10 September 2017

TUNAIKU.COM – Sukses dalam berbisnis, nggak hanya bergantung pada modal. Kata seorang teman saya, sih, kamu juga perlu mental kuat untuk mempromosikan bisnis. Kalau dipikir-pikir, ada benarnya juga. Bagaimana barang daganganmu mau laku, kalau menawarkannya saja masih malu-malu kucing? Belum lagi, kalau ada saingan bisnis. Bisa menyerah duluan, deh, nantinya.

 

Di tengah pergantian zaman, definisi entrepreneur pun menjadi luas. Nggak cuma soal orang yang membangun bisnis. Namun, entrepreneur juga bisa diartikan sebagai sebuah mindset.

 

Nah, seorang pebisnis sukses pun wajib memiliki mindset dan kualitas yang menyokong tujuan bisnisnya. Lantas, apa saja mindset yang harus dimiliki–kalau kamu ingin sukses berbisnis?

 

1. Punya mentor

Seorang entrepreneur baru, pastilah minim pengalaman. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencari mentor atau pembimbing. Coba saja simak pendapat dari seorang penasihat keuangan, bernama Robert Kiyosaki.

“Jika Anda ingin pergi ke suatu tempat, maka langkah terbaiknya adalah cari orang yang sudah pernah sampai ke tujuan Anda.”- Robert Kiyosaki.

Satu hal yang perlu diingat, carilah mentor yang nggak berlagak layaknya seorang bos yang suka memerintah. Namun, seseorang yang akan memberi petunjuk terbaik kepadamu.

 

2. Mau untuk terus mencoba

Alih-alih kapok berbisnis, para entrepreneur sukses nggak pernah ragu untuk terus mencoba berbisnis. Mereka akan belajar dari kesalahan ataupun kegagalan yang pernah dilakukan. Jadi, kalau gagal bisnis, jangan sampai patah arang, ya.

 

Artikel terkait: Tips Membayar Utang

  1. Hati-hati dalam Membayar Tagihan Kartu Kredit, Jangan Sampai Salah Strategi!
  2. Bagaimana Cara Melunasi Utang Sebelum Menikah? Coba Terapkan Cara Ini
  3. 5 Langkah Untuk Terbebas dari Belitan Utang Pinjaman Uang

 

3. Lebih dari sekadar cari uang

Ingin tahu rahasia sukses seorang entrepreneur? Ternyata, bukan uang lho yang menjadi motivasi utama mereka. Sebaliknya, passion-lah yang menjadi kekuatan utama untuk memulai bisnis. Memang sih, kamu nggak bisa hidup tanpa uang.

Namun, akan beda ceritanya kalau kamu juga didukung dengan passion yang kuat. Maka kamu akan lebih tahan banting dalam berbisnis. Kamu akan menyukai pekerjaan yang digeluti dan mau belajar dari pengalaman untuk memperoleh hasil yang maksimal!

 

3. Memulai langkah kecil untuk mimpi yang besar

Jangan ragu untuk punya mimpi yang besar. Meski dimulai dengan langkah yang kecil, nggak menutup kemungkinan kamu akan sukses, kok.  Biasanya, seorang entrepreneur sukses itu punya visi dan impian yang besar. Setelah membangun fondasi yang kokoh, mereka pun mulai melakukan hal-hal yang kecil terlebih dahulu.

Sebagai penyemangat, pernahkah kamu mendengar kisah Jack Ma (pendiri Alibaba.com)? Jack Ma mengatakan, “small is beauty”.

Nah, dengan memulai sesuatu hal yang kecil maka akan lebih mudah untuk mengarahkannya.

 

4. Team work, bukan single player!

Kamu memerlukan sebuah tim yang kuat untuk mewujudkan semua mimpi dan visi bisnismu. Pada dasarnya, bisnis itu memang kerja tim  dan bukan permainan single player. Kalau kamu punya tim yang cukup solid nih, niscaya bisa meraih sukses dalam bisnis.

 

5. Konsisten pada tujuan

Jika ingin sukses, maka kamu perlu konsisten dalam mengembangkan bisnis. Pastinya, kamu sering menjumpai entrepreneur baru yang punya banyak pekerjaan. Kalau kamu bisa fokus pada satu bisnis dan konsisten mengembangkannya,  kamu bisa meraih sukses. Jangan mau menjadi Rambo dengan machine guns, tetapi pilihlah senjata berupa laser yang lebih fokus!

 

6. Punya pertanyaan yang tepat

Ternyata nih, mengubah kata-kata bisa membuat duniamu berbeda, lho. Coba perhatikan contoh di bawah ini, ya.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah bertanya “mengapa?”. Pertanyaan ini bisa membuat lawan bicara memikirkan alasan atau sumber permasalahan. Nah, umumnya, seorang entrepreneur sukses itu bisa memberikan solusi.

Lalu, kamu bisa mengubah kata-kata dari saya nggak bisa melakukannya…, bisa kamu ubah menjadi kalimat bagaimana cara saya melakukan…

Wah, dari mindset saja memang harus selalu positif dan pantang menyerah ya kalau mau sukses!

 

7. Menyusun prioritas

Tantangan terbesar menjadi seorang entrepreneur sukses yaitu bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu singkat. Agar bisa terealisasi, mereka pun membuat prioritas.

Langkah-langkahnya adalah dengan menyusun tujuan (goals), membuat rencana (plan), hingga mulai menyusun rencana kerja (action plan). Nantinya, kamu bisa mengerjakannya selangkah demi selangkah. Tentu saja, sembari belajar dari tiap kejadian yang ada.

 

8. Memiliki keyakinan akan sukses

Jika kamu yakin pada dirimu sendiri dan tim, bisnismu pasti akan meraih kesuksesan. Pada umumnya, seorang entrepreneur pasti punya keyakinan pada diri sendiri dan tim. Nantinya, dengan didukung data penunjang, kamu akan selalu berpikiran positif.

 

9. Tak bosan untuk terus belajar

Coba tanyakan kembali pada diri sendiri pertanyaan berikut ini.

  • Kapankah terakhir kali kamu ikut dalam pelatihan atau seminar untuk mengembangkan diri (personal development)?
  • Kapan nih terakhir kali kamu sukses membaca buku hingga selesai (selain komik dan buku non-fiksi)?

Rahasia menjadi orang sukses adalah kamu nggak pernah bosan untuk belajar. Kamu perlu memperbarui pengetahuanmu dan tentu saja penguasaan akan teknologi. Dengan begitu, kamu bisa belajar dan melakukan perbaikan. Selalu haus akan ilmu adalah langkah tepat meraih sukses!

 

Artikel Terkait: Dunia Belanja

  1. Bisnis Baju Anak, Modal Terjangkau Lewat Pinjaman Dana Cepat
  2. Peluang Bisnis Jasa Titip, Solusi Buat yang Nggak Sempat Belanja dan Mengejar Diskonan
  3. Rutin Lakukan 12 Kebiasaan Ini Begitu Gajian, Kamu Akan Lebih Kaya!

 

 

10. Tidak sempurna bukan suatu masalah

Seorang entrepreneur pasti punya tingkat perfeksionis yang cukup tinggi. Misalnya nih, suatu produk yang bagus itu merupakan produk yang kualitasnya lebih baik dari yang ada saat ini. Kedua, daripada produk yang sempurna, produk yang sudah laku dijual merupakan produk yang lebih baik.

 

11. Menghindari lingkungan dan orang yang memiliki pengaruh buruk

Kamu akan kesulitan untuk memiliki pikiran yang positif jika berada di lingkungan yang buruk. Kamu membutuhkan lingkungan dan orang yang positif di sekitarmu untuk meraih sukses!

 

12. Bisa menangkap peluang bisnis

Kamu akan sukses dalam berbisnis ketika dapat menangkap peluang dan juga nggak menyerah untuk terus melakukan perbaikan. Saat memulai bisnis, kamu perlu menjawab satu pertanyaan besar.

“Apakah masalah yang ingin kamu pecahkan dengan membuka bisnis tersebut?”

 

Nah, dengan mengetahui 13 mindset para entrepreneur sukses ini kamu bisa mengambil satu pembelajaran lho. Bahwa sukses itu bukan terletak pada profesi seseorang. Namun, tentang bagaimana cara berpikir seseorang.

 

Sehingga, apapun pekerjaanmu sekarang baik karyawan ataupun  pengusaha, bisa tetap dikatakan memiliki mindset entrepreneur. Asalkan, kamu berkeinginan untuk memecahkan suatu masalah besar dengan solusi yang tepat!

 

Pinjaman tanpa agunan tunaiku

 

 

 

 


Artikel ini ditulis oleh:

perencanaan keuangan - tunaiku