Beranda > Finansial > Hemat dan Aman Berbelanja Online untuk Lebaran, Begini Caranya!

Hemat dan Aman Berbelanja Online untuk Lebaran, Begini Caranya!

dhandyDhandy
Hemat dan Aman Berbelanja Online untuk Lebaran, Begini Caranya!watermark

TUNAIKU.COM – Momen hari raya atau Lebaran tentunya akan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Untuk itu, momen ini akan selalu dipersiapkan dengan maksimal, sehingga akan ada banyak keperluan yang akan dibeli.

 

Di zaman yang semakin modern ini, keperluan Lebaran juga bisa dibeli via online, lho! Jadi, kamu nggak perlu antre atau berpanas-panasan ke luar rumah untuk pergi ke suatu tempat perbelanjaan.

 

Namun, karena kemudahan tersebut, bukan berarti kamu malah jadi boros dalam berbelanja. Selain itu, keamanan dalam berbelanja via online juga harus tetap diutamakan, ya!

 

Nah, untuk mencegah dua hal tersebut, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat berbelanja keperluan Lebaran via online agar tetap hemat dan aman!

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang Lebaran

  1. Siap-siap Lebaran! Inilah 5 Tips Hemat Saat Mudik
  2. Mau #berbagi5enyum dengan “THR” Saat Lebaran? Yuk, Siapkan Uang Receh dari Sekarang!
  3. Buat Kamu yang Nggak Mudik, Inilah 5 Kerjaan Sampingan yang Bisa Dicoba saat Libur Lebaran!

 

1. Buat daftar kebutuhan yang akan dibeli

 

Sebelum mulai berbelanja untuk keperluan Lebaran, alangkah baiknya untuk kamu menuliskan terlebih dahulu barang apa saja yang ingin dibeli. Tulis saja semua yang biasanya kamu butuhkan untuk Lebaran, misalnya pakaian, kue Lebaran, bingkisan Lebaran, dan lain-lain.

 

2. Hitung bujetnya, lalu buat prioritas

 

Setelah kamu tulis semua barang yang kamu butuhkan, selanjutnya kamu bisa cari dan hitung berapa perkiraan bujet dari semua kebutuhanmu. Karena kamu akan belanja secara online, tentunya akan sangat mudah untuk mencari harga perkiraan dari barang yang ingin kamu beli.

 

Nah, jika kamu sudah tahu semua harga dari barang tersebut, kemudian langkah yang bisa kamu lakukan adalah menentukan prioritas dari semua barang tersebut. Prioritas ini dibuat khusus untuk menjaga kondisi finansial mu, selain itu kamu juga bisa menjaga “hasrat” untuk tidak terlalu banyak dalam berbelanja untuk keperluan Lebaran ini.

 

3. Beli di penjual yang terpercaya

 

Selanjutnya, untuk berbelanja via online, yang perlu diingat adalah membeli sesuatu di penjual atau merchant yang terpercaya. Hal ini semata-mata untuk mengamankan transaksi yang akan kamu lakukan kelak.

 

Kini, sudah banyak e-commerce di Indonesia yang menyediakan fasilitas untuk berbelanja aman secara online. Nah, e-commerce ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu, lho!

 

CTABARU1

4. Bandingkan suatu harga barang dari berbagai penjual/ online shop

 

Satu trik yang banyak dilakukan oleh banyak orang ketika berbelanja via online adalah membandingkan suatu harga barang dari berbagai penjual atau online shop. Trik ini tentunya bisa kamu ikuti untuk mendapatkan harga terbaik dari suatu barang.

 

5. Cari promo menarik

 

Di momen spesial seperti Ramadan dan Lebaran ini, biasanya berbagai penjual atau e-commerce akan memberikan berbagai promo menarik untuk memeriahkan momen spesial ini. Untuk itu, carilah promo-promo tersebut supaya kamu bisa dapat diskon atau bonus dari pembelian.

 

Namun, kamu tetap harus hati-hati, ya, dengan promo-promo tersebut. Karena, biasanya akan ada oknum yang memanfaatkan momen ini untuk menipu para pelangganya. So, be careful, Guys!

 

6. Pilih metode pembayaran aman

 

Selanjutnya, yang perlu kamu perhatikan saat berbelanja via online adalah metode untuk pembayarannya. Biasanya, penjual yang profesional memiliki rekening atas nama perusahaannya, bukan atas nama pribadi. Jadi, perlu check and re-check ya!

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang Lebaran

  1. 10 Peluang Usaha Potensial Agar Lebaran Punya Banyak Cuan
  2. Tips Jaga Rumah Agar Tetap Aman Saat Mudik Lebaran
  3. Mau Hemat Belanja Kue Lebaran? Begini Caranya!

 

7. Tanyakan perihal pengiriman

 

Terakhir, karena kamu akan berbelanja via online, jadilah barang tersebut akan diantar oleh kurir untuk sampai ke tempat kamu tinggal. Untuk itu, kamu perlu teliti perihal pengiriman barang tersebut. Mulai dari, rentang waktu yang dibutuhkan dan ongkos kirim yang dibutuhkan.

 

Jangan sampai, ongkos kirimnya justru lebih mahal dibanding harga barang, atau juga pengirimannya yang akan memakan waktu terlalu lama. Nanti, malah nggak bisa dipakai buat Lebaran!

 

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat bujet saat berbelanja via online untuk Lebaran. Selain itu, kamu juga harus selalu ingat untuk mengutamakan keamanan saat berbelanja, supaya kamu tidak rugi kemudian!

CTABARU3


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett