SWARA – Tahu sendiri, kan? Saat Ramadan tiba, pasti pengeluaran kita akan meningkat dibanding bulan-bulan sebelumnya. Kok bisa? Ya, karena di bulan ini banyak momen-momen yang tidak bisa ditinggalkan, seperti berbuka puasa, sahur, bukber (buka bersama), hingga momen menuju Lebaran.

 

Tentunya, momen-momen tersebut akan membuat kita membelanjakan sebagian uang untuk memenuhi segala keperluan tersebut. Maka dari itu, kamu harus pintar dan cerdik dalam mengatur uang, supaya tidak kebobolan karena banyaknya kebutuhan yang datang saat bulan Ramadan.

 

Survive Man

 

Sebenarnya kamu nggak perlu khawatir lagi. Pada dasarnya, setiap manusia memiliki rasa survive saat dirinya berada di kondisi yang mendesak. Namun, sebelum mencapai kondisi tersebut, sebaiknya kamu mencegahnya supaya tidak sampai kehabisan tabungan uang.

 

Nah, berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk mengatur uang saat bulan Ramadan tiba. Tentunya, tips ini bisa kamu gunakan untuk menjaga kondisi finansialmu tetap stabil walau banyak pengeluaran saat Ramadan ini.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang atur uang

  1. Tips dan Cara Mengatur Uang Agar Bisa Meraup Kesuksesan di Tahun Babi Ini
  2. 7 Cara Mengatur Uang Agar Sehat dan Tidak Habis Begitu Saja
  3. 5 Kesalahan Mengatur Uang yang Harus Dihindari Pengusaha Milenial

 

1. Buat anggaran khusus Ramadan

 

Saat Ramadan tiba, sangat diperlukan untuk membuat sebuah anggaran khusus yang mengakomodasi segala kebutuhan dan keperluan saat Ramadan. Seperti halnya, anggaran bahan-bahan pokok, bahan makanan untuk buka puasa dan sahur, anggaran khusus bukber, hingga anggaran untuk Lebaran. Semua keperluan tersebut perlu kamu rencanakan sebelum Ramadan tiba untuk menjaga stabilitas kondisi finansialmu.

 

Jadi, kamu sudah tahu berapa jumlah uang yang mesti kamu keluarkan saat bulan Ramadan. Dampaknya adalah kamu bisa mengontrol setiap pengeluaran yang akan kamu lakukan dan bisa mencegah jika pengeluaran sudah terlampau banyak.

 

2. Jangan terlena saat bukber dengan teman-teman atau kerabat

 

Ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan uangmu seperti hilang dalam sekejap mata. Karena biasanya, setiap acara bukber, kita akan membelanjakan uang untuk membeli makanan tanpa perlu pikir panjang.

 

Oleh sebab itu, jangan sampai terlena saat bukber dengan teman-teman. Kamu tetap perlu mengontrol diri supaya bisa membelanjakan uangmu secara bijak. Kalau perlu, bawa makanan sendiri saat bukber nanti!

 

3. Pintar-pintar dalam berbelanja, ya! Semua harga akan naik

 

Bukan rahasia umum, semua harga di pasaran akan naik saat bulan Ramadan. Hal ini rupanya bukan semata-mata permainan dagang, tapi memang sesuai dengan teori ekonomi. Semakin banyak peminat, semakin tinggi pula penawarannya.

 

Jadi, kamu harus cerdik dalam hal berbelanja saat bulan Ramadan. Caranya, kamu bisa membandingkan harga saat Ramadan dengan harga di bulan sebelumnya, atau kamu bisa berbelanja banyak untuk stok selama Ramadan.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang atur uang

  1. 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mengajari Anak Mengatur Uang
  2. 5 Cara Sukses Mengatur Uang dengan Gaji 3 Jutaan per Bulan
  3. Baru Dapat Gaji Pertamamu? Lakukan 5 Tips Mengatur Uang Agar Gajimu Aman

 

4. DIY is always better than BUY

 

Maksudnya adalah lebih baik membuat sendiri dibanding harus terus menerus membeli. Hal ini bisa dalam konteks membuat makanan, menyiapkan buka puasa dan sahur, hingga membuat bingkisan Lebaran ataupun kartu ucapan Lebaran.

 

Semua hal tadi memang bisa kamu beli di tempat lain. Namun, alangkah lebih baik kalau kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Karena, selain harganya lebih mudah untuk dikontrol, kamu juga bisa membuat hal-hal tersebut sesuai dengan selera masing-masing.

 

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk mengatur duit selama bulan Ramadan. Perlu diingat, jika ada kesempatan, kehidupanmu masih bisa berlanjut setelah Ramadan nanti. Jadi, jangan sampai kamu menghabiskan seluruh tabunganmu untuk memenuhi segala kebutuhan dan keperluan di bulan Ramadan. Belum lagi THR sudah di depan mata. Pasti kamu tergiur untuk splurging, deh.

 

Nah, dari pada kamu habiskan semua THR kamu untuk belanja, lebih baik sebagian disisihkan untuk tabungan, sobat! Mau tahu tabungan yang mudah, cepat, dan menguntungkan? Coba mulai menabung di Amar Bank, yuk. Amar Bank punya 3 produk tabungan andalan, yaitu Tabungan Aster, TAMARA, dan Deposito. Kalau kamu punya satu goal yang ingin dicapai, ada baiknya kamu coba TAMARA, yaitu produk tabungan berjangka yang bisa dimulai dengan menabung Rp100.000 saja, lho. Selain itu bunganya juga cukup bersaing dengan bank-bank lainnya.

 

Mau coba? Kamu tinggal kunjungi nabungyuk.com dan mengisi data diri kamu. Selanjutnya tim kami akan menghubungi kamu untuk melanjutkan proses pembuatan rekening tabungan. Kamu nggak perlu lagi keluar rumah untuk pergi ke bank. Kami yang akan menghampiri kamu. Yuk, langsung nabung di Amar Bank. Selamat mencoba, ya!


dhandyDhandy Dwi Yustica