendiri ‘Di Bawah Pohon’: 4 Tips Merintis Bisnis Barbershop di Indonesia

 

4. Investasi

Kos: Buat kamu yang kepingin berinvestasi, kos bukan pilihan yang tepat. Ingat, penghuni kos cuma memiliki hak untuk menyewa akomodasi.

 

Apartemen: Nah, apartemen baru merupakan pilihan yang cocok buat kamu yang kepingin berinvestasi! Kalau kamu memiliki modal, cobalah membeli apartemen yang nantinya bisa kamu sewakan lagi kepada orang lain.

 

5. Kehidupan sosial

Kos: Tinggal di kos biasanya memudahkan kamu untuk bersosialisasi dengan penghuni lainnya. Kalau suatu saat kamu butuh bantuan, biasanya teman-teman satu kosmu nggak akan segan-segan membantumu.

 

Apartemen: Sementara itu, penghuni apartemen biasanya lebih individualis sehingga jarang berinteraksi dengan tetangga-tetangganya. Namun, ini balik lagi ke pribadi masing-masing, sih.

 

Nah, itulah lima hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih tempat tinggal. Jangan lupa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kondisi keuanganmu, ya. Selamat berburu tempat tinggal!

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.
Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, Ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett