Inspirasi dan Edukasi Finansial dari Amar Bank – Perkembangan teknologi internet memberikan tools baru untuk meningkatkan diri, termasuk cara kembangkan bisnis.

 

Bagi kamu yang menjalani bisnis sendiri, baik skala kecil atau menengah, kamu bisa memaksimalkan website marketing untuk mengembangkan bisnis agar makin cuan.

 

Bisnis semakin cuan dengan tambahan modal yang lebih. Tunaiku bisa bantu kamu untuk tambah modal buat usaha. Cek di sini.

 

Cara kembangkan bisnis dengan website marketing

Dalam mengembangkan bisnis, kegiatan pemasaran memegang peranan penting. Seiring perkembangan teknologi, strategi pemasaran pun mengalami evolusi. Saat ini, kehadiran internet membuka peluang baru sebagai salah satu cara kembangkan bisnis.

 

Mungkin kamu sudah familiar dengan social media marketing, tapi sejauh mana kamu memahami website marketing? Sederhananya, website marketing merupakan cara kembangkan bisnis dengan mempromosikan usahamu melalui website agar bisa mengarahkan calon pembeli ke tempatmu.

 

Dengan menggunakan strategi ini, kamu bisa menarik calon pelanggan untuk mengunjungi website atau toko milikmu. Sebab, sama halnya dengan strategi pemasaran lainnya, tujuan website marketing pun untuk memastikan bisnis kamu berada di radar calon pembeli.

 

Dalam website marketing, kamu enggak harus memiliki domain website sendiri. Sederhananya ada dua cara kembangkan bisnis lewat website marketing ini.

 

Pertama memaksimalkan potensi di search engine. Untuk itu, kamu harus memastikan usahamu berada di peringkat atas mesin pencari, sehingga kemungkinan untuk bertemu calon pelanggan potensial jadi lebih besar.

 

Kedua, gunakan website yang sudah aktif dan punya traffic tinggi, misalnya news site untuk memasang iklan yang akan mengarahkan pengunjung website tersebut ke tempatmu.

 

Cara kembangkan bisnis ini memungkinkanmu menjangkau target pasar yang lebih luas. Mengingat penetrasi internet di Indonesia yang sangat besar, juga pengguna aktif internet dalam jumlah banyak, maka kesempatan untuk mengembangkan bisnis menggunakan website marketing ini jadi semakin luas.

 

Bentuk-bentuk website marketing

Ada banyak bentuk yang bisa kamu gunakan dalam menjalankan strategi website marketing ini. Berikut beberapa bentuk website marketing yang bisa kamu lakukan:

 

1. Banner iklan

Cara kembangkan bisnis yang paling banyak dilakukan, yaitu memasang iklan dalam bentuk banner di beberapa website yang memiliki traffic tinggi. Pastikan website tersebut cocok dengan target pasarmu, sehingga menyasar calon pelanggan potensial.

 

2. Social media post

Kehadiran media sosial memang menjadi strategi baru dalam memasarkan produk. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur ads di social media post yang akan mengarahkan calon pembeli ke tempatmu.

 

Artikel terkait:

Tekuni profesi social media specialist, ini modal yang kamu butuhkan

5 Channel Digital Marketing untuk Kembangkan Bisnismu

 

3. Search engine result page (SERP)

Dalam website marketing, juga dikenal istilah search engine result page (SERP). Artinya posisi bisnismu ketika seseorang mencari sesuatu berdasarkan keyword tertentu di search engine seperti Google.

 

4. Email promosi

Kamu juga bisa membuat newsletter dalam bentuk email promosi dan mengirimkannya kepada pelanggan secara berkala agar mereka selalu update tentang produk yang kamu tawarkan.

 

Lakukan digital ads untuk bisnismu biar lebih dijangkau banyak orang. Butuh tambahan dana? Pakai Tunaiku biar cepat tanpa ribet. Cek di sini.

 

Keuntungan mengembangkan bisnis dengan website marketing

 

 

Beberapa alasan kenapa kamu harus mencoba cara kembangkan bisnis menggunakan website marketing ini, yaitu:

1. Lebih hemat biaya

Sama halnya dengan promosi menggunakan teknologi internet lainnya, biaya yang dikeluarkan cenderung bisa ditekan ketimbang menggunakan cara-cara konvensional.

 

Misalnya, untuk memasang iklan di Google Ads, kamu cukup mengeluarkan Rp20.000 per hari. Tentunya lebih mudah dibanding biaya cetak banner atau iklan di media massa tradisional.

 

2. Jangkauan lebih luas

Dengan biaya minim, kamu bisa menjangkau pasar lebih luas. Jika promosi konvensional terbatas pada jarak geografis, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan website marketing ini.

 

3. Target pasar spesifik

Yup, dalam memasang iklan kamu bisa menentukan target yang diinginkan secara spesifik. Jadi mereka yang menerima paparan iklan tersebut benar-benar sesuai dengan target.

 

Cara ini juga lebih efektif, karena iklan tersebut sampai ke pihak yang benar-benar membutuhkan, sehingga kesempatan untuk melakukan transaksi lebih besar.

 

4. Bisa direvisi

Website marketing, baik dalam bentuk banner, social media post, dan lainnya, bisa direvisi dengan cepat jika terdapat kesalahan. Kamu juga bisa melakukan update secara berkala, sehingga calon pelanggan mendapatkan informasi terkini setiap kali melihat iklan produkmu.

 

Cara kembangkan bisnis menggunakan website marketing

 

 

Kamu tertarik untuk mengembangkan bisnis menggunakan website marketing? Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

 

1. Pastikan tampilannya menarik dan informatif

Selain memastikan iklan yang kamu pasang mudah ditemukan, kamu juga harus mengecek ulang bentuk iklan yang ditampilkan. Visual yang keren tentunya lebih menarik, tapi pastikan informasi yang dihadirkan tidak misleading dan mudah dipahami.

 

Visual yang menarik diperlukan agar mudah terlihat oleh calon pembeli. Sesuaikan dengan karakteristik calon pelanggan agar kemungkinan banner untuk diklik lebih besar. Tidak perlu menambahkan elemen desain yang nantinya malah menyulitkan konsumen dalam memahami apa yang ingin kamu sampaikan.

 

Begitu juga halnya dengan informasi yang disajikan. Cukup berikan garis besar, tapi sudah menyeluruh. Hindari informasi yang misleading atau clickbait, karena bisa menjadi bumerang.

 

2. Kemudahan akses

Tujuan website marketing ini adalah agar calon pelanggan mengunjungi tempatmu. Oleh karena itu, pastikan mudah untuk diakses.

 

Perlu dipertimbangkan bahwa aktivitas internet saat ini lebih banyak terjadi di smartphone. Ketika memutuskan untuk melakukan website marketing, kamu bisa melakukannya lewat sudut pandang pengguna smartphone.

 

Misalnya dalam banner. Banner untuk iklan di desktop tentu memiliki tampilan berbeda dengan banner untuk iklan di mobile.

 

Pinjaman Uang Online Bisnis Hingga 20 Juta

 

3. Pelajari tentang SERP

Salah satu bentuk website marketing yaitu SERP. Kebanyakan orang hanya melihat halaman pertama saja, sehingga pastikan usahamu muncul di halaman pertama mesin pencari.

 

Kamu bisa melakukan search engine marketing (SEM), yaitu teknik promosi berbayar sehingga produkmu bisa muncul di posisi pertama. Selain itu, kamu juga bisa mengoptimalkan search engine optimization (SEO) agar muncul di posisi strategis secara organik.

 

4. Kolaborasi dengan media sosial

Website marketing akan memberikan hasil lebih optimal jika dikolaborasikan dengan media sosial. Misalnya, kamu bisa menambahkan tombol share ke media sosial setiap kali seseorang ingin berbagi informasi tentang produk tersebut.

 

Dengan mengarahkan share ke media sosial, artinya kamu bisa menjangkau pasar yang sebelumnya belum terpapar. Pastikan bagian yang dibagikan di media sosial sudah memuat informasi cukup dan menarik, sehingga mendorong orang lain untuk berkunjung.

 

Artikel terkait:

Tips bekerjasama dengan influencer social media untuk pengembangan bisnis

Tunaiku, Solusi KembangkanĀ  Bisnis di Masa Pandemi

 

Internet memberikan kemudahan sekaligus tantangan baru dalam bisnis. Meskipun masih skala kecil, enggak ada salahnya untuk memulai website marketing ini sebagai cara kembangkan bisnis. Selamat mencoba.

Buat website marketingmu sekarang juga! Tunaiku bisa berikan tambahan modal untuk bayar buat website marketing. Cek di sini.