SWARA – Si Sulung bertanya, “Ma, menurut Mama apa saja sih jenjang pendidikan di Indonesia sewaktu kuliah?”

 

Pertanyaan yang polos, bukan? Maklum, dia memang jarang bergaul. Akhirnya saya jawab sebisa saya. Tidak muluk-muluk. Asalkan dia memahami apa yang saya bicarakan. Berdasarkan pengetahuan saya, inilah jenjang pendidikan sewaktu kuliah.

 

Artikel Terkait: Mau Lanjut S2? Cek Dulu Biayanya!

  1. Lanjut S2 Hukum di Universitas Swasta di Indonesia? Ini Rincian Biayanya
  2. Biaya Kuliah S2 Hukum di Universitas Negeri Indonesia, Ini Rincian Dananya
  3. Sambil Kerja Lanjut Kuliah di Universitas Negeri, Ini Rincian Biayanya

1. Diploma 1 (D1)

Durasi waktu yang dihabiskan untuk menempuh pendidikan ini hanya 1 tahun atau 2 semester. Kamu tidak perlu terlalu lama mengendap di perguruan tinggi. Dibanding pengajaran secara teori, pengajaran secara praktik lebih banyak. Potensi lulusan D1 di dunia kerja juga cukup mumpuni. Hanya saja kamu wajib punya keterampilan yang tinggi.

 

2. Diploma 2 (D2)

Setingkat lebih tinggi, durasi untuk jenjang pendidikan D2 hanya 2 tahun. Jumlah SKS yang diajarkan 2 kali lipat dari D1, yaitu 64. Sama seperti D1, bekal keterampilan lebih banyak diberikan daripada bekal secara teori. Namun, sampai sekarang belum banyak yang meminati jenjang pendidikan ini.

 

3. Diploma 3 (D3)

Durasi untuk menepuh pendidikan ini selama 4 tahun penuh dengan 112  SKS. Saat ini banyak perguruan tinggi yang membuka selebar-lebarnya untuk calon mahasiswa yang mau melanjutkan pendidikan ke D3. Sebagai contoh tenaga bidan. Mayoritas title pendidikan mereka adalah D3. Soalnya ditempuh lewat akademi yang memiliki tugas khusus.

 

4. Diploma 4 (D4)

Durasi pendidikan Diploma 4 sama dengan jenjang pendidikan S1. Hanya saja, secara bentuk pengajaran, mahasiswa D4 lebih banyak praktik daripada teorinya. Alasan utamanya karena langsung diarahkan menjadi tenaga kerja. Bahkan sebelum lulus pun pihak perguruan tinggi sudah menyiapkan mahasiswanya untuk ditempatkan tugas sesuai dengan lowongan.

 

survey swara tunaiku

 

5. Strata 1 (S1)

Jenjang pendidikan di Indonesia, khususnya untuk S1, bisa ditempuh selama 4-6 tahun. Apa yang banyak diajarkan itu berupa teoritis. Bukan hal-hal yang bersifat praktik seperiti jenjang Diploma. Tujuannya agar mampu membuat para mahasiswanya sanggup berpikir sistematis dan mengedepankan pola pikir berdasarkan logika.

 

Pada umumnya, lulusan S1 lebih sering mendapatkan pekerjaan yang memiliki tingkat taktis tersendiri. Bukan semata-mata strategis seperti yang dialami oleh jenjang pendidikan di atasnya lagi. Meskipun begitu, S1 sudah dianggap cukup sebagai persyaratan melamar kerja ke perusahaan yang terkenal. Tanpa harus merangkak dari posisi terbawah.

 

6. Strata 2 (S2)

Sebetulnya hampir sama dengan S1. Hanya saja jenjang pendidikan S2 atau Magister, apa yang dipelajari lebih mendalam. Para mahasiswanya diberi kebebasan untuk mengembangkan metode secara spesifik. Persoalan yang dihadapi tentu lebih luas lagi. Soalnya menyesuaikan dengan tingkat kedalaman ajaran yang diberikan.

 

Gaji para pekerja yang menempuh jenjang pendidikan S2 tentu lebih tinggi daripada S1. Posisinya juga bisa lebih tinggi hanya dengan sekali pukul. Sedangkan durasi tempuh pendidikan lebih singkat. Tidak sampai harus lebih dari 4 atau 6 tahun seperti yang dialami oleh mahasiswa Strata 1. Banyak program beasiswa untuk kuliah S2 gratis kalau kamu mau.

 

Artikel Terkait: Sejumlah Pertimbangan Sebelum Melanjutkan Kuliah S2

  1. 5 Alasan yang Salah Ketika Kamu Memutuskan untuk Lanjut S2
  2. Hal-hal yang Menjadi Pertimbangan Wanita untuk Melanjutkan Kuliah S2 Setelah Menikah
  3. Perhatikan 7 Pertimbangan Ini Sebelum Lanjut Kuliah S2

 

7. Strata 3 (S3)

Jenjang pendidikan ini lebih sering disebut dengan predikat Doktoral. Setiap dosen yang ada di PTN itu rata-rata mengenyam pendidikan hingga S3. Lulusan S3 diberi gelar Doktor. Tugasnya adalah untuk terus memacu diri dalam sebuah penelitian agar menemukan solusi atas permasalahan yang melanda negeri ini. Khususnya untuk bidang yang sama.

 

Setiap jenjang pendidikan di Indonesia memiliki keunggulan masing-masing. Tidak ada yang berbeda kalau kita menilainya dari segi manfaat. Saling melengkapi. Saya sendiri merupakan lulusan Diploma 3. Sampai sekarang nyaman-nyaman saja berprofesi sebagai bidan. Setelah mendengar penjelasan singkat saya, akhirnya si Sulung mengerti.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

 

 

 


SWARA TUNAIKU   SWARA