Beranda > Finansial > Do & Don’t: Ini Aturan Memulai Bisnis dengan Teman dan Keluarga

Do & Don’t: Ini Aturan Memulai Bisnis dengan Teman dan Keluarga

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Do & Don’t: Ini Aturan Memulai Bisnis dengan Teman dan Keluargawatermark

TUNAIKU.COM – Dalam memulai bisnis, ada yang membutuhkan partner, tapi ada juga yang lebih nyaman sendirian. Jika kamu adalah tipikal yang membutuhkan partner, kamu bisa mengajak teman atau keluarga sebagai rekan bisnismu.

 

Sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, terutama jika kamu memutuskan mengajak teman atau keluarga. Ini untuk menghindari kemungkinan terburuk seperti bangkrut bahkan merenggangnya hubungan baik. Oleh karenanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan harus dihindari.

 

Artikel Terkait: Ragam Bisnis yang Bisa Kamu Coba

  1. 14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Beromzet Puluhan Juta Rupiah
  2. Hobi Bermusik, Yuk, Coba 5 Jenis Bisnis Menguntungkan Berikut!
  3. 8 Ide Bisnis Rumahan Untuk Stay at home Mom. Yuk, Dicoba!

 

Hal yang harus diperhatikan

1. Pilih jenis bisnis

Hal pertama yang harus kamu lakukan dengan partner adalah menentukan jenis bisnis yang akan kamu pilih. Pastikan kamu memiliki minat jenis bisnis yang sama dengan partner.

 

2. Visi misi ke depan

Meskipun berekanan, bisa jadi visi misimu dengan partner berbeda. Ada yang visi misinya hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tapi ada juga yang tujuannya untuk investasi di masa depan. Nah, pastikan visi misimu sama, ya!

 

3. Kecocokan karakter

Sebaiknya kamu juga memiliki karakter yang sama dengan partner. Dengan demikian, chemistry kalian pun terbentuk dan dalam menjalankan bisnis bersama bisa kompak.

 

4. Kompetensi

Membangun bisnis bersama sangat dibutuhkan kompetensi dari setiap orang. Jadi, nggak hanya salah satu saja. Pastikan setiap orang memiliki kompetensi yang berbeda-beda dan tentu punya nilai lebih agar dalam pembagian tugas bisa berjalan baik.

 

5. Mengatur tugas

Kelebihan membangun usaha bersama adalah adanya pembagian tugas. Lakukan pembagian tugas ini seadil-adilnya berdasarkan kompetensi dan kelebihan masing-masing. Diskusikan ini dengan partner agar mendapatkan hasil dari pembagian tugas yang seadil-adilnya.

 

6. Pembagian modal dan keuntungan

Pembagian modal dan keuntungan harus diputuskan sejak awal. Jika kalian sudah memiliki ketentuannya, pastikan untuk menaatinya, ya!

 

Artikel Terkait: Butuh Modal untuk Usaha? Baca Ini!

  1. Mau Buka Usaha Tapi Modal Usaha Terbatas? Ini 5 Cara Mengatasinya
  2. Ingin Buka Usaha Coffee Shop? Ringankan Modal Lewat KTA Bunga Rendah
  3. Ingin Sukses Memulai Usaha Kosmetik dan Skin Care dengan Modal Minim, Ikuti Kiatnya

 

Hindari ini!

1. Nggak membuat surat perjanjian

Jangan sampai kamu membangun usaha dengan partner tanpa membuat surat perjanjian. Tanpa adanya surat ini, bisnismu jadi lemah hukum. Jadi, jika ada kendala di belakang nggak bisa diselesaikan dengan baik. Adapun isi dari perjanjian ini adalah pembagian tanggung jawab, profit, dan penyelesaian perselisihan.

 

2. Terlalu percaya pada teman

Jangan pernah percaya 100% pada orang lain, walau kamu sudah dekat sekalipun dengannya. Apalagi dalam urusan bisnis yang ada perputaran uang di dalamnya. Untuk membantumu, gunakan sistem pengendali bisnis, berupa jaminan mutu (QA) dan pengendali kualitas (QC).

 

Nggak ada pertemuan rutin

Kamu butuh adanya pertemuan rutin. Dalam kesempatan itu kamu bisa mendiskusikan kendala dari tugasmu dan juga masalah dan apa saja yang sudah dicapai dalam menjalankan bisnis kalian. Karena pertemuan rutin ini menjadi salah satu poin penentu perkembangan bisnismu, jangan sampai kamu melewatkannya, ya!

 

3. Menghitung profit irasional

Angka yang dihitung di kertas dengan lapangan tentu berbeda. Bisa jadi hasil penghitungan di kertas menunjukkan kamu untung Rp10 juta. Namun, setelah ditelisik di lapangan, ternyata nggak sampai Rp10 juta. Untuk itu, jangan sampai kamu menghitung profit secara irasional, ya!

 

4. Nggak fokus

Menjalankan usaha, apalagi usaha bersama, membutuhkan komitmen yang maksimal. Komitmen ini salah satunya ditunjukkan dari fokus yang kamu berikan dalam operasional bisnis itu.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja yang harus diperhatikan dan dihindari dalam menjalankan bisnis bersama teman atau keluarga. Pastikan kamu menerapkannya, ya!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

4 Mobile Site CTA

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett