Beranda > Finansial > Agar Keuangan Aman, Tanyakan 8 Hal Ini Pada Diri Sendiri Setiap Hari

Agar Keuangan Aman, Tanyakan 8 Hal Ini Pada Diri Sendiri Setiap Hari

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Agar Keuangan Aman, Tanyakan 8 Hal Ini Pada Diri Sendiri Setiap Hariwatermark

TUNAIKU.COM – Uang memiliki dampak dalam setiap aspek kehidupan. Karena itu, sangatlah krusial untuk memahami dan mengetahui bujet bulanan agar keuangan aman dan stabil. Selain itu, memiliki tabungan juga sangat penting. Tapi, sering kali gaji terbang begitu saja. Kalau terus begini, kapan coba punya tabungan banyak untuk ke luar negeri atau beli rumah?

 

Nah, supaya keuangan kamu aman, tanyakan 8 pertanyaan berikut pada diri sendiri setiap hari. Hal ini bakal membantu kamu untuk mengevaluasi pengelolaan keuanganmu selama ini. Simak yuk!

 

1. Berapa bujet bulanan saya?

Bila kamu belum menerapkan hidup dengan bujet bulanan, maka lakukanlah dari sekarang. Saat ini banyak kok aplikasi yang membantu kamu untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. Misalnya, Daily Budget.

 

Di aplikasi itu, kamu bisa mencatat pengeluaran dan pendapatan per bulan, serta target tabungan dan pengeluaran harian. Hidup dengan bujet bakal menghindarkanmu dari gaya hidup boros.

 

2. Berapa jumlah utang dan bagaimana cara melunasinya?

Catatlah daftar utangmu, mulai cicilan rumah/kendaraan hingga kartu kredit. Temukan cara bagaimana melunasinya satu demi satu sesuai prioritas. Selalu ingatkan dirimu untuk membayar utang. Menunda membayar utang bisa bikin kamu terjerat utang dan bunga yang nggak bakal ada habis-habisnya.

 

Artikel Terkait: Mengelola keuangan umur 20an.

  1. Ini 6 Kesalahan Pekerja Pemula dalam Mengelola Keuangan
  2. Untuk yang Sudah Berumur 20-an, Wajib Memiliki 4 Jenis Asuransi Ini
  3. Aman Secara Finansial Sebelum Umur 27 Tahun? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Dari Sekarang!

 

3. Berapa skor kredit dan bagaimana cara meningkatkannya?

Credit score itu sangat penting. Karena itu, usahakan untuk selalu bisa mengetahui skormu lewat situs online yang terpercaya. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan pakar keuangan. Credit score menentukan kelayakanmu dalam mendapatkan asuransi, tingkat bunga, program KPR, serta hipotek rumah. Selain itu, credit score juga bakal menentukan kelayakanmu saat registrasi untuk mendapat kartu kredit, lho.

 

4. Apakah saya memiliki dana darurat di tabungan?

Memiliki dana tabungan sejumlah 3-6 kali pengeluaran bulanan berlaku wajib untuk setiap orang. Sayangnya, nggak semua orang memilikinya. Nah, supaya kamu nggak kewalahan, kumpulkan dana itu mulai dari sekarang. Dana ini bakal jadi penyelamatmu dalam situasi mendesak dan menghindarkanmu dari utang.

 

5. Kebiasaan buruk apa yang harus saya hilangkan?

Setiap orang punya kebiasaan buruk tersendiri menyangkut keuangan. Apakah itu suka belanja atau menghamburkannya untuk hobi. Sebenarnya nggak ada salahnya untuk menghadiahkan kerja kerasmu dengan sesuatu, asal nggak berlebihan. Kurangi atau hilangkan kebiasaan buruk ini sebisa mungkin agar keuanganmu sehat dan bugar.

 

6. Apa target menabung saya?

Memiliki target selalu bikin orang termotivasi. Hal yang sama berlaku dengan menabung. Rencanakan tujuan menabung, apakah itu sepatu yang sudah lama kamu incar atau trip ke Raja Ampat. Tabunglah jumlah lebih dari yang dibutuhkan. Di saat-saat tertentu, mungkin saja kamu butuh dana tambahan.

 

Artikel Terkait: Belajar tentang kartu kredit.

  1. 6 Cara Melunasi Utang Kartu Kredit yang Menumpuk di Usia 30-an!
  2. Kenali Ciri-Ciri Penggunaan Kartu Kredit yang Membahayakan Keuanganmu!
  3. Ingin Punya Kartu Kredit? Pahami Dulu 10 Hal Ini

 

7. Bagaimana cara menambah penghasilan?

Hal ini mungkin cukup sulit untuk kamu lakukan. Sebab, bila ingin mendapat penghasilan tambahan, maka kamu harus bekerja lebih banyak dan menghabiskan waktu luangmu untuk mencari uang. Namun begitu, bersikaplah terbuka untuk semua pilihan. Mungkin kamu bisa meminta promosi atau kenaikan gaji di kantor? Ataupun membuka atau ekspansi bisnis? Atau mungkinkah ini saatnya untuk perubahan karir?

 

8. Apa yang ingin saya lakukan dalam setahun mendatang?

Setiap tahun kamu pasti mengevaluasi keuanganmu. Pada Desember 2018 pun kamu bakal melakukan hal yang sama. Nah, sangat penting buatmu untuk melakukan resolusi keuangan setiap pergantian tahun. Hal ini penting agar keuanganmu membaik. Tanyakanlah pada dirimu hal seperti: target membayar utang, berapa jumlah tabungan yang kamu inginkan, apa investasi yang harus kamu coba, dan sebagainya.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dna cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, pertanyaan soal keuangan

 

 

 

 

Menanyakan pertanyaan itu pada diri sendiri bakal menjadikanmu menjadi seorang yang kritis dan menuntunmu kepada stabilitas keuangan. Mulailah dengan 8 pertanyaan di atas. Percayalah, kamu bakal merasakan perbedaannya saat evaluasi keuangan Desember nanti!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett