SWARA – Sampai saat ini kamu mungkin mengenal uang sebagai alat pembayaran saja. Akan tetapi, uang ternyata menyimpan banyak cerita yang menarik untuk disimak. Contohnya adalah mitos tertentu yang secara mengejutkan dan dipercaya oleh banyak orang. Berikut adalah tujuh mitos soal keuangan di seluruh dunia.

 

1. Letakkan koin di mata jenazah

Kepercayaan ini awalnya dipegang oleh masyarakat Yunani. Koin diletakkan di atas mata di bawah lidah jenazah. Praktik ini disebabkan karena masyarakat Yunani percaya bahwa manusia yang mati harus membayar kepada Charon, pendayung perahu di Sungai Styx, yang akan mengantar mereka ke tempat peristirahatan terakhir. Konon, bila tidak ada koin yang menyertai jenazah, arwah akan terjebak abadi di Sungai Styx. Selain itu, keluarga jenazah juga bakal menerima hukuman dari para dewa.

 

2. Kantongi uang di saku kanan

Saat kamu membeli baju baru dan hendak memakainya untuk pertama kalinya ke luar maka kamu wajib untuk mengantongi uang di saku kanan kamu. Kepercayaan ini dipegang oleh orang-orang Singapura, yang asalnya dari Inggris saat menjajah negeri jiran itu. Konon, uang itu akan menarik lebih banyak uang dan menambah rezeki kamu.

 

Artikel Terkait: Mengatur keuangan saat belanja dan hari raya.

  1. 5 Cara Mengatur Keuangan Keluarga Menjelang Lebaran
  2. Ikuti 7 Langkah Hemat Belanja Lebaran Tanpa Bikin Kantong Bolong
  3. Atur Belanja Baju Lebaran Lebih Hemat dengan Cara Ini

 

3. Jangan bersiul di dalam rumah

Mitos ini berasal dari Eropa bagian timur, akan tetapi dipercaya juga sebagian masyarakat Asia. Konon, bila kamu bersiul di dalam rumah maka kamu mengundang aura negatif yang dapat mengganggu ketentraman rumah dan penghuninya. Apakah itu dari roh jahat, pencuri, atau hal-hal buruk lainnya. Aura supernatural bisa berkonspirasi dan merontokkan kesejahteraanmu. Jadi, lebih baik kalau mau bersiul di luar rumah saja ya.

 

4. Jangan pernah meletakkan uang di lantai

Mitos ini berasal dari kepercayaan tua Feng Shui, yang menganjurkan para pedagang agar tidak meletakkan uang di lantai rumah mereka. Sebab, praktik ini bisa mengakibatkan uang/rezeki kamu berterbangan lalu hilang dibawa angin. Dulu bahkan ada pedagang yang nggak mau meletakkan tas di lantai. Sebenarnya kalau dipikir-pikir secara logis, menaruh uang di lantai juga bakal bikin uang kamu gampang dicuri.

 

5. Pelihara money plant

Tanaman ini benar-benar bernama money plant dengan nama Latin Pachira Aquatica. Mitos yang banyak dipercaya oleh masyarakat Taiwan dan Singapura ini menganjurkan supaya kamu memelihara money plant di rumah atau ruko atau tempat bisnis kamu untuk menarik rezeki. Tapi kamu juga harus hati-hati nih memeliharanya. Soalnya kalau tanamannya layu atau daunnya dipetik satu helai saja, bisa mendatangkan kerugian bisnis atau bikin kamu jatuh miskin.

 

6. Simpan uang dalam dompet dari kulit ular putih

Mitor yang berasal dari Jepang ini berasal dari kepercayaan lama. Konon, Dewi Kesejahteraan Jepang seringkali berwujud ular putih. Maka, bila kamu sering memberi sesajen pada ular putih, rezekimu bakal banyak dan bisnismu berjalan lancar. Namun, seiring perkembangan zaman, orang-orang di Jepang mengubah kebiasaan ini dengan menyimpan uang dalam dompet yang terbuat dari kulit ular putih. Kasihan juga ya ularnya.

 

7. Mengubur patung St. Joseph

Mitos ini sudah  berumur berabad-abad, tepatnya sejak abad ke-16, dan dipercaya banyak umat Katolik. Konon berawal ketika suster-suster Carmelite menghadapi kesulitan memperoleh tanah untuk membangun biara. Pimpinan mereka, yang bernama Suster Theresa, lalu meminta mereka untuk berdoa pada Santo Joseph. Tak lama kemudian permintaan mereka terkabul. Mereka memperoleh tanah dan bisa membangun biara. Memasuki zaman modern, mitos ini berubah bentuk. Orang-orang percaya bahwa mengubur patung Santo Joseph di depan rumah akan memperlancar proses penjualan properti.

 

Artikel Terkait: Tips berhemat.

  1. Ini Tips Jitu Agar Saham Non Blue Chip Bisa Menguntungkan
  2. Atur Keuangan dengan Aturan 50/20/30 Agar Tidak Kehabisan Uang di Akhir Bulan
  3. 6 Kiat Jitu Pangkas Pengeluaran Bulanan yang Gampang Dilakukan

 

Itulah beberapa mitos yang terkait dengan uang. Percaya atau nggak percaya, sebagian orang masih memegang teguh dan mempraktikkannya. Apakah komunitasmu juga punya kepercayaan tertentu soal uang?