Bagi kamu para pegiat bisnis, pastinya kamu membutuhkan masukan ide bisnis online di tahun 2022.

 

Pasalnya pada tahun ketiga pandemi saat ini, hampir setiap aspek kehidupan telah terdigitalisasi. Bisnis di tahun 2022 pun semakin bergeser ke arah yang serba digital. 

 

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, pada akhir 2020 saja sudah terdapat 10,2 juta pelaku usaha kecil dan menengah yang telah masuk ke pasar digital.

 

Pada periode yang sama, penjualan e-dagang naik 26 persen selama pandemi.

 

Artinya, digitalisasi meningkatkan peluang bisnis kecil dan menengah untuk berjaya di masa pandemi. 

 

Imbasnya adalah semakin banyak orang yang mencari ide bisnis online 2022.

 

Alasan bisnis online lebih menguntungkan

 

Asal kamu tahu, peningkatan pendapatan bisnis yang berbasis teknologi digital atau bisnis online akan jauh lebih melesat dibandingkan bisnis yang dijalankan secara konvensional.

 

Nggak percaya? Dikutip dari Kompas.id, berdasarkan penelitian Google pandemi membuat pendapatan bisnis online meningkat 80 persen lebih cepat dibandingkan dengan  bisnis konvensional.

 

Kondisi ini bisa terjadi karena adanya pandemi telah mengubah pola konsumsi masyarakat. Masyarakat saat ini semakin terbiasa melakukan transaksi online.

 

Data di atas semakin membuat kita ingin mencari ide bisnis online 2022 bukan?

 

Artikel terkait: 4 Cara Mengatur Keuangan Usaha, Pisahkan dengan Kas Pribadi!

 

Berbagai ide bisnis online 2022

 

Konsumsi masyarakat yang sudah mulai pulih sejak tahun lalu membuat peluang untuk ide bisnis online 2022 semakin beragam.

 

Meningkatnya permintaan masyarakat terhadap sejumlah produk dan jasa peluang pada jenis-jenis bisnis online tertentu semakin terbuka lebar.

 

Tapi ingat, meskipun peluang yang ada sangat terbuka, kamu tetap perlu ketekunan dan kerja keras untuk membangun bisnis-bisnis ini mulai dari nol. Kamu juga harus siap dengan berbagai risiko dan konsekuensinya.

 

Berikut ada empat ide bisnis online 2022 yang punya peluang besar tapi masih jarang digarap oleh para pegiat bisnis di dalam negeri.

 

1. Dropshipper

 

Dropshipper termasuk istilah yang populer didengar dalam sistem belanja online.

 

Dengan menjadi dropshipper artinya kamu menjadi perantara antara pembeli dan pemasok barang. Biasanya,  

 

Kamu pun menjadi tidak perlu memiliki stok barang karena kamu jadi penghubung langsung antara pembeli dengan penjual/pemasok.

 

Umumnya jasa dropshipper diperlukan untuk barang-barang yang diproduksi atau dipasok dari luar negeri.

 

Untuk itu, sebagai dropshipper kamu perlu memilih jenis produk dengan pangsa pasar di Indonesia yang luas seperti misalnya produk fesyen, aksesoris, atau bahkan konsol gim.

 

Setelah menentukan produk apa yang memiliki tingkat permintaan tinggi di dalam negeri, kamu juga perlu cermat dalam memilih toko atau supplier barang dari luar negeri.

 

Sebagai tips, kamu bisa mencari supplier global berkualitas pada loka pasar (market place) global populer seperti Alibaba, Amazon, maupun e-bay.

 

2. Indirect exporter

 

Salah satu ide bisnis online 2022 lainnya adalah menjadi indirect export atau ekspor tidak langsung.

 

Dengan menjalani bisnis ekspor ini, kamu tidak berhubungan langsung dengan buyer atau pembeli luar negeri maupun perusahaan importir.

 

Ekspor jenis ini sangat cocok bagi pemula karena dijembatani oleh pihak ketiga yang menjadi penghubung antara pembeli dan produsen.

 

Semua tanggung jawab proses ekspor berada pada pihak ketiga, termasuk pengiriman barang, persyaratan dan dokumen ekspor, hingga komunikasi dengan buyer luar negeri.

 

Apa yang perlu kamu lakukan adalah mencari agen perdagangan ekspor, eksportir dalam negeri terpercaya. 

 

Sebagai langkah awal, kamu bisa bergabung dengan komunitas ekspor pemula yang ada di berbagai media sosial.

 

Biasanya eksportir pemula memulai dengan cara mengekspor komoditas pertanian yang saat ini permintaannya sedang tinggi-tingginya di luar negeri, seperti buah porang.

 

Untuk menjalani model bisnis ini memang diperlukan ketekunan dan keuletan. 

 

Namun, saat sudah berhasil nanti, potensi pengembangan bisnismu akan sangat besar dan tak terbatas.

 

Artikel terkait: Ingin Jual Produk Baru dalam Bisnismu? Begini Strateginya

 

3. Kreator produk digital

 

Ide bisnis online 2022 yang tidak kalah menarik adalah menjadi kreator produk digital.

 

Terdapat beberapa jenis produk digital yang punya permintaan cukup tinggi di pasaran seperti aset kreatif seperti font ataupun grafik, foto, musik, hingga aplikasi untuk sistem Android ataupun iOS.

 

Sebagai orang yang murni menciptakan sebuah produk dari nol, kreator produk digital yang menjual produknya akan memiliki margin keuntungan yang tinggi.

 

Sebagai kreator produk digital, kamu harus punya minat terhadap ruang lingkup maupun ekosistem dari jenis produk yang kamu buat.

 

Soalnya untuk mendapatkan pasar yang bisa menyerap produk digital kreasi kalian, kamu perlu berjejaring dan berkomunitas.

 

Tahun 2022 pun popularis dari NFT (non-fungible token) diprediksi akan melonjak. 

 

Jadi tidak ada salahnya juga jika kamu menjajakan produk digitalmu pada marketplace khusus NFT seperti Opensea, TokoMall, Paras.id, dan Enevti.

 

4. Membuat kelas online

 

Salah satu ide bisnis online 2022 yang cukup populer dan punya banyak permintaan di masa pandemi ini adalah kelas kursus online.

 

Pembatasan mobilitas masyarakat semenjak adanya pandemi Covid-19 membuat kebutuhan orang untuk meningkatkan soft skill dipenuhi dengan mengikuti kursus online.

 

Jika kamu memiliki keterampilan khusus yang bisa kamu ajarkan, seperti contohnya kemampuan bahasa, desain grafis, programming, hingga yoga, tidak ada salahnya jika kamu mulai membuat kelas online.

 

Ingat ya, untuk membuka kelas online kamu benar-benar perlu keterampilan khusus, karena dalam hal ini kamu akan menjual jasa, bukan menjual produk jadi atau sebuah karya.

 

Untuk dapat menjual jasamu, kamu harus membangun audiens, dalam hal ini ialah orang-orang yang dapat berkomunikasi denganmu melalui berbagai kanal seperti blog dan media sosial.

 

Nah, empat ide bisnis online 2022 yang sudah dipaparkan di atas punya peluang besar, tapi masih sedikit pegiat bisnis yang mendalaminya.

 

Jika kamu tertarik, kamu bisa memulainya sekarang. Selamat berbisnis!