Setelah menikah, penting untuk memikirkan akan tinggal di mana. Ada beberapa keadaan yang mengharuskanmu untuk mengontrak rumah. Misalnya, mengontrak karena sedang menunggu rumah selesai dibangun atau sembari menabung sebelum mengambil KPR. Namun, kamu juga harus pandai bagaimana cara hemat hidup mengontrak.

 

Ketika memutuskan untuk mengontrak rumah, artinya harus membuat pengaturan keuangan khusus. Sebab, hidup mengontrak bisa membuatmu jadi boros dan pengeluaran pun membengkak. Oleh karena itu, yuk ikuti cara hemat hidup mengontrak ini.

 

Cara Hemat Hidup Mengontrak

Dengan mengontrak rumah, pengeluaran rutin bulanan atau tahunan jadi bertambah. Sebelumnya, kenali dulu jenis biaya apa saja yang harus dikeluarkan saat mengontrak rumah.

 

 

1. Biaya sewa

 

Umumnya, biaya sewa berlaku bulanan atau tahunan. Kamu bisa mempertimbangkan lebih baik membayar sewa bulanan atau tahunan. Jika kamu dan pasangan mempunyai rencana untuk tinggal lama, sebaiknya mengambil biaya sewa tahunan.

 

Namun, jika hanya tinggal untuk sementara, mengontrak bulanan lebih efektif. Bisa juga kamu mencoba membayar bulanan terlebih dahulu, sekaligus beradaptasi. Jika cocok, bisa ditingkatkan jadi tahunan.

 

Jika memutuskan untuk membayar biaya sewa tahunan, butuh dalam jumlah besar. Kamu bisa menggunakan uang tabungan untuk membayarnya. Namun, hindari membayar sewa rumah memakai uang darurat.

 

Dengan membayar tahunan, kamu punya waktu untuk menabung sebelum membayar di tahun berikutnya. Perencanaan keuanganmu jadi terasa lebih mudah karena cukup membayar sekali setahun. Kemungkinan untuk ada kenaikan biaya sewa di tahun yang sama juga sangat kecil.

 

Berbeda halnya dengan membayar sewa bulanan. Kamu harus menyisihkan sejumlah pengeluaran setiap bulannya. Kemungkinan biaya sewa naik juga ada, sehingga kamu harus mempersiapkan kemungkinan ini dalam financial plan.

 

 

2. Biaya utilitas

 

Seperti biaya listrik dan air. Sebab, biaya-biaya ini dibebankan kepada penyewa. Kamu harus memasukkan biaya untuk membayar kebutuhan rumah ini ke dalam budget bulanan.

 

 

3. Biaya renovasi

 

Kadang, rumah yang disewa membutuhkan renovasi agar sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan kondisi rumah sebelum membuat perjanjian sewa. Hindari rumah yang butuh banyak renovasi karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.

 

Baca juga:

Sulit Bayar Tunggakan KPR? Ini 4 hal yang Bisa Kamu Lakukan

6 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Agar Cicilan KPR Cepat Lunas

 

Tips cara hidup hemat saat mengontrak

 

 

Untuk kamu yang memutuskan mengontrak rumah setelah menikah, yuk lakukan cara berikut ini agar lebih hemat.

 

1. Bijak pilih lokasi

 

Salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan saat mengontrak rumah adalah lokasi. Dengan memilih rumah yang memiliki jarak tidak terlalu jauh dari kantor bisa menghemat biaya transportasi.

 

Selain itu, pilih lokasi rumah yang memudahkanmu dalam menggunakan transportasi publik. Misalnya dekat stasiun KRL, MRT atau halte bus. Pilihan ini juga akan membantumu dalam menghemat.

 

 

2. Cek kondisi rumah

 

Tidak semua rumah kontrakan bisa langsung ditinggali. Kadang, dibutuhkan renovasi agar bisa memenuhi semua kebutuhanmu.

 

Jika rumah kontrakan butuh renovasi, buat perjanjian dengan pemilik tentang siapa yang harus membayar. Selain itu, cek juga kondisi rumah. Jika butuh renovasi besar, sebaiknya cari rumah lain karena butuh biaya yang tidak sedikit.

 

 

3. Masak sendiri

 

Salah satu pos keuangan yang jumlahnya lumayan besar yaitu uang makan. Salah satu cara hidup hemat saat mengontrak bisa dengan memasak sendiri. Tentunya akan lebih hemat ketimbang membeli makanan setiap hari.

 

Kamu bisa berbelanja mingguan untuk lebih hemat karena membeli dalam jumlah banyak. Buat meal plan yang kreatif agar tidak bosan dengan menu yang sama setiap harinya. Sesekali, kamu juga bisa membawa bekal makan siang agar lebih hemat.

 

 

4. Sewa rumah fully furnished

 

Mengisi rumah dengan furniture lengkap juga memakan biaya yang tidak sedikit. Kamu bisa mengakali dengan memilih rumah yang menawarkan furniture lengkap. Jadi nggak perlu keluar uang lebih untuk membeli perabotan untuk mengisi rumah.

 

Menyewa rumah dengan furniture lengkap biasanya akan lebih mahal dibanding rumah kosong. Namun, kamu tidak perlu membeli perabotan dan ini bisa membuatmu lebih hemat dalam jangka panjang. Kamu juga akan dipermudah jika harus pindah, karena tidak perlu membawa serta perabotan.

 

Baca juga:

Produk Kredit Dana Renovasi Ruangan dan Cara Mengajukannya

Pilih Rumah atau Apartemen, Apa Keunggulan dan Kekurangannya?

KPR Syariah, Pengertian, Syarat, dan Tahap Mengajukannya

 

 

5. Pilih rumah sesuai kebutuhan

 

Bagi pasangan baru menikah, kebutuhan akan rumah belum begitu banyak. Sehingga kamu bisa memilih rumah yang tidak begitu besar karena harga sewa cenderung lebih murah.

 

Buat daftar kebutuhanmu dan pasangan sebelum mencari rumah untuk dikontrak. Dengan begitu, bisa membantumu dalam mencari rumah yang pas.

 

 

6. Lebihkan dari biaya sewa

 

Ketika menyimpan uang untuk membayar biaya sewa, jangan pas-pasan. Kamu bisa melebihkan dan menjadikannya sebagai dana cadangan yang diperuntukkan khusus bagi keperluan rumah.

 

Misalnya, untuk biaya sewa Rp3 juta per bulan, kamu bisa menyisihkan sekitar Rp3.5 juta dan sisa Rp500 ribu ini berguna untuk keperluan dadakan. Jadi kamu tidak perlu mengambil dari tabungan atau dana darurat di saat mendesak.

 

Bagi pasangan baru, hidup mengontrak bisa menjadi pilihan yang bijak. Meski pengeluaran bertambah, bukan berarti jadi boros. Kamu bisa menerapkan cara hemat saat hidup mengontrak agar pengeluaran tetap stabil dan terkendali.