Beranda > Finansial > Ciri Investasi Emas Bodong yang Wajib Kamu Tahu Agar Nggak Rugi

Ciri Investasi Emas Bodong yang Wajib Kamu Tahu Agar Nggak Rugi

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Ciri Investasi Emas Bodong yang Wajib Kamu Tahu Agar Nggak Rugiwatermark

TUNAIKU.COM – Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang paling banyak diminati orang. Hal ini karena harga emas selalu stabil dan enggak terganggu oleh inflasi. Selain itu, dibandingkan instrumen investasi lain, emas cenderung memiliki risiko investasi yang rendah. Berbagai kelebihan ini yang kemudian membuat orang tergiur untuk berinvestasi emas.
Seperti yang pernah dituliskan oleh moneysmart.id, saat ini banyak orang-orang yang enggak bertanggungjawab memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan sendiri. Kondisi ini juga makin diperparah dengan minimnya pengetahuan masyarakat tentang investasi emas. Mereka kadang sudah tergiur dengan peluang yang menjanjikan tersebut, sampai kurang waspada terhadap kejahatan yang mungkin terjadi. Akibatnya, mereka terjebak dalam investasi emas bodong.
Berkaca dari persoalan ini, baiknya kamu mulai kenali ciri-ciri investasi emas bodong ini sebelum membeli!

 

Artikel terkait: Berbagai kiat agar investasi propertimu semakin untung!

  1. Raup Untung di Bisnis Properti Lewat Strategi Flip, Ini Caranya!
  2. Ternyata Inilah Keunggulan Memakai Jasa Broker Profesional untuk Memasarkan Properti
  3. 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi Properti di Surabaya

1. Return tinggi tanpa risiko

Investasi emas memang sangat menguntungkan dan memiliki risiko yang rendah. Namun, perlu kamu tahu bahwa investasi emas merupakan investasi jangka panjang, yang artinya keuntungan tersebut baru bisa kamu nikmati setelah menunggu beberapa tahun. Kalau misalnya, ada pihak yang menawarkan bunga 1% per hari maka hal ini perlu kamu curigai. Biasanya pelaku investasi bodong akan melakukan hal serupa.

 

2. Pilihan investasi bermacam-macam

Dalam berinvestasi emas, enggak ada pembagian jenis emas, seperti gold, silver, platinum dan lain sebagainya. Hanya ada pembedaan ukuran emas, biasanya masih dalam satuan gram. Namun, pihak enggak bertanggung jawab seringkali menawarkan investasi emas dalam bentuk paket yang berbeda-beda. Seolah-olah tiap paket mempunyai kewajiban dan keuntungan yang berbeda pula, serta dijanjikan keuntungan yang berlipat-lipat.

 

3. Pengelolaan sumber dana tak jelas

Pada umumnya para pembuat investasi bodong mengelola  uang dengan cara skema ponzi atau money game. Skema ini berproses melakukan pembagian keuntungan kepada nasabah dengan uang yang diberikan investor baru. yups, sepelenya sih ini cuma akal untuk memutar uang saja. Oleh sebab itu, uang enggak akan bertambah secara mendadak.

 

4. Dikenai uang muka

Para pelaku sering meminta uang muka dengan iming-iming agar proses investasinya lancar dan untung berlipat-lipat. Enggak jarang juga meraka yang bilang semakin besar uang muka yang diberikan maka keuntungannya semakin besar pula. Biasanya, orang kemudian gampang tergoda dengan iming-iming uang diberikan, sehingga mudah terjebak dalam akal jahat penyedia investai emas bodong.

 

5. Legalitas tak meyakinkan

Cara paling aman untuk menghindari investasi emas bodong, yaitu dengan cara membeli emas di tempat yang terpercaya seperti di Antam atau pegadaian. Namun, kalau kamu berkeinginan membeli di tempat lain, jangan lupa untuk memastikan legalitasnya. Misalnya, sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum.

 

Nah, soal ini kamu perlu mencari informasi lebih banyak. Mulai dari riwayat perusahaan, pemasaran, cara pencatatannya di OJK, Badan Pengawas Pasar Modal, Lembaga Keuangan (BAPEPAM-LK), dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEPTI). Kamu bisa hubungi langsung kontak OJK untuk memastikan apakah perusahaan yang menjual emas tersebut terdaftar atau enggak.

 

Investasi emas bodong pastinya memiliki legalitas yang enggak meyakinkan. Artinya mereka enggak bisa memberimu bukti legalitas seperti yang disebutkan di atas.

 

Berurusan dengan uang memang enggak bisa main-main. Jadi, tetaplah berhati-hati ya!

 

Artikel terkait: Tingkatkan kewaspadaan terhadap bahaya yang mengancam keuanganmu.

  1. Jangan Sampai Bangkrut! Intip Cara Mengontrol Kebiasaan Belanja
  2. Hati-hati, Jangan Sampai Terjebak dalam 4 Jenis Utang ini!
  3. 7 Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Perempuan

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett