SWARA – Dalam dunia psikologis, kita mengenal adanya istilah ekstrovert dan introvert. Ekstrovert adalah tipe kepribadian yang menyukai interaksi dengan dunia luar, sedangkan introvert adalah tipe kepribadian yang lebih menyukai berinteraksi dengan sedikit orang tapi memiliki makna yang dalam. Keduanya merupakan sifat yang bertolak belakang. Hal ini juga berimplikasi pada minat kerja dan kesuksesan yang berbeda.

 

Orang ektrovert biasanya pandai berkomunikasi dan sudah tentu punya banyak teman dan komunitas. Mereka adalah sosok yang pandai dalam berkomunikasi dan bernegosiasi. Dalam hal karier, mereka akan sukses menjadi marketing atau seorang pemimpin.

 

Artikel terkait: Tips menjadi orang sukses

  1. 7 Tips Sukses Bagi Introvert untuk Bergaul dan Beradaptasi
  2. 9 Tips Sukses Jadi Arsitek Profesional di Usia Muda
  3. 5 Tips Sukses Jadi Sales Agar Kebanjiran Konsumen dan Disukai

 

Lalu bagaimana dengan orang-orang introvert? Well, orang-orang introvert juga nggak kalah dengan orang ekstrovert sebenarnya. Tokoh-tokoh di bawah ini contohnya.

 

1. Mark Zuckerberg

Tentu kamu sudah nggak asing lagi dengan CEO Facebook satu ini. Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Mark sudah berada di tahap sukses melalui bidang yang ditekuninya. Padahal, dia adalah sosok pemimpin yang introvert, lho.

 

COO Facebook, Sheryl Sanberg bahkan mengatakan bahwa Mark itu sosok pemalu introvert yang nggak hangat dengan orang yang belum dikenal. Padahal, sebenarnya dia hangat. Meskipun dia nggak suka bergaul dengan keramaian orang, tapi Mark justru kolaboratif dan membangun hubungan alami hingga akhirnya menjadikannya sebagai pemimpin yang persuasif.

 

2. Bill Gates

Penemu Microsoft ini juga merupakan sosok yang introvert. Sebagai sosok yang introvert, Bill Gates menyukai dan sering menyendiri untuk mendapatkan fokus yang mendalam. Dengan pergi selama beberapa hari, dia bisa mencari inspirasi untuk memecahkan masalah yang rumit bahkan menyemangati diri sendiri.

 

3. Barack Obama

Saya adalah orang yang menyayangkan sosok ini nggak melanjutkan posisinya sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat. Tampaknya nggak hanya saya saja yang menyayangkannya, tapi banyak orang. Hal ini membuktikan bahwa meskipun berkepribadian introvert, Obama menjadi sosok pemimpin yang sukses.

 

Awalnya, Obama mendapatkan banyak kritik karena sikapnya yang terlalu cool, kurang ramah, dan suka jaga jarak dengan orang. Namun, sisi introvertnya tersebut memungkinkannya menjalin komunikasi yang bermutu. Sehingga sosok yang diajaknya bicara pasti terkesan hingga akan duduk tenang menyimaknya.

 

Artikel terkait: Beberapa hal yang bisa dicontoh dari publik figur

  1. Tips Sukses Presentasi Ala Steve Jobs
  2. 7 Tips Sukses dalam Mengembangkan Bisnis A La Victoria Beckham
  3. Yuk Ikuti 10 Tips Sukses dari Oprah Winfrey Ini!

 

4. Hillary Clinton

Sebagai sosok yang pernah menyalonkan diri sebagai presiden, tentu Hillary sering mendapatkan sorotan publik. Sorotan ini nggak hanya tentang penilaian positif terhadap dirinya, tapi juga penilaian negatif. Sosok introvert ini membuatnya lebih berhati-hati dalam menanggapi penilaian publik.

 

5. Marissa Mayer

Pemilik Yahoo ini juga sosok yang introvert. Dia merupakan sosok pemalu yang kurang nyaman berada dalam keramaian. Bahkan, dalam pesta yang diselenggarakan di rumahnya sendiri pun Marissa Mayer merasa malu dan kurang nyaman. Namun, dia mencoba untuk memaksakan diri dalam jangka waktu tertentu. Jadi, dia sendiri yang berusaha untuk mengalahkan rasa pemalu dan kecanggungannya. Apa yang terjadi? Dia akhirnya mendapatkan rasa nyaman.

 

Kamu termasuk sosok yang introvert? Well, kamu nggak perlu kurang percaya diri lagi, ya! Faktanya banyak sosok dunia yang tetap bisa sukses meskipun tergolong orang yang introvert.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


TRI PUSPITASARITRI PUSPITASARI