Beranda > Karier Sukses > Tips Sukses Menekuni Profesi Bidang Teknologi Informasi

Tips Sukses Menekuni Profesi Bidang Teknologi Informasi

Anastasia Galuh Dinung PurwaningtyasAnastasia Galuh Dinung Purwaningtyas
Tips Sukses Menekuni Profesi Bidang Teknologi Informasiwatermark

TUNAIKU.COM – Jurusan kuliah yang ada di masa sekarang sangat bermacam-macam. Tidak hanya jurusan kuliah mainstream seperti ekonomi, namun juga segala sesuatu yang terkait dengan dunia digital. Fresh graduate sebagai jobseeker yang belum berpengalaman patut mempertimbangkan menambah kemampuan mereka di bidang yang menggunakan teknologi yang dekat dengan kaum muda ini. Jika digunakan dengan baik, kemampuan yang berkesan remeh temeh ini dapat menjadi bekal bagi masa depan kalian. Berikut ini tips menekuni profesi di bidang teknologi.

Selalu mengikuti perkembangan teknologi

Tips sukses untuk bertahan di bidang apapun adalah mengikuti perkembangan. Siapapun yang sadar akan perkembangan teknologi, akan menjadi yang terdepan dalam pertandingan. Mengikuti perkembangan teknologi dapat dilakukan baik melalui online, maupun offline dengan membaca buku dan majalah. Online book ataupun digital book bisa menjadi pilihan untuk memperluas pengetahuan.

Salah satu aplikasi yang bisa menjadi rujukan dalam mencari buku ilegal adalah iPusnas. Aplikasi yang dibuat oleh Perpustakaan Nasional ini merupakan aplikasi meminjam buku yang memungkinkan pengguna untuk meminjam buku dengan tenggat waktu tertentu. Koleksi buku iPusnas tergolong sangat lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis karena diupdate secara berkala oleh pemerintah.

Aktif dalam komunitas

Komunitas dapat membantu kita untuk mengetahui perkembangan teknologi. Tidak jarang, mereka memiliki pelatihan-pelatihan yang dapat memperkaya kemampuan, yang hanya dapat diikuti oleh anggota dari komunitas itu. Beberapa komunitas yang bisa diikuti adalah AbletonIndo (penyuka Ableton Live), GoProId (komunitas pecinta GoPro), dan Drone Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya kalian bisa mencari di laman pencarian dengan keyword sesuai dengan teknologi yang menjadi passion kalian.

Artikel Terkait: Hobi Menjadi Pekerjaan Utama, Siapa Yang Sangka?

Selain Make Up Artist, Ini 7 Profesi Yang Berawal Dari Hobi

Tahukah Kamu, 5 Hobi Receh Ini Bisa Menghasilkan Uang Banyak!

Hobi Jalan-jalan Juga Bisa Menghasilkan Uang, Lho! Bagaimana Caranya?

Aktif mencoba media IT yang baru

Teknologi terus berkembang, dan apabila ingin bertahan, kita harus mengetahui dan paham perkembangan teknologi terkini. Selalu mencoba hal baru adalah salah satu cara yang dapat dijalani. Dari hal yang sederhana, misalnya dengan mencoba Android Oreo yang merupakan versi Android yang paling baru, hingga mencoba iOS 12.1.4. yang merupakan OS Apple yang paling baru untuk mengikuti perkembangan zaman

Pelajari Internet Marketing

Selamat datang di dunia serba digital, di mana kita dapat mengakses apapun melalui gadget. Internet marketing tidak melulu mengenai penjualan, namun juga branding diri melalui media sosial seperti Instagram. Namun hal ini tidak mudah karena dibutuhkan keuletan dan semangat untuk konsisten mengunggah suatu konten. Kebanyakan dari pengguna Instagram saat ini memiliki halaman Instagram yang telah terkonsep, misalnya dengan mengunggah foto dengan tema-tema tertentu, dan filter yang senada. Ataupun mengunggah caption Instagram dengan bahasa tertentu (Bahasa Inggris ataupun Indonesia dengan kata-kata puitis) merupakan salah satu cara untuk melakukan branding diri di media sosial.

Mencari informasi mengenai perusahaan yang kita idamkan

Dengan mencari informasi mengenai perusahaan yang kita idamkan, kita memiliki informasi mengenai kesempatan untuk melakukan magang, atau bahkan bekerja di sana. Magang dapat menjadi batu loncatan bagi kita sebelum benar-benar berkarir di industri profesional. Misalnya, Microsoft Indonesia membuka magang setiap tahun setiap musim panas. Jika dinilai potensial, pekerja magang bisa mengikuti Microsoft Academy for College Hires (MACH), yakni magang lanjutan selama 18-24 bulan untuk mahasiswa.

Mendalami dunia teknologi informasi membuat kita memiliki banyak sekali kesempatan untuk bekerja di bidang terkait seperti programmer, web developer, dan database administrator (DBA), Security Engineer, dan masih banyak lagi. Jangan buang kesempatanmu untuk menjadi bagian dari teknologi terkini!

CTABARU3

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett