Perjalanan umroh ke tanah suci Mekah dan Madinah tentunya membutuhkan uang yang tidak sedikit. Kamu perlu tabungan umroh yang bagus untuk mewujudkan perjalanan ibadah yang diidamkan.

 

Menabung memang menjadi salah satu cara bagi kamu yang memiliki rencana berangkat umroh. Saat ini, terdapat banyak perbankan yang menawarkan produk tabungan yang bisa kamu gunakan untuk dana umroh.

 

Agar bisa menemukan pilihan tabungan umroh yang tepat, saya akan beri panduan agar kamu bisa memilih tabungan yang bukan hanya bagus, tetapi juga sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Apa itu tabungan umroh?

 

Tabungan umroh adalah tabungan yang dikhususkan untuk tujuan ibadah umroh di waktu yang sudah ditetapkan. Ini juga bisa menjadi salah satu cara jitu agar impian umroh terwujud.

 

Adanya tabungan umroh memungkinkan kamu untuk mencicil biaya yang kamu perlukan untuk melakukan perjalanan ibadah sekaligus wisata ke Mekah dan Madinah.

 

Produk tabungan umroh biasanya memberikan kebebasan bagi nasabah dalam mengatur jumlah setoran sesuai jangka waktu menabung pada paket ibadah umroh yang kamu pilih. 

 

Setoran tabungan umroh akan menggunakan layanan autodebet melalui tabungan nasabah. Dengan kata lain, setiap bulannya akan ada penarikan dana otomatis ke tabungan khusus umroh milikmu.

 

Keunggulan memiliki tabungan umroh yang bagus

 

Dengan membuka rekening tabungan umroh yang bagus, kamu tidak perlu mengkhawatirkan kesediaan dana untuk melakukan perjalanan ibadah umroh. 

 

Produk tabungan umroh yang bagus juga dipastikan memiliki sejumlah keunggulan sebagai berikut: 

 

1. Setoran awal dan setoran selanjutnya ringan

 

Biaya umroh memang tidak murah. Sejumlah agen travel umroh menyediakan paket perjalanan umroh dari yang termurah sekitar Rp20 juta hingga yang termahal mencapai Rp50 juta.

 

Biaya tersebut sudah termasuk tiket pesawat Jakarta-Jeddah (PP), transportasi lokal, biaya akomodasi selama di tanah suci, visa umroh, serta perjalan wisata lainnya.

 

Dengan memiliki tabungan umroh yang bagus, kamu bisa mulai menabung untuk haji dengan modal yang terjangkau. 

 

Ada bank yang mematok minimal setoran awal Rp100.000 dan setoran selanjutnya Rp50.000, ini merupakan setoran yang ringan dan memudahkan kamu untuk menabung.

 

2. Tidak ada biaya bulanan

 

Dengan membuka tabungan umroh, kamu nggak perlu takut bakalan kena biaya admin. Karena, hampir semua produk tabungan umroh yang saya tau tidak mengenakan biaya administrasi bulanan. Jadi jumlah uang yang kamu tabung tidak akan berkurang.

 

3. Membuat diri lebih disiplin untuk menabung umroh

 

Hal yang sudah pasti adalah, untuk bisa berangkat umroh, niat saja belum cukup. Kamu harus disiplin untuk menabung dan tidak mengambil dana yang sudah di tabung. 

 

Nah, dengan membuka tabungan untuk umroh, kamu bisa mendisiplinkan diri agar setiap bulan melakukan setoran tabungan.

 

Tips memilih tabungan umroh yang bagus

 

Bank mana yang menawarkan tabungan umroh terbaik? Menentukan definisi terbaik sebenarnya relatif karena tergantung pada kebutuhan dan pilihan individu. 

 

Biasanya, tabungan yang terbaik menawarkan banyak keuntungan yang bisa dirasakan oleh setiap nasabah.

 

Namun menurut saya, terdapat sejumlah komponen atau fitur yang perlu dipastikan terdapat dalam produk tabungan umroh yang bagus, yakni:

 

1. Setoran dengan sistem autodebet dan notifikasi

 

Setoran dengan sistem autodebet dari rekening utama sehingga memudahkan kamu dalam penyetoran. 

 

Setiap bulannya dana di rekening utamamu akan terpotong untuk tabungan umroh secara otomatis, sehingga kamu tidak usah takut kelupaan menyetor dana tabungan haji.

 

Selain notifikasi jika dana cukup untuk umroh atau haji juga penting agar kamu bisa lebih dulu mengetahui bahwa dana yang kamu butuhkan untuk perjalanan umroh sudah memenuhi anggaran.

 

2. Dilengkapi dengan asuransi syariah

 

Tentunya kamu akan semakin merasa aman dan nyaman jika mengetahui dana tabungan yang kamu kumpulkan untuk menjalankan ibadah umroh terlindungi oleh asuransi berprinsip syariah.

 

Kamu tidak perlu khawatir kehilangan dana yang sudah kamu kumpulkan untuk ibadah umroh jika suatu saat risiko menimpa dirimu maupun tabunganmu.  

 

3. Gratis biaya gagal debet dan penutupan rekening 

 

Situasi gagal debet terjadi ketika jumlah saldo tersisa di rekening tidak mencukupi sesuai jumlah pembayaran yang diinstruksikan. Jika gagal debet, artinya tidak ada transaksi yang berlangsung.

 

Tabungan umroh yang bagus seyogyanya tidak membebankan nasabahnya biaya denda bila terjadi gagal debet. 

 

Di samping itu, produk tabungan umroh yang bagus biasanya juga tidak membebankan biaya kepada nasabah bila menutup rekening sebelum jatuh tempo.

 

4. Akad dilakukan berdasarkan prinsip syariah

 

 

Perjalanan ibadah umroh kamu akan semakin nyaman bila kamu yakin dana yang kamu gunakan untuk perjalanan dikelola oleh bank secara syariah. 

 

Kamu akan semakin yakin perjalanan ibadah umroh yang kamu lakukan diliputi oleh keberkahan.

 

5. Bekerja sama dengan agen travel terpercaya

 

Fitur penting yang biasanya hanya dimiliki oleh produk tabungan umroh bagus adalah kerja sama dengan agen travel. 

 

Agen travel itu harus yang memiliki kompetensi dan reputasi baik dalam melakukan perjalanan umroh. 

 

Sebagai nasabah, kamu pun menjadi tidak perlu repot-repot mencari lagi agen travel yang akan membawamu melakukan perjalanan umroh.

 

Cara mendaftar tabungan umroh

 

Prosedur yang perlu kamu lakukan untuk mendaftar tabungan umroh tentunya berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing bank. 

 

Kamu bisa mempelajarinya melalui situs masing-masing bank yang membuka layanan untuk tabungan umroh.

 

Umumnya untuk mendaftar tabungan umroh kamu perlu membuka rekening tabungan bank tujuan serta melakukan setoran awal. 

 

Kebanyakan bank saat ini masih belum menyediakan layanan digital untuk tabungan umroh sehingga kamu perlu datang ke kantor cabang untuk membuka tabungan umroh yang bagus.

 

Maksimalkan tabungan dengan deposito Senyumku

 

Jika kamu tidak ingin menyimpannya di bank, kamu bisa menyimpannya sendiri dengan selalu mencatat besar alokasi dana yang sudah dilakukan.

 

Kamu juga bisa mengetahui sendiri berapa besar biaya tiap bulannya yang perlu dialokasikan menggunakan aplikasi bank digital Senyumku dalam fitur deposito.

 

Fitur deposito pada aplikasi Senyumku merupakan instrumen investasi rendah risiko dengan keuntungan yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Ada beberapa keuntungan deposito Senyumku, yakni:

 

  • Bunga tinggi hingga 9% per tahun
  • Minimal deposito hanya Rp100.000
  • Periode deposito fleksibel dari 1 sampai 36 bulan

 

Sebagai simulasi, jika kamu konsisten menyetorkan dana deposito sebesar Rp1 juta per bulan selama 36 bulan, dengan bunga deposito mencapai 9% per tahun, maka estimasi saldo di akhir periode yang akan kamu miliki akan mencapai Rp45 juta.

 

Semoga tips memilih tabungan umroh bagus yang saya sampaikan dapat membantu kamu untuk mewujudkan perjalanan spiritual ke tanah suci yang kamu idam-idamkan. Selamat menabung!