SWARA – Pendapatan nol, tapi kebutuhan nggak pernah berhenti. Ketika lagi nggak ada pemasukan sama sekali karena masih proses mencari kerja, justru kebutuhan semakin bertambah. Belum lagi saat mencari kerja itu juga menjadi beban. Kamu harus mengeluarkan biaya transportasi, biaya surat-surat, dan lain sebagainya. Lama-lama jadi kekhawatiran, akan seperti ini sampai kapan? Sampai uang habis?

 

Apakah kamu pernah mengalami hal ini? Tetaplah fokus mencari kerja dan yakinlah akan mendapatkan pekerjaan terbaikmu. Bagaimanapun, jangan sampai urusan keuangan mengganggu kosentrasimu dalam mencari kerja, ya. Ada pun urusan keuangan, ada caranya untuk mengaturnya.

 

Artikel Terkait: Pekerjaan Freelance yang Bisa Kamu Geluti

  1. 5 Pekerjaan Freelance yang Bisa Kamu Lakoni Sambil Nunggu Panggilan Kerja
  2. 6 Skill yang Wajib Dimiliki untuk Bantu Finansial Semakin Baik
  3. 7 Media Massa untuk Publikasikan Tulisanmu

 

1. Mulai ikut proyek saat masa akhir kuliah

Sebenarnya cara ini sudah harus diterapkan sebelum lulus. Jadi, pastikan kamu bisa memprediksi kapan kelulusanmu. Nah, sebisa mungkin saat SKS kuliah tinggal sedikit, masa-sama tugas akhir atau menunggu waktu wisuda, kamu mulai bergabung dengan proyek dosen. Pendapatan dari proyek ini sangat membantu untuk kelangsungan hidupmu selama masih mencari kerja, lho.

 

2. Kerja apa pun yang ada

Selagi kamu berjuang untuk mendapatkan pekerjaan oke, cobalah apa pun pekerjaan yang ada. Bisa pekerjaan freelance, bantuin proyek teman, jualan online, dan apa pun sepanjang bisa mendapatkan hasil. Sebisa mungkin jangan benar-benar menganggur saat mencari kerja.

 

3. Jual barang nggak kepakai

Tentu kamu sudah tahu saat ini banyak marketplace yang bisa kamu jadikan lapak online. Jika kamu punya barang-barang yang sudah nggak kepakai, kamu bisa  menjualnya.

 

4. Jangan gengsi terima uang dari orang tua

Wajar saja kalau kamu ingin mandiri begitu wisuda. Namun, bagaimanapun saat ini kamu belum mendapatkan pekerjaan. Jadi kalau diberi uang saku sama orang tua diterima saja. Yang penting, ketika kamu sudah dapat pekerjaan, kamu nggak bergantung dengan mereka lagi. Jangan termakan gengsi, ya karena gengsi itu yang akan mempersulit hidupmu.

 

5. Perhatikan pengeluaran kecil

Saat lagi nggak ada pemasukan, sebaiknya kamu memperhatikan pengeluaran-pengeluaran yang kecil dan tampak sepele. Pengeluaran kecil yang sepele ini antara lain biaya parkir, biaya transfer beda rekening, dan lain sebagainya. Kelihatan sepele, kan? Namun, kalau lagi nggak ada pendapatan, benar-benar uang receh pun akan berguna, lho.

 

6. Tekan pengeluaran

Jika ingin tetap aman selama masih nganggur, tekanlah pengeluaranmu. Kamu bisa memilah-milah dan menekan setiap pos pengeluaran. Sebagai contoh, saat keluar nggak perlu makan di luar. Kamu bisa bawa bekal dari rumah. Apalagi air minum, bawa air minum dari rumah saja. Gunakan kendaraan pribadi kemana-mana daripada ojek online. Cuci bajumu sendiri daripada uang melayang ke laundry.

 

7. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Saatnya kamu benar-benar memilah mana yang jadi kebutuhan dan keinginan semata. Kalau memang belum mampu, ditahan dulu belanja tasnya. Nanti kalau sudah punya penghasilan, bisa memanjakan diri lagi.

 

8. Tunda keinginanmu

Akhirnya, mau nggak mau kamu harus menunda keinginanmu itu. Ingat ya, ini ditunda, bukan dihilangkan. Lagi pula dengan menunda, jsutru membuat kamu lebih semangat dalam mencari kerja.

 

9. Mau belanja kebutuhan? Cari promo!

Jika kamu cukup telaten, ada promo belanja yang benar-benar promo. Maksudnya adalah harga barang benar-benar turun tanpa dinaikkan terlebih dahulu. Namun, ini adalah kebutuhanmu yang urgent, ya, bukan belanja atas keinginan semata. Usahakan juga setiap membeli sesuatu di tempat yang harganya miring.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Diskon

  1. Punya Hobi Belanja? Wajib Tahu Perhitungan Diskon pada Umumnya!
  2. Peluang Bisnis Jasa Titip, Solusi Buat yang Nggak Sempat Belanja dan Mengejar Diskonan
  3. Gemar Belanja? Ini Fakta Gelap Barang Diskonan yang Harus Kamu Tahu!

 

10. Sebelum hang out makan dulu

Saat mencari kerja seperti ini, kamu tentu butuh diskusi dengan teman. Kamu bisa tetap nongkrong dengan mereka di kafe. Namun, pastikan kamu sudah makan dari rumah. Jadi saat di sana kamu tinggal beli minum dan cemilan yang paling murah.

 

Itu dia cara mengatur keuangan selama kamu blum dapat pekerjaan. Mungkin terkesan ‘’menyiksa’ diri. Namun, ini hanya untuk sementara, kok. Bukankah bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

TRI PUSPITASARI

 

TRI PUSPITASARI

Tunaiku