SWARA – Profesi sebagai arsitek lebih banyak bikin ngiler-nya daripada fakta usaha yang harus diperjuangkan. Akhirnya, kuliah arsitek pun jadi sasaran, meskipun enggak banyak yang betul-betul sukses karena kurang memahami konsepnya. Selalu ada jalan menuju sukses jadi arsitek. Di bawah ini, saya tampilkan perguruan tinggi terbaik yang memfasilitasinya.

 

Artikel terkait: Spesial untuk Kamu yang Ingin Belajar Secara Gratis

  1. Pengen Bisa Coding? Ini 6 Situs Kursus Online Tempat Belajar Coding Secara Gratis!
  2. Ingin Menambah Skill? Ikuti Kursus Gratis di 5 Situs Berikut
  3. Buat Nambah Ilmu, Kamu Bisa Ikutan Berbagai Kuliah Online Gratis Ini, Lho!

 

1. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Di ITS, jurusan Arsitekturnya berada di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Jurusan Arsitektur di ITS sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2011. Terdapat 3 program sekaligus, yakni S1, S2, maupun S3. Kiprahnya sudah nggak perlu diragukan lagi, sebab jurusan ini sudah ada sejak 15 September tahun 1965 yang lalu.

Di jurusan ini, sudah disediakan laboratorium dan studio yang khusus. Sebut saja Perumahan dan Permukiman, Komputasi Arsitektur, Sains Bangunan, dan lain-lain. Lokasinya berada di Keputih Sukolilo, Surabaya 60111. Biaya kuliahnya tergantung pendapatan ekonomi orang tua. Semakin rendah, semakin kecil. Biaya per semester yang paling besar adalah 7,5 juta.

 

2. Universitas Diponegoro (Undip)

Nama PTN ini sudah melambung sejak lama. Prestasi para mahasiswanya sudah menasional, bahkan sudah ke tataran internasional. Di Undip, jurusan Arsitektur selalu memiliki passing grade yang cukup tinggi. Tentu sejalan dengan akreditasi A yang diberikan oleh BAN-PT tahun 2013 lalu. Sesuai dengan SK No. 089/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015.

Alamat jurusan Arsitektur di Fakultas Teknik Undip berada di Jl. Prof. H. Soedarto, Tembalang, Kota Semarang, Jateng. Undip sudah memiliki laboratorium sendiri khusus untuk belajar. Program yang bisa diikuti mulai dari S1, S2, hingga S3 (doktoral). Biaya kuliahnya sekitar 25 juta Rupiah. Belum lain-lainnya.

 

3. Universitas Gajah Mada (UGM)

Nama UGM sudah amat familiar di telinga kita. Biaya kuliah Arsitektur UGM sekitar 28 juta Rupiah. Tentu sebanding dengan predikatnya yang sudah diakreditasi A dari BAN-PT. Program studi yang tersedia mulai dari jenjang sarjana, magister, sampai doktoral. Kiprahnya di sektor ini sudah dimulai sejak tahun 1962 lalu.

Alamat jurusan Arsitektur UGM berada di Jl. Grafika 2, Sinduadi, Mlati, Sleman, DIY. Peminat jurusan Arsitektur UGM sangat tinggi. Tercatat tahun lalu, passing grade UGM mencapai 53,1%. Jauh meninggalkan jurusan Agronomi maupun Biologi. Syarat utama agar bisa diterima, minimal kamu tahu komunikasi sintesis & keahlian merancang.

 

4. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Sejak tahun 1979, jurusan Arsitektur sudah cukup mewarnai PTN ini. Terdapat 2 studi pada jurusan ini, yakni Arsitektur dan Perencanaan Wilayah & Kota. Jurusan Arsitektur sudah mendapatkan akreditasi A lewat SK BAN-PT No. 280/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2014. Alamatnya berada di Jl. Ir. Sutami No. 36 A, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah.

Biaya kuliah jurusan Arsitektur UNS sekitar 29 juta Rupiah. Tergantung juga, apakah kamu nanti dapat tunjangan berupa Bidikmisi atau lainnya. Laboratorium khusus untuk jurusan ini cukup lengkap. Mulai dari Laboratorium Perancangan, Laboratorium Struktur, Laboratorium Sejarah Arsitektur, dan lain-lain. Masing-masing memiliki pengampunya.

 

Artikel terkait: Perlu Dana untuk Pendidikan?

  1. Bingung Dapatkan Dana Pendidikan? Ini 5 Solusinya!
  2. Butuh Dana Untuk Masuk Kuliah? Ajukan Pinjaman ke Tunaiku!
  3. Inilah Keuntungan Menggunakan Tunaiku Ketika Belajar di Hacktiv8!

5. Universitas Indonesia (UI)

Jurusan Arsitektur di UI juga jadi salah satu yang difavoritkan. Kiprahnya sudah dimulai sejak tahun 1965 yang lalu. Alamat jurusan ini berada di Jl. Kampus UI, Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat. Biaya kuliahnya sekitar 25 sampai 40 juta Rupiah. Tergantung kemampuan finansial keluarga juga dan kemungkinan potongan biaya akibat tunjangan lain.

Biar kuliah arsitek di perguruan tinggi terbaik di atas enggak sia-sia, belajarlah dengan sungguh-sungguh. Dunia kerja itu cukup keras. Hanya orang yang berkemauan keras dan memiliki kompetensi di atas rata-rata yang bisa sukses. Apa pun itu, jagalah sikapmu. Baik pada waktu belum lulus maupun ketika sudah memasuki dunia kerja.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


TUNAIKUSWARA TUNAI