SWARA – Emas hingga kini menjadi sebuah investasi yang dipilih milenial untuk belajar. Investasi memang sudah seharusnya dimulai sedini mungkin, sehingga sangat penting bagi milenial yang sudah mulai memiliki penghasilan sendiri untuk mulai mempelajarinya sebagai bentuk pengelolaan keuangan. 

 

Saya sendiri juga masih berinvestasi melalui tabungan emas. Mudahnya transaksi, besaran harga emas yang mudah dipantau, dan bisa berinvestasi dengan nominal kecil menjadi kelebihan berinvestasi emas. Buat kamu yang juga ingin berinvestasi emas, yuk simak tips-tips cerdasnya di bawah ini.

 

1. Jangan tunda-tunda untuk membeli emas

Dalam berinvestasi biasanya kita akan menunggu momen yang tepat kapan harus mengeluarkan uang untuk membeli produk investasi agar mendapatkan hasil yang maksimal. Namun jika berinvestasi emas, sebaiknya nggak perlu ditunda untuk membelinya karena meskipun setiap hari harganya berubah, tapi setiap bulan akan sama manfaatnya karena harga terus mengalami kenaikan. 

 

Dalam memilih emas pun ada strateginya. Emas dibagi menjadi dua bentuk, yaitu batangan dan perhiasan. Jika kamu berfokus untuk investasi maka emas batangan adalah pilihan yang paling baik karena harganya lebih stabil dari emas perhiasan.

 

Artikel terkait: Serba-serbi investasi emas
1. Investasi Emas Masih Sangat Menjanjikan Hingga Hari Ini. Kenapa?
2. Pilih Investasi Emas atau Reksa Dana?Yuk, Pelajari dan Kenali Lebih Dalam
3. Pilih mana Investasi Emas Online atau Fisik? Ini Plus Minusnya!

 

2. Beli emas sedikit demi sedikit

Emas sangat cocok bagi milenial karena bisa dibeli sedikit demi sedikit. Emas juga nggak mudah terpengaruh resesi yang membuat harganya anjlok sangat jauh. 

 

Belilah emas sedikit demi sedikit, bisa dengan sistem tabungan berdasarkan nominal seperti yang saya lakukan atau bisa juga membelinya dalam satuan gram. Mulai dari setengah gram atau satu gram kemudian bertambah seiring berjalannya waktu sesuai dengan kemampuan finansial.

 

3. Pastikan keaslian emas yang dibeli

Saking populernya, seringkali ada pihak yang nggak bertanggung jawab menjual emas palsu. Agar nggak tertipu, kamu harus pastikan emas yang kamu beli memiliki sertifikat untuk memastikan keaslian dan identitas emas yang dibeli. 

 

Jika nggak ingin repot, kamu bisa mencari lembaga investasi emas yang sudah memiliki nama agar lebih mudah memastikan produk emas yang diperjualbelikan adalah emas asli.

 

4. Tentukan tujuan dalam berinvestasi emas

Karena emas ada bentuk batangan dan perhiasan, kamu perlu kembali menentukan tujuan utama dalam pembelian emas. Ada orang yang membeli emas untuk investasi jangka panjang dengan dijual saat harganya sudah tinggi, namun ada juga orang yang membeli emas untuk dikoleksi dalam bentuk perhiasan dan jika suatu saat nanti membutuhkan uang, perhiasan bisa dijual walaupun harganya cenderung bisa turun daripada emas batangan yang harganya lebih stabil.

 

Artikel terkait: Investasi untuk milenial
1. 5 Jenis Investasi Zaman Now yang Perlu Dipertimbangkan
2. Intip Investasi Ternak Online, Untung dan Mudahkan Investor Pemula
3. Gaji 5 Juta, Bisa Investasi Apa Saja?

 

5. Pilih emas offline atau online?

Investasi emas saat ini sudah memiliki akses pembelian yang mudah. Secara offline baik emas batangan maupun emas perhiasan bisa dibeli di toko perhiasan maupun lembaga-lembaga terpercaya yang menyediakan emas batangan bersertifikat. 

 

Sedangkan secara online, emas juga bisa dengan mudah dibeli baik melalui sistem tabungan online maupun toko online dan marketplace

 

Namun jika membeli online, kamu wajib mencari tahu lebih detail tentang sertifikat keasliannya. Kamu juga bisa meminta garansi kepada pihak penyedia emas online jika barang yang kamu beli terbukti palsu.

 

Emas memang sangat cocok untuk milenial berinvestasi karena nggak terpengaruh oleh inflasi, tingkat likuiditasnya yang tinggi, berisiko rendah, dan harganya cenderung naik terus sehingga sangat cocok untuk investasi jangka panjang. Yuk, tunggu apa lagi untuk berinvestasi emas dengan tips-tips di atas?