SWARA – Ramadhan tinggal menghitung hari lagi. Percaya atau nggak, waktu pun jadi lebih cepat berlalu. Rasanya baru saja melewati minggu pertama puasa, eh tahu-tahu sudah menjelang lebaran saja.

 

Beberapa hari sebelum lebaran biasanya kegiatan di rumah jadi padat. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan seperti kebersihan rumah, makanan, dan lain sebagainya. Tentu bukan perkara mudah ya, mengingat jelang lebaran ART akan pulang kampung. Artinya, kamu harus menyiapkan segala sesuatu tanpa dibantu asisten rumah tangga. Jadi mau nggak mau harus mandiri, nih.

 

Artikel terkait: Buat kamu yang merayakan Ramadhan, baca ini!

  1. 7 Tips Hemat Ala Anak Kosan Saat Hadapi Bulan Puasa
  2. Di Tengah Tumpukan Pekerjaan, Para Perempuan Karier tetap Melakukan 5 Hal Ini untuk Keluarganya Selama Bulan Puasa
  3. Hindari Kebiasaan yang Bikin Boros Saat Bulan Puasa ini, Yuk!

 

Untuk mengatasi keadaan ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiasatinya bersama anggota keluarga. Jadi kamu nggak perlu khawatir kalau ditinggal ART ke kampung, ya!

 

1. Jaga kebersihan

Ya sebenarnya ada ART pun, kamu harus tetap menjaga kebersihan, ya! Namun, selama nggak ada ART di rumah, usahakan selalu menjaga kebersihan. Mintalah juga semua anggota keluarga untuk turut menjaga kebersihan, terutama kamu yang memiliki anak kecil. Masuk ke rumah harus cuci kaki, membersihkan kaki pada keset, nggak bawa mainan kotor ke dalam rumah, dan lain sebagainya. Dengan sama-sama menjaga kebersihan, energi untuk bersih-bersih rumah pun bisa diminimalkan. Jadi kamu bisa fokus mengerjakan pekerjaan lain.

 

2. Lebih disiplin pada kerapian

Selain kebersihan, yang harus dijaga adalah kerapian. Mintalah semua anggota keluarga juga untuk sama-sama menjaga kerapian. Sebagai contoh, meletakkan kembali barang di tempat semula, mengambil pakaian di almari tanpa membuatnya berantakan, dan lain sebagainya.

 

3. Gotong royong keluarga

Cara terbaik agar nggak repot selama ditinggal ART adalah melakukan pembagian tugas terhadap semua anggota keluarga. Pastikan semua anggota keluarga mendapatkan pembagian tugas di rumah sesuai dengan porsinya. Sebagai contoh, ibu memasak, anak perempuan mencuci piring, anak yang lain menjemur pakaian, ayah bersih-bersih rumah, dan lain sebagainya.

 

4. Susun jadwal dari pagi

Agar pembagian tugasmu berjalan teratur, tulislah jobdesk anggota keluarga dalam selembar kertas dan tempelkan pada kulkas. Selanjutnya, buatlah jadwal di mana semua pekerjaan itu harus dilakukan. Sebagai contoh, setiap pagi pukul 4.30 WIB pekerjaan sudah mulai dikerjakan. Lalu menyusul jadwal lain ketika sore jam 17.00 WIB dan lain sebagainya.

 

5. Masak makanan simpel

Agar nggak repot makan selama ART pulang kampung, sebenarnya kamu bisa beli makanan matang. Namun, nggak mungkin juga kan, tiap hari kamu delivery, yang ada bisa-bisa boros. Kamu tetap bisa masak sendiri, kok. Caranya adalah dengan memilih menu-menu makanan yang cara memasaknya simpel dan nggak membutuhkan waktu yang lama. Tapi ingat, minimalkan memasak makanan instan dan tetap utamakan makanan yang mengandung vitamin dang gizi yang tinggi, ya!

 

Artikel terkait: Makanan sehat yang sebaiknya kamu masak

  1. Nggak Harus Mahal, Lakukan Ini Untuk Bisa Makan Makanan Sehat dengan Bujet Minim
  2. Hidup Sehat, Yuk Sediakan Selalu Makanan Ini di Rumah!
  3. 7 Jenis Keju yang Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

 

Itu dia tips agar kamu nggak repot selama jelang lebaran tiba. Sekarang kamu nggak perlu panik dan bingung lagi, ya, kalau nggak ada ART di rumah.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


TRI PUSPITASARITRI PUSPITASARI