SWARA – Kondisi keuangan terkadang membuat orang berpikir ulang untuk berinvestasi. Jumlah gaji yang nggak seberapa tentu membuatmu lebih memprioritaskan pemenuhan kebutuhan lain, dibandingkan menyisihkan sebagian dana mu untuk menanam modal. Nah, sebetulnya ini nggak bisa jadi alasan kuat untuk nggak berinvestasi.

 

Besar atau kecilnya jumlah gajimu, investasi tetap akan memberikanmu keuntungan dan kemudahan bagi kebutuhan jangka panjangmu, lho. Apalagi biaya hidup kini makin tinggi seiring dengan kebutuhan hidup yang juga terus bertambah. Cukup repot kalau kamu nggak menyisihkan sedikit uang yang kamu punya untuk diinvestasikan. Jadi, meskipun pendapatanmu sangat minim, berinvestasi menjadi sesuatu yang perlu diagendakan.

 

Masih ragu? Coba tips berinvestasi dengan gaji minim ini!

 

Artikel terkait ide investasi:

  1. 4 Alasan Kamu Harus Mulai Mencoba Investasi, Sekarang!
  2. Untuk Investasi, Ini Perbedaan Rumah Susun, Apartemen dan Kondominium
  3. Cara Mudah Menghitung Rumus Investasi Properti agar Untung

 

1. Memisahkan sebagian pendapatan

Coba alokasikan pendapatanmu berdasarkan persentase. Misalnya 10%–20% gajimu. Sebagai contoh, kamu memiliki pendapatan Rp2 juta per bulan, berarti kamu harus menyisihkan uang sebasar 200 ribu buat diinvestasikan. Dengan mengacu pada persentase, kamu bisa menginvestasikan uangmu lebih besar jika pendapatanmu tinggi.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman mudah dan cepat, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, kredit online, jualan di instagram, tips agar pelanggan loyal

 

2. Menyusun Perencanaan Keuangan

Membuat rincian keuangan merupakan cara paling efektif untuk menghindari kacaunya kondisi keuanganmu. Kamu bisa memulainya dengan membuat kategorisasi pengeluaran, contohnya biaya makan, transportasi, cicilan rumah, investasi, dan lain sebagainya. Cara ini wajib kamu terapkan, apabila kamu merasa pendapatan yang kamu peroleh masih minim.

 

3. Hidup Sederhana

Biaya hidup tergantung gaya hidup, setuju kan dengan pernyataan ini? Besar kecilnya gajimu, jangan lupa untuk tetap membiasakan diri hidup sederhana. Kurangi penggunaan uang untuk hal-hal yang nggak penting. Misalnya, nongkrong di cafe, kurangi konsumsi rokok bagi yang perokok, bawa bekal dari rumah saat kerja, gunakan kendaraan umum saat pergi ke kantor.

 

Artikel terkait: Sepele tetapi ini bisa menghambat kesuksesanmu lho!

  1. 9 Kebiasaan Menyedihkan yang Harus Dihindari Mulai dari Sekarang
  2. 10 Pemahaman Salah tentang Kesuksesan yang Harus Dilupakan
  3. Hindari Hal Berikut Supaya Karier Nggak Berantakan di Masa Depan

 

4. Mencari Penghasilan Tambahan

Alternatif yang cukup jitu supaya kamu bisa lebih mudah menyisihkan uangmu adalah mencari penghasilan tambahan. Buat kamu yang ingin pekerjaan sampingan bersifat unskilled, kamu bisa berbisnis online. Kalau kamu mempunyai bakat tertentu misal menulis, desain grafis, fotografi, kamu bisa pekerja sebagai freelance di suatu perusahaan atau lembaga.

 

5. Sediakan Dana Darurat

Sesuatu yang mendadak/darurat bisa kapan saja terjadi. Kamu wajib menyediakan dana darurat untuk ini. Apalagi kalau dana yang dibutuhkan ternyata sangat besar. Misalnya suatu ketika kamu jatuh sakit dan harus di rawat inap, tentu biaya yang dibutuhkan nggak sedikit kan? Kamu bisa menyiasati ini dengan mengikuti program asuransi, lho. Program ini bisa memberimu fasilitas dan perlindungan jiwa.

 

Tips-tips di atas bisa kamu gunakan untuk mengelola keuanganmu sehingga kamu bisa dengan lega dan nggak ragu untuk berinvestasi. Karena kebutuhan jangka panjang butuh perencanaan yang matang. Jadi gimana, tertarik untuk berinvestasi?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Setyo Kinanthi SETYO KINANTHI