Apakah kamu seorang pebisnis dan ingin membangun bisnis online di Shopee? Jika ya, maka kamu harus tahu dulu bagaimana cara jualan online di Shopee.

 

Di era teknologi saat ini, peluang untuk menghasilkan uang semakin terbuka lebar. Transaksi online sudah menjadi hal lumrah yang dilakukan sehari-hari. Selain itu, untuk kamu yang ingin memulai usaha, kamu tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar untuk menyewa toko dan tempat. Saat ini, kamu bisa mulai dengan membuka toko online di marketplace, dan Shopee menjadi salah satu pilihannya. 

 

Sebelum memulai bisnis, apakah kamu sudah memperhitungkan modalmu? Jika belum, yuk, gunain Kalkulator Finansial dari Swara untuk bantu kamu hitung modal bisnismu. Klik di sini.

 

Sejarah singkat tentang Shopee

 

Pada tahun 2015, Shopee pertama kali berdiri di Singapura sebagai marketplace consumer to consumer (C2C). Namun kini Shopee memiliki model usaha hybrid yang memungkinkan brand bisnis besar menggunakan Shopee Mall.

 

Tujuan didirikan Shopee adalah untuk menyediakan platform yang efektif dan efisien antara penjual dan pembeli di era digital ini. Shopee tidak hanya mempermudah pembeli mendapatkan barang, namun juga bagi para penjual untuk memasarkan barang mereka dengan lebih masif.

 

Keuntungan berjualan lewat Shopee

 

Sebelum kamu belajar cara jualan online di Shopee, tentunya kamu harus tahu berbagai keuntungan berjualan lewat Shopee. Sebagai penyedia lapak pertemuan penjual dan pembeli, Shopee menyediakan berbagai program menarik, seperti gratis ongkir, promo tanggal kembar, dan sebagainya.

 

Di samping program tersebut, banyak ilmu dan panduan yang bisa dibaca oleh penjual di Shopee di platform mereka. Platform mereka juga praktis dan efisien sehingga kamu bisa memperbesar jangkauan bisnis dengan membuka toko di Shopee.

 

Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan jangkauan yang luas karena Shopee saat ini masuk top 3 marketplace yang diminati. Dan tentu kamu juga tidak perlu menyediakan modal yang besar saat mau memulai jualan di Shopee. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya iklan yang terbilang kecil jika dibandingkan dengan sewa toko dan berbagai kebutuhan usaha lainnya.

 

Baca juga: 13 Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Mudah Dijalankan

 

Cara jualan di Shopee

 

Sekarang kita akan mempelajari hal dasar yang perlu kamu lakukan sebelum mempelajari cara jualan online di Shopee. Berikut adalah beberapa tahap yang perlu kamu lakukan saat akan memulai berbisnis di Shopee:

 

1. Membuat akun Shopee

 

Sebagai cara jualan online di Shopee yang pertama, kamu bisa membuat akun Shopee terlebih dahulu. Bacalah ketentuan layanan dan kebijakan privasi Shopee untuk mengetahui lebih detil. Setelah menyetujuinya, kamu bisa mendaftar lewat aplikasi atau situs Shopee.

 

Saat kamu hendak mendaftar lewat aplikasi Shopee di smartphone, berikut adalah langkah-langkahnya:

 

  1. Buka halaman Saya di aplikasi Shopee, 
  2. Di halaman Saya, pilih Daftar,
  3. Masukkan Nomor Telepon lalu pilih Berikutnya,
  4. Masukkan Kode CAPTCHA sebagai persyaratan selanjutnya,
  5. Masukkan Kode Verifikasi (OTP) yang dikirim ke SMS nomor telpon kamu, lalu pilih Berikutnya,
  6. Atur Kata Sandi lalu pilih Daftar.

 

Sedangkan bagi kamu yang hendak mendaftar lewat situs Shopee, berikut adalah langkah yang kamu bisa ikuti:

 

  1. Pilih Daftar di situs Shopee
  2. Masukkan Nomor Telepon lalu Pilih Berikutnya (Kamu juga bisa mendaftar menggunakan akun Google, Apple, Facebook, atau Line),
  3. Masukkan Kode CAPTCHA sebagai persyaratan selanjutnya, 
  4. Masukkan Kode Verifikasi (OTP) yang dikirim ke SMS nomor telpon kamu, pilih Verifikasi
  5. Atur Kata Sandi kamu lalu pilih Daftar.

2. Beri nama akun sama dengan nama toko online

 

Selanjutnya, cara jualan online di Shopee adalah memperhatikan beberapa hal seperti pemberian nama akun. Dalam pemberian nama akun Shopee kamu, pastikan kamu menyamakan dengan nama toko online kamu. Hal ini akan membuat toko kamu lebih mudah untuk dicari oleh pelanggan kamu.

 

Sedikit tips, kamu bisa menggunakan nama akun dengan produk yang kamu jual, disertai nama merek buatan kamu. Misalkan, kamu menjual tas dan nama merek “palu gada”, kamu bisa membuat nama akun “tas palu gada”.

 

3. Melengkapi profil toko

 

Melengkapi profil toko shopee kamu adalah hal penting selanjutnya dalam cara jualan online di Shopee. Dalam melengkapi profil toko, terdapat beberapa elemen penting yang perlu kamu persiapkan dengan baik.

 

Yang pertama adalah logo toko, pastikan logo kamu mewakili barang yang kamu jual. Logo yang lucu tidak akan cocok jika kamu gunakan untuk menjual produk yang formal.

 

Selanjutnya adalah foto utama. Ketika pembeli mengunjungi toko, hal pertama yang mereka lihat adalah foto utama tersebut. Kamu bisa memilih gambar yang memberi kesan terhadap isi toko. Hindari penggunaan teks, kamu tidak diperbolehkan mencantumkan link atau situs selain Shopee.

 

Yang ketiga adalah nama toko. Sama seperti logo, gunakanlah nama toko yang mudah diingat serta mencerminkan branding toko kamu. Lalu kamu bisa menyediakan foto dan video untuk menonjolkan produk kamu. Dan terakhir, berikan deskripsi toko. Perkenalkan sejarah toko kamu, jenis produk, lokasi pengiriman, jam operasional dan detil lain terkait toko kamu.

 

4. Atur alamat dan pengiriman toko

 

Tentunya dalam menjalankan bisnis online, pengiriman menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Saat kamu belajar cara jualan online di shopee, jangan lupa untuk kamu mengatur alamat pengiriman kamu. Tentu kamu juga harus menentukan jasa logistik mana yang cocok dengan produk dan bisnis kamu.

 

Pasalnya, jika kamu tidak menentukan jasa logistik yang tepat, itu hanya membuat kamu rugi dan membuang waktu. Misalkan kamu jualan makanan, tentu kamu ingin agar produk sampai secepat mungkin, bukan berlama-lama di ekspedisi. Karena itu, kamu bisa memilih untuk menggunakan logistik yang ekspres saja.

 

5. Upload foto produk beserta keterangan deskripsinya

 

Saat kamu serius memilih berjualan online, ini bukan berarti kamu tidak perlu mengeluarkan modal. Cara jualan online di shopee yang selanjutnya adalah dengan melakukan upload foto produk yang berkualitas. Alih-alih digunakan untuk sewa toko, biaya tersebut bisa kamu gunakan untuk menggunakan jasa foto produk profesional.

 

Setelah menggunakan foto yang bagus dan terlihat profesional, kamu juga harus menuliskan keterangan dan deskripsi produk dengan tepat sasaran. Tuliskan permasalahan yang bisa diselesaikan oleh produk sehingga penjual mendapatkan solusi lewat produk. Kamu juga bisa menggunakan jasa penulis profesional yang terbiasa menulis deskripsi produk.

 

6. Promosikan produk dengan mengikuti program Shopee

 

Setelah mengatur berbagai hal dasar, cara jualan online di Shopee selanjutnya akan membuat kamu mendapatkan pembeli. Kamu bisa mempromosikan produkdengan mengikut setiap program yang disediakan oleh Shopee.

 

Program gratis ongkir selalu menjadi program andalan yang bisa kamu gunakan. Hal ini disebabkan karena terkadang orang enggan membayar ongkos kirim apalagi jika hanya membeli sedikit. Program gratis ongkir ini akan menjawab keberatan pembeli kamu.

 

Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan program tanggal kembar untuk memberikan promo pada calon pembeli. Berikan minimal pembelian sehingga keuntungan kamu tetap maksimal walaupun memberi potongan.

 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai fitur untuk promosi produk seperti iklan, atau fitur naikkan produk dari Shopee. Fitur tersebut memang disiapkan sehingga kamu bisa berkompetisi dengan penjual lain. Gunakan kata kunci yang memiliki persaingan sedikit agar kamu bisa berada di posisi terbaik saat pembeli mencari produk kamu.

 

Baca juga: 15 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik Untuk Atur Finansialmu

 

Ide Jualan di Shopee

 

Setelah kita membahas beberapa cara jualan online di Shopee, kita akan membahas sedikit ide jualan di Shopee. Berikut adalah ide produk yang bisa kamu jual di Shopee:

 

1. Baju / Fashion

 

Baju atau Fashion adalah produk yang selalu diminati dan dibutuhkan oleh orang. Selain untuk kenyamanan dan melindungi tubuh, baju juga menunjukkan kepribadian orang yang mengenakan.

 

Bagi kamu yang mempraktekkan cara jualan online di Shopee dengan tepat, menjual baju bisa menjadi pilihan yang baik. Selain bisa mendapat untung yang besar, kamu juga bisa berkreasi sesuai kreatifitas dalam membuat model.

 

2. Makanan

 

Makanan menjadi produk dan industri yang selalu diminati oleh pembeli. Saat kita membahas cara jualan online di Shopee, tentu kita juga melirik produk makanan sebagai produk yang menguntungkan.

 

Namun, saat kamu berjualan makanan secara online, pengiriman dan pengemasan sangat perlu  diperhatikan. Jika mau membuat dengan fresh, kamu bisa menggunakan fitur Pre-Order agar bisa membuat berdasarkan pesanan. Solusi lainnya adalah dengan  membuat frozen food dari produk makanan yang hendak kamu jual.

 

3. Assesoris HP

 

Smartphone sekarang tidak lepas dari kehidupan kita. Karena itu, segala pernak pernik aksesoris HP juga menjadi produk yang laris manis dan banyak diminati. Bagi kamu yang bingung produk apa yang hendak dijual, kamu bisa mencoba kategori ini.

 

Selain dikenal memiliki keuntungan yang besar, saat ini orang-orang tidak segan untuk mengeluarkan uang untuk membeli aksesoris HP. Tentunya kamu juga harus mempraktekan cara jualan online di Shopee yang tepat.

 

4. Peralatan Rumah Tangga

 

Peralatan rumah tangga menjadi produk selanjutnya yang banyak diminati. Pasalnya, produk ini diminati tidak hanya oleh ibu-ibu, namun juga bapak yang ingin rumahnya lebih teratur dan nyaman.

 

Carilah produk peralatan rumah tangga yang unik dan bisa menyelesaikan masalah sehari-hari. Saat ini banyak supplier yang memasukkan barang dari luar negeri dan kamu bisa mulai dengan mengambil barang dari supplier tersebut. Jangan lupa untuk mempraktekkan cara jualan online di shopee seperti yang sudah kita bahas.

 

Tips sukses berjualan di Shopee

 

Setelah kita berhasil membuka toko di Shopee, kita perlu melakukan beberapa hal agar mendatangkan banyak pembeli. Tentu kita tidak ingin hanya berpangku tangan tanpa melakukan usaha marketing yang baik. Berikut adalah tips sukses membawa pelanggan ke toko online Shopee kamu.

 

1. Manfaatkan promo gratis ongkir

 

Promo gratis ongkir memang masih menjadi andalan untuk kamu yang baru mulai berjualan di Shopee. Pastikan kamu menggunakan program ini sehingga tokomu kebanjiran pembeli. 

 

Selain itu, program gratis ongkir ini juga membuat pembeli tidak perlu memperhitungkan ongkir. Kamu bisa menambahkan minimal pembelian sehingga kamu mendapat keuntungan yang lebih maksimal. 

 

2. Gunakan foto produk yang menarik

 

Seperti yang sudah dijelaskan di cara jualan online di Shopee sebelumnya, gunakanlah foto produk yang menarik. Menarik di sini memiliki arti berkualitas baik dan enak dilihat. Jika memungkinkan, kamu bisa membuat video saat produk tersebut digunakan, sehingga orang bisa lebih membayangkan langsung produk kamu.

 

3. Beriklan kata kunci

 

Tips untuk cara jualan online di Shopee selanjutnya adalah dengan menggunakan iklan. Gunakanlan iklan kata kunci agar kamu bisa berada di posisi terbaik saat orang hendak mencari produk yang kamu jual. Memang kamu perlu mengeluarkan biaya iklan, namun semua akan terbayar saat kamu mendapatkan keuntungan dari penjualan kamu.

 

Baca juga: Ketagihan WFH? Mari Ciptakan Lapangan Pekerjaan dari Rumah

 

Demikian pembahasan cara jualan online di Shopee bagi kamu yang masih pemula. Apapun usaha kamu, yang penting kamu lakukan dengan sepenuh hati dan keyakinan. Jangan lupa untuk terus belajar dan update ilmu jualan online terus. Semangat ya!