SWARA – Kantor yang nyaman dan menyenangkan dijamin pasti akan membuat karyawan lebih betah dan produktif dalam bekerja. Mood yang baik pun akan selalu datang, meskipun tuntutan kerja semakin bertambah setiap harinya. Nah, kalau sudah begitu,  ide-ide kreatif nan brilian pun juga mudah hinggap di pikiran karyawan.

 

Supaya kantor lebih menyenangkan, para HRD bisa melakukan hal-hal menarik yang bisa diterapkan agar karyawan merasa betah dan nyaman berada di kantor. Bosan kan, setiap hari datang ke kantor, lalu yang bisa dilihat hanya komputer dan tumpukan pekerjaan.

 

Oleh karena itu, coba deh, menerapkan hal-hal menarik di bawah ini. Siapa tahu bisa bantu kamu dan karyawan lain lebih semangat datang ke kantor.

 

Artikel Terkait: Tips Menambah Motivasi Kerja Supaya Lebih Produktif

  1. Para HRD, Selain Bonus, Cara Ini Juga Bisa Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan
  2. Film-film yang Akan Membangkitkan Semangat Kerjamu Kembali
  3. Tips Supaya Meja Kantor Tetap Membuatmu Produktif Bekerja

1. Letakkan hiasan di meja kantormu dan hindari partisi di meja

Meletakkan hiasan meja seperti pot bunga, boneka, foto keluarga atau teman, bisa bikin mejamu terlihat lebih menyenangkan, lho. Pajangan-pajangan itu juga bisa jadi pengalih suntukmu ketika bekerja.

 

Oh ya, jika memungkinkan, hindari ada partisi di meja kerja. Memang sih, partisi bisa membuat kubikel lebih privat, tapi partisi juga bisa menghambat saat kamu ingin berkomunikasi dengan rekan kerja lain. Adanya pasrtisi juga akan membuat karyawan mudah merasa bosan ketika bekerja.

 

2. Sediakan area makan

Area makan seringkali terlewatkan oleh pihak kantor. Alasannya, karyawan bisa makan di luar atau jika tidak memungkinkan, mereka bisa makan di meja kerjanya masing-masing.

 

Namun, makan di meja kerja, ternyata bisa menyebabkan banyak efek negatif, lho, untuk para karyawan. Dari mulai tingkat stres yang bertambah, hingga masalah kesehatan, seperti badan pegal-pegal.

 

Oh ya, makan di meja kerja juga bisa membuat karyawan tidak mau membaur satu sama lain. Oleh karena itu, sediakan area makan ya, agar saat makan siang, karyawan bisa saling tegur sapa, kebersamaan pun terjaga.

 

3. Aturan pakaian

“Kalau pergi ke kantor itu harus berkemeja dan memakai bawahan berbahan kain supaya lebih formal. Sepatu pun harus pantofel atau high heels bagi yang wanita.”

 

Pasti banyak yang pernah dengar atau mengalami aturan seperti itu. Aturan pakaian memang diperlukan agar karyawan tetap berpakaian yang sopan ke kantor. Namun, nggak ada salahnya, kok, berikan kesempatan untuk karyawanmu kebebasan dalam berpakaian. Biarpun hanya satu hari, tapi akan berdampak besar, lho, pada kinerja karyawan. Mereka akan merasa lebih bisa berekspresi dan nyaman dalam bekerja.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa ribet, amar bank indonesia

4. Area kosong

Area kosong yang dimaksud, bukan ruangan yang  benar-benar kosong, ya. Melainkan ruangan yang bisa digunakan karyawan jika mereka sedang bosan dan suntuk bekerja di meja kerjanya. Pasti kamu juga pernah mengalaminya, kan?

 

Nah, selain itu ruang kosong ini, juga bisa kamu manfaatkan untuk mengadakan rapat kecil dengan teman-teman satu divisi atau mungkin juga bisa digunakan sebagai ruang berolahraga. Senam-senam kecil atau yoga bersama teman-teman kantor bisa mulai dijadwalkan setiap minggu. Multifungsi, bukan?

 

Artikel Terkait: Tipe Karyawan Milenial dan Cara Mengelolanya

  1. QUIZ: Kamu Tipe Karyawan Millennials Seperti Apa, Sih?
  2. 5 Tipe Karyawan Milenial yang Biasanya Ada di Kantor
  3. 6 Tips Mengelola Karyawan Milenial di Lingkungan Kerja

5. Perpustakaan atau tempat rekreasi

Pasti akan sangat menyenangkan bila punya perpustakaan atau tempat rekreasi di kantormu. Ruangan yang berfungsi untuk melepas kebosanan saat bekerja ini, bisa diisi dengan beberapa permainan ringan, seperti ping-pong atau meja billyard. Untuk perpustakaan sendiri, kamu bisa mengisinya dengan berbagai macam buku atau majalah yang menghibur atau menambah pengetahuanmu.

 

Nah, itu dia ke 5 hal yang bisa kamu terapkan di kantormu. Sebagai HRD, tentunya adalah tanggung jawabmu untuk membuat karyawan dapat bekerja secara nyaman. Perusahaan pun akan semakin diuntungkan, jika semua karyawan betah dan semangat ketika bekerja di kantor.  

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 


NOBERTA JEANIENOBERTA JEANIE