Beranda > Finansial > Asal Cerdik Lihat Tren, Bisnis Musiman Ini Bisa Kamu Jalani

Asal Cerdik Lihat Tren, Bisnis Musiman Ini Bisa Kamu Jalani

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Asal Cerdik Lihat Tren, Bisnis Musiman Ini Bisa Kamu Jalaniwatermark

TUNAIKU.COM-Selama ada niat, rejeki bisa datang dari mana saja. Hal ini, nih, yang saya pelajari dari perjalanan bisnis salah satu saudara. Dia begitu pandai melihat tren baju batik hingga sukses bisnis pakaian di Kalimantan.

 

Dia sengaja membeli pakaian batik di Pasar Beringharjo, Yogyakara, lalu menjualnya di Kalimantan. Setelah dihitung-hitung, hasilnya lumayan juga, lho, buat nambah penghasilan. Kalau kamu pandai membaca tren, nggak ada salahnya untuk mulai melirik bisnis musiman.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Smartphone dengan Kamera Terbaik

  1. HP Android Murah dengan Kamera Malam Terbaik
  2. 7 Smartphone Android Terbaik dengan Kualitas Kamera di Atas 15 MP
  3. 5 Smartphone dengan Kamera Bokeh Terbaik, Harganya Dibawah 5 Juta

 

Apabila digeluti secara serius, bisnis musiman bisa jadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Barang yang kamu jual akan terus berganti dan berputar, sehingga bakal lebih cepat memperoleh untung.

 

Tertarik untuk mencoba? Cari tahu dulu apa saja bisnis musiman yang bisa kamu coba ini, nih!

 

1. Penitipan hewan

Ada satu pekerjaan yang menurut saya cukup langka di Indonesia, yaitu penitipan hewan. Baik itu dijalankan dalam bentuk bisnis besar-besaran ataupun bisnis personal. Padahal, saya sering menjumpai profesi ini di negara Jepang atau Korea. Terdapat part  timer yang bertugas merawat binatang peliharaan.

 

Nah, sekarang minat masyarakat Indonesia dengan binatang peliharaan kian meningkat, nih. Kamu pun bisa buka jasa penitipan hewan peliharaan. Apalagi nanti saat mendekati lebaran, pasti banyak yang mudik. Kamu bisa manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pelanggan.

 

2. Perawat kebun

Ingin rehat dari statusmu sebagai karyawan? Kenapa nggak mencoba menjadi perawat kebun saja? Kalau punya hobi berkebun, bisa menyalurkan hobimu untuk meraup rupiah, lho. Kamu bisa membuka jasa membersihkan dan merawat taman di perumahan.

 

Asiknya lagi, bisa kamu lakukan saat weekend. Hitung-hitung untuk tambahan penghasilan. Dari sini, kamu bisa dapat uang Rp50—100 ribu. Sementara modal yang kamu siapkan di bawah Rp100 ribu untuk beli peralatan berkebun. Atau pakai saja peralatan berkebun yang sudah ada di rumah.

 

2

Mobile Site CTA

3. Travel guide

Jago bahasa asing dan menguasai destinasi wisata di kotamu? Kenapa nggak mencoba jadi travel guide saja? Kalau kotamu adalah destinasi favorit para turis manfaatkan kesempatan ini untuk jadi travel guide.

 

Kamu bisa mulai menawarkan jasa saat musim liburan tiba. Karena pada saat itu banyak wisatawan asing yang plesir ke Indonesia. Atau bisa juga kok menawarkan jasa ke turis lokal yang datang berombongan.

 

4. Jual peralatan adventure

Bisnis peralatan adventure itu memang nggak ada matinya. Lebih enak lagi, kalau kamu juga suka adventure dan punya banyak relasi. Bisnis alat-alat adventure bisa kamu coba, nih.

 

Peralatan adventure yang bisa kamu jual mulai dari tenda, sepatu, matras, kompor hingga backpack berbagai merek. Selain untuk dijual, siapkan juga peralatan yang bisa kamu sewakan. Buat mereka yang nggak ada bujet untuk beli, bisa sewa dengan harga murah.

 

5. Penyewaan kamera

Coba cek di rumah, ada nggak kamera nganggur yang bisa disewakan? Banyak, lho, di luar sana yang pengin mempercantik Instagram dulu, selama 13 hari sewa kamera mirrorless dengan biaya Rp1,3 jutaan. Wah, lumayan juga, bukan?

 

Kalau memang kamu ada kamera mirrorless atau DSLR, yuk sewakan saja daripada nganggur di rumah. Lumayan juga kan uangnya, bisa buat upgrade kamera ke model terbaru.

 

6. Food truck

Bisnis food truck memang nggak lagi panas-panasnya. Selain lebih praktis dari sisi tempat, kamu pun nggak akan terpaku pada satu jenis makanan saja. Enam bulan pertama bisa jualan hot dog and burger. Kalau sudah sepi, bisa jualan kebab sampai ice cream. odal utama untuk beli truk memang cukup mahal.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Kamera

  1. 5 Kamera Mirrorless Terbaik Saat Ini! Kamu Pilih yang Mana?
  2. Cek Tipe Kamera Digital Sebelum Membeli, Begini Caranya!
  3. 10 Kamera Pocket Termurah Buat Abadikan Momen Terbaikmu

 

Namun, kalau dijalani dengan konsisten, pasti bisa segera balik modal. Nanti, kamu tinggal mengendari food truck-mu ke tempat strategis, seperti sekolah, kampus, atau tempat nongkrong lain.

 

Nggak nyangka buka bisnis musiman bisa semenyenangkan ini? Selain bisa bersenang-senang, bisa dapat banyak duit lagi, hehe.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett