SWARA – Untuk memenuhi kebutuhan yang terus bertambah, agak susah kalau sekadar mengandalkan gaji bulanan, apalagi jika nominal gajinya nggak seberapa besar. Selain melakukan penghematan, kita juga perlu memutar otak untuk menghasilkan uang tambahan.

 

Saya belajar bahwa melakukan penghematan cuma mampu mencukupi kebutuhan sampai batas tertentu. Sementara jika kamu mau mencari penghasilan tambahan di luar gaji, maka akan ada lebih banyak kebutuhan yang terpenuhi. Kamu bahkan bisa nabung.

 

Untungnya, dengan adanya internet kamu memiliki kesempatan lebih banyak untuk memperoleh pundi-pundi ekstra di waktu senggang. Nah, berikut ini beberapa kiat mendapatkan mendapatkan penghasilan tambahan secara online yang sudah saya buktikan sendiri!

 

1. Jualan online

Ini adalah satu cara yang paling sering dilakukan untuk mencari penghasilan tambahan, terutama di kalangan ibu rumah tangga yang ingin membantu keuangan suami. Dengan modal barang dagangan, internet, gadget, dan media sosial, kamu sudah bisa beraksi. Cukup cari barang yang potensial untuk dipasarkan, lalu rajin-rajinlah posting daganganmu di media sosial dan marketplace. Untuk menarik pelanggan, jangan ragu untuk ngasih promo maupun diskon.

 

Artikel terkait: Kiat bisnis jualan online.

  1. 6 Kiat Sukses Rintis Bisnis Online Shop, Mudah dan Cepat Menghasilkan
  2. Bagi Ibu Rumah Tangga yang Ingin Mulai Bisnis Online Shop, Pahami 5 Hal Ini Dulu Ya!
  3. 5 Bisnis Online yang Diprediksi Booming dan Menjanjikan di Tahun 2018

 

2. Menjual keahlian secara freelance

Kamu punya keahlian khusus seperti desain grafis, desain web, programming, translating, menulis, dan lain-lain? Jual saja kemampuanmu dengan menjadi seorang freelancer. Kamu berpotensi mempunyai klien sampai luar negeri. Bahkan, penghasilan yang kamu dapatkan bisa melebihi gaji bulananmu sebagai karyawan, lho!

 

Kalaupun nggak memiliki keahlian di atas, ada juga pekerjaan-pekerjaan lepas yang cuma membutuhkan kemampuan Excel, seperti pekerjaan data entry. Kalau skala pekerjaannya internasional, bayarannya tinggi, tapi kamu mesti bersaing dengan freelancer dari berbagai negara.

 

3. Vlogger/blogger

Menjadi seorang vlogger, blogger, maupun influencer di media sosial yang punya banyak pengikut juga punya nilai ekonomis yang nggak main-main. Vlogger Youtube yang punya banyak subscriber bisa mendulang penghasilan pasif sampai puluhan juta rupiah per bulan. Jadi, nggak heran kalau banyak kids zaman now yang bercita-cita jadi Youtuber.

 

Untuk memperoleh penghasilan dari sini, kamu perlu mencetak hit yang cukup. Artinya, konten yang kamu buat pun harus menarik dan menyasar target yang jelas agar orang tergoda untuk berkunjung dan nge-share.

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, aplikasi perekam, aplikasi perekam panggilan telelpon

4. Jualan foto stok

Foto stok biasanya digunakan oleh berbagai situs maupun perusahaan untuk menunjang kebutuhan konten visual mereka. Nah, kamu yang punya hobi fotografi, bisa banget mendulang pundi-pundi dari berjualan foto stok. Manfaatkan kamera dan kreativitasmu untuk membuat foto yang bagus, lalu unggahlah lewat situs-situs foto stok seperti Shutterstock, Istockphoto, atau Photoshelter.

 

Artikel terkait: Ingin berinvestasi? Baca ini dulu, yuk.

  1. Walau Bergaji Kecil, Kamu Tetap Bisa Investasi kok! Ini Tipsnya
  2. 4 Alasan Kamu Harus Mulai Mencoba Investasi, Sekarang!
  3. 7 Pertanyaan Tentang Investasi Saham, Terjawab!

 

5. Investasi secara online

Kalau kamu punya dana ekstra untuk diinvestasikan, kamu bisa mencoba berinvestasi secara online. Bisa berupa reksa dana, peer-to-peer lending, maupun cryptocurrency. Dengan modal beberapa ratus ribu rupiah, kamu sudah bisa mulai berinvestasi untuk memperoleh penghasilan pasif. Tapi, investasi semacam ini punya tingkat risiko yang beragam. Jadi, pastikan kamu sudah memahami risikonya sebelum memulai investasi online ini.

 

Jadi, nggak perlu bingung mencari penghasilan tambahan di mana, ‘kan? Cobain aja cara-cara di atas!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


PAULUS RISANGPAULUS RISANG