Beranda > Finansial > Kapan Saatnya Menabung atau Berinvestasi? Ini Jawabannya!

Kapan Saatnya Menabung atau Berinvestasi? Ini Jawabannya!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Kapan Saatnya Menabung atau Berinvestasi? Ini Jawabannya!watermark

TUNAIKU.COM – Setiap orang pasti menginginkan kondisi finansial yang mapan. Untuk mencapainya, tentu nggak semudah membalikkan telapak tangan. Dalam mengusahakan, kemapanan finansial tentu didukung kerja keras, pola hidup hemat, keinginan menabung, hingga investasi.

 

Dalam hal menabung dan berinvestasi, harus pandai-pandai memilih waktu yang tepat. Pasalnya, di kondisi tertentu menabung bisa dikatakan lebih tepat daripada berinvestasi. Begitu pula sebaliknya. Bahkan, di kondisi tertentu juga memungkinkan untuk sama sekali nggak menabung dan berinvestasi.

 

Lalu, dalam kondisi apa saja sebaiknya kita menabung dan berinvestasi?

 

Artikel Terkait: yang Harus Dilakukan di Umur 20-an

  1. Ini 6 Kesalahan Pekerja Pemula dalam Mengelola Keuangan
  2. Untuk yang Sudah Berumur 20-an, Wajib Memiliki 4 Jenis Asuransi Ini
  3. Aman Secara Finansial Sebelum Umur 27 Tahun? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Dari Sekarang!

 

1. Memasuki tahun pertama bekerja

Tahun pertama bekerja adalah masa peralihan dari yang nggak punya uang menjadi punya uang. Namun, di tahun pertama kerja ini kondisi keuangan juga belum bisa dikatakan mapan. Meskipun belum memiliki tanggungan, uang yang terkumpul juga belum begitu banyak. Oleh sebab itu, inilah masa terbaik untuk menabung, menabung, dan menabung.

 

2. Memasuki tahun kedua bekerja

Di tahun kedua bekerja, kondisi keuangan mungkin sudah dikatakan mulai mapan. Kondisi ini ditandai dengan mulai banyaknya uang yang terkumpul dan pengurangnya pun nggak banyak karena belum memiliki tanggungan. Nah, inilah saatnya untuk memulai investasi. Uang yang dibutuhkan untuk berinvestasi memang nggak kecil. Kamu bisa memafaatkan uang tabungan yang sudah terkumpul, ya.

 

3. Belum memiliki tanggungan

Setelah kamu bekerja dan selama itu kamu belum memiliki tanggungan atau kamu nggak membiayai adikmu kuliah, itulah masa terbaik untuk berinvestasi. Hal ini karena ketika berbicara mengenai tanggungan (sudah menikah) atau membiayai kuliah adik, penghasilanmu akan banyak diarahkan ke pos tersebut. Jadi buat kamu yang belum memiliki tanggungan, jangan lantas bebas menikmati hidup dengan hedonis, ya!

 

4. Saat punya utang

Apa pun jenisnya, kartu kredit, leasing kendaraan, atau utang keluarga–lunasi dulu. Bagaimanapun ini bukan saat yang tepat untuk menabung dan berinvestasi.

 

Artikel Terkait: Hal-Hal Seputar Kartu Kredit

  1. 6 Cara Melunasi Utang Kartu Kredit yang Menumpuk di Usia 30-an!
  2. Kenali Ciri-Ciri Penggunaan Kartu Kredit yang Membahayakan Keuanganmu!
  3. Ingin Punya Kartu Kredit? Pahami Dulu 10 Hal Ini

 

5. Punya pengeluaran besar

Kebutuhan hidup memang nggak bisa diprediksi besar-kecil dan kapan waktunya. Namun, di masa-masa tertentu pasti ada saat ketika kamu memiliki kebutuhan. Contohnya adalah persiapan pernikahan atau menyambut kehadiran buah hati. Menurut hemat saya, penuhi dulu kebutuhan untuk keperluan besarmu ini. Jika sudah clear, kamu pun bisa melanjutkan menabung dan investasi untuk mempersiapkan jenjang kehidupan selanjutnya.

 

6. Saat krisis

Krisis ekonomi juga bukan waktu yang tepat untuk menabung dan melakukan investasi. Sebaiknya kamu menunggu kondisi keuangan membaik untuk melanjutkan tabungan dan investasi. Sembari menunggu kondisi perekonomian membaik, tetaplah hidup hemat.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, kapan waktu terbaik untuk menabung dan berinvestasi. Kamu juga sudah tahu waktu yang dihindari untuk menabung dan investasi. Semoga bermanfaat, ya.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjamanan tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, laptop, rekomendasi laptop, spek laptop

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett