SWARA – Hubungan dua sejoli yang menjalin cinta pasti ingin diresmikan dalam suatu ikatan pernikahan. Banyak pasangan ingin segera menikah apalagi ketika melihat teman-teman seumuran yang sudah menikah dan memiliki anak. Namun, mereka masih ragu untuk melangkah ke jenjang selanjutnya karena modal nikah sangat mahal, sedangkan mereka belum memiliki tabungan.

 

Menabung terkadang dianggap sulit apalagi jika gajimu nggak banyak. Padahal sebenarnya dalam tiga tahun kamu bisa mempersiapkan biaya pernikahanmu sendiri meski hanya memiliki gaji Rp3 juta, lho! Yuk, simak tips menabung agar cepat punya tabungan untuk menikah di bawah ini!

 

1. Buka tabungan khusus untuk dana pernikahan

Ketika sudah sepakat ingin naik ke pelaminan, kamu dan pasangan bisa langsung membuka tabungan bersama yang akan digunakan untuk menabung dana pernikahan. Pilihlah rekening dengan biaya administrasi yang rendah sehingga uangmu nggak terpotong banyak. Beberapa bank malah menawarkan rekening tanpa biaya administrasi, lho!

 

Salah satu tabungan yang bisa kamu coba untuk dijadikan tabungan khusus untuk pernikahan adalah TAMARA, yaitu produk tabungan berjangka dari Amar Bank. Tamara merupakan tabungan berjangka yang bisa kamu mulai dari Rp100.000 saja, untuk jangka waktu dari 1-18 tahun. Belum lagi bunganya yang sangat bersaing dan proses pembuatan rekening tabungan berjangka yang mudah, nggak pakai ribet.

 

Kamu cukup buka NABUNGYUK.COM, isi jumlah tabungan tiap bulan, dan isi data diri di formulir yang ada. Selanjutnya, tim kamu akan menghubungi kamu untuk proses berikutnya. Jadi, kamu nggak perlu lagi tuh pergi ke kantor cabang hanya untuk membuat akun tabungan. Gampang, kan? Tunggu apa lagi, langsung aja ke NABUNGYUK.COM!

 

 

Artikel Terkait: Persiapan Pernikahan

  1. 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Jika Ingin Mendaftarkan Pernikahan di Kantor Catatan Sipil
  2. Intip, Tema Pernikahan Unik Tahun 2019 Ini!
  3. Ikuti Tips Ini Agar Persiapan Pernikahanmu Lebih Efisien

 

2. Sisihkan 20% gaji

Setiap habis gajian, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah transfer sebagian gaji ke rekening bersama untuk dana pernikahan. Idealnya, kamu dan pasangan bisa menyisihkan 20% dari gaji atau masing-masing sebesar Rp600 ribu per bulan. Dalam tiga tahun kalian berdua bisa mendapatkan modal Rp43.200.000 untuk membayar katering.

 

3. Pacaran di rumah

Kalau sudah pacaran serius, keluarga pasti merestui hubungan cinta berdua sehingga kamu bisa sering berkunjung ke rumah pasangan sembari mengenal keluarga agar lebih dekat. Anggap saja ini sebuah adaptasi dengan calon keluarga baru.

 

Jika biasanya setiap weekend kamu dan pasangan nonton di bioskop dan jalan-jalan ke mal menghabiskan Rp200 ribu, dalam sebulan biaya yang kalian keluarkan sebesar Rp800 ribu. Kamu bisa menyisihkan setidaknya Rp500 ribu dari pengeluaran hangout sehingga selama tiga tahun akan terkumpul uang Rp18 juta yang bisa digunakan untuk membayar gedung dan dekorasi.

 

Kamu dan pasangan masih bisa pacaran hemat dengan budget Rp300 ribu per bulan jika pacaran di rumah atau mencari hiburan gratis. Misalnya nonton film di rumah, wisata ke taman, atau membantu calon mertua berkebun.

 

4. Bawa bekal agar uang makan bisa untuk membayar MUA

Jangan ragu membawa bekal ke kantor agar uang makan siang bisa untuk membayar MUA. Kalau biasanya biaya makan siang di kantor sebesar Rp15 ribu, dalam sebulan kamu dan pasangan setidaknya mengeluarkan Rp600 ribu. Jika dikalikan tiga tahun, Rp21.600.000 bisa kalian kumpulkan untuk membayar MUA pengantin dan keluarga beserta sewa bajunya.

 

5. Manfaatkan diskon akhir tahun untuk membeli seserahan

Akhir tahun selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk berbelanja karena banjir diskon di mana-mana. Kamu bisa memanfaatkan diskon akhir tahun untuk membeli sesrahan, seperti tas, sepatu, make up, kain, dll. Kalau dihitung-hitung, lumayan, lho,  bisa mengemat anggaran pernikahanmu!

 

6. Berangkat kerja bareng pacar agar hemat bensin

Kamu dan pasangan bisa berangkat kerja bareng agar hemat bensin. Dengan sering bertemu maka komunikasi kalian akan lancar sehingga mengurangi risiko untuk saling marah. Uang bensin yang kamu keluarkan bisa dipangkas dan ditabung untuk biaya bulan madu. Wisata lokal seperti Bali dan Malang bisa jadi pilihan menarik untuk bulan madumu, lho!

 

Artikel Terkait: Ide Suvenir Pernikahan

  1. Sederhana Tapi Mengesankan! Berikut 10 Ide Suvenir Pernikahan dari Lilin yang Bisa Kamu Jadikan Rekomendasi
  2. 6 Ide Souvenir Pernikahan DIY yang Bisa Dimakan dan Unik
  3. Ini 5 Souvenir Pernikahan yang Bisa Dibuat Sendiri, Praktis dan Murah

 

7. Hadiah ulang tahun berupa uang tunai untuk ditabung

Hari ulang tahun merupakan momen penting yang ingin dirayakan bersama orang terkasih. Alih-alih dinner mewah di restoran dan memberi kado mahal, kalian bisa merencanakan dinner sederhana dan memberikan kado ulang tahun berupa uang tunai untuk ditabung. Buket bunga berisi uang tunai bisa menjadi pilihan agar hadiahmu selalu terkenang. Menarik, bukan?

 

Itulah 7 tips menabung untuk modal menikah. Sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan ya. Semoga menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah, ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini! 

 

   PAULUS RISANG