Beranda > Karier Sukses > Bingung Dapatkan Dana Pendidikan? Ini 5 Solusinya!

Bingung Dapatkan Dana Pendidikan? Ini 5 Solusinya!

Bingung Dapatkan Dana Pendidikan? Ini 5 Solusinya!watermark

Bukan rahasia lagi kalau biaya pendidikan di Indonesia tergolong mahal, terutama perguruan tinggi. Belum lagi harga sarana prasarana penunjangnya, seperti buku, yang mencekik leher. Membuat pendidikan menjadi barang mewah yang hanya bisa diakses sebagian orang saja. Padahal, pendidikan merupakan faktor penting untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang baik. Maklum, ijazah pendidikan formal masih menjadi patokan di bursa kerja negara ini.

 

Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tetapi kebetulan tidak memiliki ketersediaan dana, jangan pesimis dulu! Banyak kok cara untuk mencapai keinginanmu tersebut! Bahkan ada 5 solusi cepat dapatkan dana pendidikan seperti dijelaskan di bawah ini:

 

1. Dapatkan beasiswa

Beberapa lembaga charity (amal) atau pemerintah sering memberikan bantuan biaya pendidikan untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Tentu saja setelah mereka memenuhi sejumlah persyaratan, termasuk nilai akademis yang memadai. Karena beasiswa ini bersifat gratis, jangan heran kalau peminatnya banyak. Anda harus memiliki semangat bersaing. Rahasia untuk mendapatkan beasiswa sebenarnya cukup sederhana. Selain memiliki prestasi akademis yang gemilang, Anda juga harus membuat sejumlah essay keren dan mendapatkan rekomendasi yang oke.

 

2. Meminjam dana pada keluarga

Keluarga merupakan tempat meminjam dana cepat, bahkan tidak memiliki persyaratan apa-apa melainkan rasa percaya. Keuntungan lainnya? Yup, meminjam dana pada keluarga tidak diberatkan oleh bunga, karena rasa persaudaraan yang kental. Tetapi jangan lupa selalu mengembalikan dana pinjaman tepat waktu. Jangan sampai persaudaraan retak karena lalai untuk mengembalikannya.

 

3. Jual aset pribadi

Tidak suka meminjam? Tenang, masih ada jalan alternatif lain. Kalau punya mobil, motor, perhiasan atau barang pribadi yang bernilai tinggi, Anda bisa menjual barang-barang tersebut untuk biaya pendidikan. Jangan khawatir, begitu selesai sekolah dan mendapatkan pekerjaan, Anda akan bisa membeli kembali barang-barang itu. Tidak ada salahnya mengorbankan asetmu demi masa depan yang lebih cerah.

 

4. Menggadaikan barang berharga

Tidak mau menjual atau kehilangan barang kesayangan untuk biaya pendidikan? Mungkin kamu  bisa mencoba cara lain untuk mendapatkan uang, yaitu menggadaikan barang berharga ke rumah gadai yang banyak terdapat di Indonesia. Cukup membawa agunan barang berharga ke pegadaian untuk ditaksir harganya. Kurang dari 30 menit, Anda bisa mengantongi sejumlah uang. Tetapi ingat, jangan lupa membayar pinjaman tersebut tepat pada waktunya supaya agunanmu tidak disita.

 

5. Meminjam di lembaga keuangan online

Cara lain yang tergolong baru dan layak dicoba adalah meminjam sejumlah uang pada lembaga keuangan online yang memberikan fasilitas pinjaman untuk dana pendidikan. Anda bisa mencari bantuan pinjaman yang memiliki bunga rendah, cicilan terjangkau dan juga tenor yang tidak memberatkan. Fasilitas online ini akan menguntungkan, karena selain prosesnya cepat dan dananya langsung cair, pinjaman tersebut tidak membutuhkan agunan dan prosesnya tidak terlalu berbelit.

 

Salah satu pinjaman online yang mungkin bisa Anda coba adalah Tunaiku. Anda hanya perlu mengunjungi website Tunaiku untuk mendapatkan informasi soal pinjaman online pendidikan beserta persyaratannya. Biasanya pinjaman tersebut tidak membutuhkan agunan, lho. Banyak jalan menuju Roma, begitu juga dengan mencari solusi cepat dapatkan dana pendidikan. Jangan sampai hanya karena masalah biaya, cita-citamu kandas di tengah jalan.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett