SWARA – Sebulan belakangan, saya lagi ‘jahat’ kepada tabungan. Gimana enggak, akibat terlalu banyak baca review dan browsing toko skincare daring, akhirnya saya terpengaruh untuk membeli beberapa produk. Setelah saya hitung-hitung, akumulasi belanjaan saya itu bisa beli dua gram emas. Habis belanja, terbitlah penyesalan. Namun, mudah-mudahan yang terbit setelahnya kulit kinclong ya. Hahaha.

 

Walau enggak lupa menyisihkan tabungan setiap bulan, saya akui saya punya kebiasaan belanja yang enggak bisa saya lepaskan. Pertama adalah buku, lalu skincare. Untuk yang kedua memang enggak setiap saat sih. Paling dua kali doang dalam setahun karena pakainya hemat. Kalau ibu saya dengar pasti dia ngomel-ngomel. Mending uang segitu ditabung saja buat tabungan hari tua atau tunjangan kesehatan, itu kata-kata sakti ibu saya.

 

Terkadang, I feel bad as a millennial karena enggak cukup disiplin dalam menabung. Terkadang lagi, saya bertanya-tanya bagaimana sih millennial lain menghabiskan uang mereka? Nah, setelah baca-baca, hasilnya enggak jauh-jauh amat dari saya. Seperti judul di atas, ternyata millennial secara keseluruhan menghabiskan banyak uang di gym selain, tentu saja, kopi.

 

Gym

Kata ini mungkin enggak asing lagi buat kamu. Saya punya beberapa teman yang rajin nge-gym. Motivasinya berbeda-beda. Ada yang ingin sehat, ada yang ingin menurunkan berat badan, dan ada pula yang ingin membentuk badan ala binaragawan.

 

Artikel Terkait: Caranya agar tetap sehat.

  1. 10 Tips Ampuh Mencegah Radang
  2. Waspada, Masalah Kesehatan Ini Kerap Menyerang Ibu Rumah
  3. 5 Hal yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Berat Badan Naik

 

Studi terbaru dari perusahaan bidang olahraga dan nutrisi asal Inggris menyatakan, millennial di negara tersebut menghabiskan rata-rata £155 atau $220.06 untuk urusan kesehatan dan fitness. Dalam mata uang rupiah, jumlah itu sekitar Rp3 jutaan. Wow. Namun, saya enggak heran sih, soalnya teman saya sendiri menghabiskan Rp2—4 juta untuk urusan gym dan printilan lain seperti gym membership, suplemen, pakaian olahraga, perencanaan nutrisi, dan lain-lain.

 

Masih menurut studi ini, bila diakumulasikan, sepanjang hidupnya seorang millennial bisa menghabiskan £122.000 atau $159.012 atau Rp2 miliar! Angka yang fantastis, seenggaknya buat saya. Jumlah itu lalu dibandingkan dengan biaya kuliah empat tahun £98.440 atau sekitar Rp1,9 miliar. Artinya, millennial lebih banyak menghabiskan uang untuk wellness dan fitness dari pada biaya kuliah.

 

Hal yang sama juga terjadi dengan millennial di Amerika. Menurut survei yang dilakukan oleh CreditCards.com, orang Amerika menggelontorkan $19 juta setahun untuk gym memberships. 36% persen dari jumlah itu adalah millennial (18—36 tahun). Jumlah mereka dua kali lipat jika dibandingkan dengan generasi yang lebih tua. Biaya itu belum termasuk kelas-kelas tertentu seperti kelas yoga atau sepeda.

 

Saat ini, millennial memang lebih suka menghabiskan uang untuk pengalaman (travelling) dan kebugaran/kesehatan. Sementara tabungan hari tua, membeli rumah atau mobil, menjadi hal belakangan. Apakah ini juga karena pengaruh media sosial, di mana eksistensi (bentuk tubuh dan kebugaran) bisa menjadi ajang unjuk diri?

 

Apapun alasannya, sah-sah saja. Toh itu balik lagi ke pilihan masing-masing. Belum lagi kalau alasannya untuk kesehatan. Tubuh sehat itu penting karena berpengaruh pada bagaimana kita menjalani hari tua nanti. Namun, tentu berolahraga enggak harus menghabiskan ratusan juta hingga miliaran rupiah (akumulasi), bukan? Banyak alternatif lain yang bisa kamu jadikan sebagai olahraga. Misalnya jogging atau bikin sesi joget/aerobik bersama teman-teman di rumah atau ikutan kelas yoga gratis di taman-taman.

 

Artikel Terkait: Bikin olahraga jadi seru.

  1. Lakukan 10 Gerakan Olahraga Ringan Ini di Pagi Hari Agar Semangat Sepanjang Hari
  2. Biar Makin Semangat, Yuk Lakukan 7 Olahraga Ini Bareng Keluarga
  3. Ini Jenis Olahraga yang Cocok Untukmu Menurut Bulan Kelahiran

 

Bagaimanapun, teruslah untuk hidup bugar dan sehat!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


KENNY CAROLINEKENNY CAROLINE