Minggu, 3 Jul 2022

Perbanyak Self-love sebagai Bagian dari Rasa Bersyukur

Swara Kamu

Author

Salsabila Alifianissa Az-zahra

Sen, 13 Jun 2022

8:26 WIB

Post

Self love adalah sebuah cara agar kita bisa mencintai diri kita sendiri, bagaimana kita bisa menerima kekurangan diri dan bagaimana kita bisa bersyukur tentang apa yang telah Allah SWT berikan kepada hambanya.

 

Self love menjadi perbincangan yang hadir di tengah-tengah kita. Terlebih disaat pandemi seperti inisetiap orang lebih banyak membuka layar gadget, laptop, ipad dan lain semacamnya untuk mengerjakan tugas,WFH (Work From Home), sekedar hiburan atau dipakai dengan kegiatan belajar mengajar.

 

Sudah pasti salah satu dari kita juga menggunakan sosial media untuk bersosialisasi dan berkomunikasi kepada orang yang kita tuju.

 

Memang banyak manfaatnya dari sosial media jika tujuannya hanya seperti itu, tetapi tidak bisa dipungkiri dalam bersosial media banyak menjadikan influencer sebagai panutan dalam life style mereka, atau panutan mereka dalam berperilaku.

 

Jika tujuannya demikian maka itu masih dalam keadaan positif, tetapi pada saat kita muncul rasa tidak percaya diri, membandingkan diri dengan influencer tersebut harus seperti mereka, menuntut agar dirinya persis sama seperti influencer diluaran sana ini menjadi hal yang negatif.

 

Mengapa? Karena disaat kita sudah tidak percaya lagi dengan diri sendiri, tidak percaya akan kemampuan diri, maka self esteem pun akan menurun seiring berjalannya waktu.

 

Padahal telah kita ketahui bahwa Allah telah menciptakan kita dengan wujud sebaik-baiknya makhluk, seperti pada firman Allah SWT dalam QS. At-Tin :4

 

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْٓ اَحْسَنِ تَقْوِيْمٍۖ
َlaqad khalaqnal-insāna fī aḥsani taqwīm

 

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”.

 

Baca juga: Tips Bahagiakan Diri dengan ‘Self-Love’

 

Allah juga sudah memberikan akal dan logika yang sudah seharusnya kita pakai jika muncul rasa membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

 

Jika orang lain sempurna, mungkin itu hanya sedikit bagian dari hidup mereka yang terlihat didepan mata kita. Sebaliknya kita pun seperti demikian, barangkali kita di mata orang yang mengagumi kita itu sudah berada dalam versi terbaiknya dari diri ini.

 

Jadi bisa kita simpulkan bahwa setiap manusia itu sempurna, hanya saja jika ia lebih mensyukurinya maka tidak ada alasan lain untuk tidak mencintai diri sendiri.

 

Karena mencintai diri sendiri bagian dari bersyukur dan Allah SWT menyukai orang yang bersyukur, kita harus mencintai diri sendiri terlebih dahulu agar kita bisa mengetahui apa yang terbaik untuk diri kita sendiri.

 

Self love sejatinya memang diciptakan untuk kita lebih bersyukur dan seharusnya semua orang harus menerapkan self love sesegera mungkin.

 

Baca juga: SWARA KAMU: ‘Bye Insecure, Welcome Self-Love’, Kiat Sukses Mencintai Diri Sendiri

 

Sebagaimana kita yang kita ketahui bahwa Allah SWT sudah menciptakan kita dengan sebaik-baiknya, dengan makhluk ciptaan yang paling sempurna, maka dari itu kita harus bersyukur menerima kekurangan dari diri kita dan mencintai diri kita sendiri sebagaimana kita menghargai diri sebagai makhluk ciptaan Allah SWT

 

Tips lakukan self love

Self love pun juga banyak berbagai macam bentuk nya yaitu dengan cara:

 

1. Bersyukur setiap hari

Dalam hidup kita harus memperbanyak rasa syukur kita kepada Allah SWT, karena telah menciptakan kita sebagai makhluk yang paling sempurna dibandingkan makhluk yang lainnya, maka dari itu jangan lupa untuk self love.

 

2. Lakukan hal yang kamu sukai

Lakukanlah hal positif yang kamu sukai dan tentunya bisa bermanfaat bagi kamu, karena dengan kita melakukan hal positif kita akan lebih produktif menjalani kehidupan sehari-hari dengan penuh semangat.

 

3. Berilah diri mu self rewards

Self rewards ini merupakan hal penting karena ini hal yang kita apresiasi kepada diri kita sendiri setelah melakukan atau mengerjakan suatu hal, tujuannya supaya kita lebih menyayangi diri kita dan bisa lebih menghargai diri kita sendiri terhadap apa yang telah dilakukan.

 

4. Meluangkan waktu untuk melakukan me-time

Me-time ini banyak manfaatnya yaitu dapat menghilangkan stress, menjernihkan pikiran,dan memberikan waktu untuk otak bisa beristirahat dengan tenang.

 

5. Bisa memaafkan diri sendiri

Ketika kita berbuat sebuah kesalahan, janganlah menyalahkan diri sendiri, tetapi coba lah perbaiki dan berikan maaf untuk diri sendiri, dan ketahuilah bahwa kalau kita bisa memaafkan diri sendiri akan banyak manfaatnya.

 

Demikianlah sedikit tips untuk melakukan self-love agar kondisi jiwa tetap sehat. Kendati demikian, jangan juga menjadikan self love sebagai tameng untukmu yang bermalas-malasan. Staysave!

 

Swara Kamu merupakan wadah untuk menyalurkan inspirasi, edukasi, dan kreasi lewat tulisanmu. Kamu bisa menyampaikan pendapat, pemikiran, atau informasi menarik seputar finansial dan karier. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis.

 

Ingin ikut berbagi inspirasi? Langsung daftarkan dirimu sebagai penulis Swara Kamu di sini!

Tentang Penulis


Author

Salsabila Alifianissa Az-zahra