SWARA – Dalam menghadapi penyebaran virus corona, pemerintah sudah melakukan upaya penanggulangannya. Seperti yang sedang viral belakangan ini, ada beberapa kota yang sudah di-lockdown yang diawali dengan kebijakan social distancing.

 

 

Dalam pemutusan rantai persebaran virus corona ini, setiap pribadi punya peranan yang sangat penting. Caranya tentu saja dengan benar-benar mematuhi social distancing itu sendiri. Caranya adalah kita menghindari yang namanya berhubungan dengan orang atau pergi ke tempat umum kalau nggak penting-penting amat. Kita hanya bisa #DiRumahAja sampai waktu yang ditentukan. Jadi, jangan malah pergi liburan jika sudah diliburkan.

 

Artikel Terkait: Hal-hal yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Covid 19

  1. Mengenali Pneumonia Biasa vs Pneumonia Virus Covid 19
  2. Banyak Negara Berlakukan Lockdown, Bentengi Keuangan dengan 6 Cara Ini di Masa Krisis!
  3. Cegah Virus Corona, Konsumsi 5 Makanan Penambah Imun Tubuh Ini!

 

Selain mematuhi upaya-upaya di atas, ada yang bisa kamu lakukan. Jika menunjukkan salah satu gejala covid 19, kamu bisa mengarantina diri di rumah sampai penyakitmu sembuh. Untuk itu, ini dia beberapa hal yang harus kamu persiapkan!

 

1. Jaga jarak dengan orang rumah

Untuk sementara waktu, ada baiknya buat kamu menjaga jarak dengan orang terdekat. Walaupun harus mengobrol atau berpapasan, usahakan berjarak minimal 1 meter. Akan lebih baik lagi kalau kamu berada di ruang terpisah dengan keluarga. Setidaknyanya ini dilakukan sampai gejala ini sirna.

 

2. Pisahkan perlengkapan makanan

Selain menjaga jarak, ada baiknya buat kamu untuk nggak melakukan kontak perlengkapan dengan yang lain. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membedakan perlengkapan makan yang kamu gunakan dengan yang digunakan keluarga.

 

3. Gunakan masker

Penggunaan masker sebenarnya nggak perlu-perlu amat. Namun, penggunaan ini menjadi kewajiban buat kamu yang sakit. Gunakan selalu masker walau di dalam rumah. Jadi, jika kamu bersin nggak menyebarkan virus dan kuman di rumah.

 

4. Cukupi angka kebutuhan gizi

Dengan kekebalan tubuh yang baik, kamu bisa melawan berbagai penyakit. Tubuhmu pun dengan sendirinya bisa membentengi diri dari yang namanya virus-virus seperti corona ini. Jadi, pastikan kamu memiliki stok kebutuhan pangan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dan gizi. Perbanyak konsumsi vitamin dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih hangat.

 

Artikel Terkait: Konsumsi Makanan Menyehatkan di Bawah Ini

  1. Konsumsi 7 Makanan ini untuk Meningkatkan Kosentrasimu Saat Beraktivitas
  2. Bunda, Coba 3 Resep Bekal Sekolah Sehat untuk Anak Ini, Yuk!
  3. 7 Olahan Telur untuk Sarapan Keluarga yang Praktis dan Lezat

 

5. Gunakan cairan desinfektan

Sudah jadi pengetahuan umum kalau tangan itu merupakan sumber penyebaran virus, kuman, dan penyakit. Hal ini karena tangan kita menjabat tangan banyak orang dan menyentuh berbagai benda sehari-hari yang tentu nggak higienis. Kamu nggak ingin, menyebarkan penyakit lewat tanganmu. Untuk itu, kamu harus membunuh kuman itu dengan cairan disinfektan. Sering-seringlah cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

 

6. Hubungi fasilitas terdekat

Hal yang nggak boleh kamu lupakan adalah bahwa kamu harus mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat. Begitu kamu curiga, ada baiknya langsung mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan penanggulangan pertama.

 

Itu dia yang harus kamu persiapkan saat mengarantina diri di rumah. Lindungilah nggak hanya diri sendiri, tapi juga orang tersayang dan lingkungan sekitar. Mengarantina diri sendiri inilah salah satu caranya.