Beranda > Finansial > Investor Saham Pemula, Wajib Kenal dengan KSEI

Investor Saham Pemula, Wajib Kenal dengan KSEI

Investor Saham Pemula, Wajib Kenal dengan KSEIwatermark

TUNAIKU.COM – Di Indonesia saat ini orang awam sudah mulai melek investasi, termasuk saya. Dalam proses belajar, saya menyadari pentingnya melakukan investasi. Apapun jenisnya, apakah itu logam mulia, reksa dana, deposito, properti, hingga saham. Selain memberi untung yang lebih besar dari tabungan biasa di bank, investasi yang kamu tanam bisa menjadi sebuah bantuan bila di masa depan kamu membutuhkan uang.

 

Dalam melakukan investasi, tentu ada banyak hal yang harus kamu ketahui atau pelajari. Hal itu tergantung dari jenis instrumen yang kamu pilih. Bila kamu ingin berinvestasi di bidang logam mulia, maka kamu perlu memahami tentang emas, sifatnya, serta tempat dan institusi kredibel yang menjual emas. Kamu juga wajin untuk mengawasi pergerakan harga emas. Sedangkan bila kamu lebih tertarik di bidang properti, maka kamu pun wajib untuk mengetahui seluk-beluk instrumen investasi tersebut.

 

Nah, bila kamu adalah investor pemula di bidang saham, ada satu kewajiban yang harus kamu lakukan. Salah satunya adalah mengenal PT KSEI. Hm, kata itu mungkin terdengar asing ya. Tapi melalui artikel ini, saya bakal bantu kamu untuk belajar soal KSEI. Supaya lebih mudah, saya sudah membaginya dalam beberapa hal. Simak yuk.

 

Artikel Terkait: Mempelajari investasi properti.

  1. Ingin Investasi Dalam Bentuk Rumah Kost? Perhatikan 5 Hal Ini
  2. Untuk Investasi, Ini Perbedaan Rumah Susun, Apartemen dan Kondominium
  3. Cara Mudah Menghitung Rumus Investasi Properti Agar Untung

1.KSEI itu apa sih?

PT KSEI atau PT Kustodian Sentral Efek Indonesia adalah sebuah lembaga penyimpanan dan penyelesaian pasar modal di Indonesia. Berdiri pada 23 Desember 1997, KSEI adalah salah satu self-regulatory organization seperti Bursa Efek dan Lembaga Kliring dan Penjaminan. Fungsinya sendiri adalah memberikan layanan kustodian sentral dan penyelesaian transaksi efek. Pelaksanaannya pun harus teratur, wajar, dan efisien. KSEI beroperasi secara penuh sejak 9 Januari 1998 dan dinaungi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

 

2. Produk apa saja yang masuk dalam layanan KSEI?

Ada berbagai layanan dan jasa yang disediakan oleh KSEI. Mulai dari administrasi rekening efek, distribusi hasil corporate action, pengaturan transaksi efek, dan jasa-jasa relevan lainnya seperti post trade processing (PTT) dan penulisan laporan jasa kustodian sentral.

 

Aktivitas yang dilakukan KSEI berlangsung melalui sistem penyimpanan dan pengurusan transaksi efek dengan pemindahbukuan berteknologi tinggi. Teknologi ini bernama C-BEST atau Central Depository and Book Entry Settlement System.  Sebagai antisipasi, KSEI memiliki sistem keamanan cadangan yang disebut Disaster Recovery Center  (DRC C-BEST) untuk mendukung sistem utama bila sewaktu-waktu sistem utamanya

 

3. Siapa saja yang menggunakan jasa KSEI?

Layanan dan jasa produk KSEI tersedia buat pemegang rekening KSEI. Rekening itu terdiri atas dua yakni rekening perusahaan dan bank kustodian. Di sini, pemegang rekening harus mendaftarkan data sub rekening efek milik investor sebagai nasabah pemegang rekening di KSEI. Dengan demikian, emiten dapat memerhatikan dan memonitor kepemilikan efek yang disimpan oleh KSEI. Selain itu, KSEI juga menyediakan jasa yang memungkinkan emiten untuk mendaftarkan efeknya agar disimpan di KSEI dan Biro Administrasi Efek.

 

Artikel Terkait: Prediksi trend investasi 2018.

  1. Diprediksi Punya Potensi Bagus di 2018, Perhatikan Hal Ini Saat Investasi Saham!
  2. Jadi Investasi Menjanjikan di 2018, Perhatikan 7 Hal Ini Saat Investasi Reksadana Pendapatan Tetap
  3. Ini Dia 10 Jenis Investasi Risiko Rendah tapi Menguntungkan. Yuk, Dicoba!

 

4. Bagaimana cara mengakses situs KSEI?

Kamu bisa mengakses KSEI secara online. Kamu bisa log in apabila sudah registrasi dan memperoleh akun melalui situs KSEI.

 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang KSEI. Sebagai investor pemula, kamu wajib mempelajari semua hal yang berkaitan dengan saham, termasuk fungsi dan kegunaan KSEI ini.

 

Dengan memahami setiap elemennya, kamu juga jadi lebih jago dan berkembang dalam melakukan investasi. Untung pun dapat, rugi bisa dilawan.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

1

 

 

 


KENNY CAROLINE

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett