SWARA – Ada beberapa tipe kepribadian manusia, introvert, ekstrovert, dan ambivert. Menurut Carl Jung – dalam bukunya yang berjudul Psychological Types – ekstrovert didefinisikan sebagai orang yang senang berada di antara banyak orang. Umumnya mereka memiliki ketertarikan untuk memperoleh jaringan yang luas dan pengalaman baru.

 

Sedangkan introvert didefinisikan sebagai orang yang mengisi energi mereka dengan menghabiskan waktu sendiri. Introvert bukanlah makhluk anti sosial, namun mereka merasa lebih cocok dengan lingkup ruang sosial yang jauh lebih kecil. Mereka memiliki empati dan pertemanan akrab hanya pada segelintir orang saja.

 

Lalu ada lagi yang namanya ambivert. Ambivert adalah orang yang memiliki kepribadian perpaduan antara ekstrovert dan introvert.

 

Dalam hal keuangan, orang introvert ternyata memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengelola keuangan. Dalam 7 Keuntungan Menjadi Introvert dalam Mengelola Uang, disebutkan bahwa introvert memiliki keuntungan atas kekurangan yang dimilikinya. Walaupun bisa dikatakan kehidupan sosialnya biasa saja, tapi mereka memiliki kondisi keuangan yang jauh lebih baik. Mau tahu alasannya?

 

 

1.    Tidak terlalu suka hang out

Image result for coffee shop

 

 

Kebanyakan introvert malas untuk menghabiskan waktu bersama orang banyak. “Gue sibuk”, kalau ditanya alasan mengapa tidak ikut hang out. Sibuk juga artinya beragam, mulai dari sibuk ingin me time, sibuk ingin Netflix and chill, hingga sibuk untuk menghabiskan waktu bersama orang lain.

 

Menolak ajakan orang lain sama saja dengan menghemat pengeluaran, kan?

Sekali hang out, kamu akan mengeluarkan uang untuk transportasi, parkir, ngopi, ataupun makan.

 

Bandingkan dengan ekstrovert yang selalu ingin bersosialisasi, pasti introvert jauh lebih hemat.

 

2.    Weekend? Di rumah aja!

 

Image result for netflix and chill

 

 

Liburan di rumah bisa membahagiakan sekali untuk introvert. Dari kacamata finansial ternyata memang begitu!

 

Pertama, kamu tidak akan keluar biaya transportasi, dan tidak perlu keluar uang untuk makan.

 

Untuk introvert yang bisa masak, bakal lebih hemat lagi kalo kamu masak sendiri di rumah.

 

3.    Belanja Online

Image result for online shopping

 

 

Alternatif yang sering digunakan oleh introvert yang malas berada di keramaian adalah belanja online. Hal ini juga dapat mempengaruhi keuangan kamu, tanpa disadari.

 

Dengan belanja online, kamu bisa memperoleh harga yang lebih murah dibandingkan di toko fisik. Promo belanja online juga bertebaran. Belum lagi, kemungkinan kamu hanya mencari barang yang benar-benar dibutuhkan. Minim godaan untuk lapar mata!

 

 

Artikel terkait keuangan: Untuk para generasi cashless..

Cari Dana Darurat, Lebih Baik Peminjaman Uang Online atau Tarik Tunai Kartu Kredit?

Anak Muda dan Hutang: Apa yang Membuat Mereka Akrab?

5 Keuntungan dan Risiko Menjadi Generasi Cashless

 

 

4.    Bisa hidup lebih sehat

 

 

Image result for gym people

 

 

Ketika kamu sehat, urusan mencari uang juga jauh lebih mudah kan? Hal ini sangat disadari oleh introvert. Introvert sangat paham kapan waktu beristirahat dan mencari uang. Introvert ingin kesehatan mental dan fisiknya terjaga.

 

Dengan mental yang baik, godaan untuk belanja secara impulsif dapat ditekan. Pikiran juga lebih terkendali dalam mengelola keuangan. Walaupun introvert bisa stress, mereka bisa mengelola pikiran mereka.

 

5.    Tidak mudah mengeluarkan uang untuk beli tiket konser

 

 

Image result for concert

 

 

Apapun kepribadiannya, musik dapat mempersatukan. Tiket konser, apalagi artis luar negeri memiliki harga yang tidak murah. Namun, si introvert memiliki pengendalian diri yang jauh lebih baik dibanding ekstrovert. Introvert yang tidak begitu menyukai keramaian akan menghindari pergi ke tempat ramai, kecuali dia suka banget dengan artisnya. Berbeda dengan ekstrovert yang mengajak teman-temannya untuk nonton konser bareng.

 

Namanya nonton konser pasti desak-desakan. Belum lagi kalo datangnya telat. Dana untuk membeli tiket konser bisa dialokasikan untuk dana yang lainnya.

 

6.    Penuh pertimbangan dalam mengambil keputusan

 

 

Related image

 

 

Walaupun lama dalam mengambil keputusan, introvert adalah pemikir yang baik. Mereka tidak terburu-buru memutuskan sesuatu, selalu melakukan analisa. Jika terkait dengan keuangan, introvert akan menimbang dengan baik sebelum mengeluarkan uang. Mereka memastikan agar pengeluaran mereka tidak sia-sia.

 

Itulah enam keunggulan introvert dalam hal keuangan. Patut ditiru, kan?

 


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas