SWARA – Di era teknologi seperti sekarang ini, pekerjaan sebagai freelancer semakin banyak diminati. Salah satu pekerjaan freelance yang cukup populer adalah content creator, yaitu pekerjaan yang dilakukan dengan membuat konten lalu mempublikasikannya melalui sarana digital. 

 

Di antara banyaknya content creator di internet, salah satu yang mencapai kesuksesan adalah Jenn Im. Jenn memulai karirnya sebagai content creator sejak tahun 2010 dan saat ini telah memiliki 2,2 juta subscriber YouTube serta 1,6 juta pengikut di Instagram. 

 

Mengenal Jenn Im, Content Creator Bidang Kecantikan dan Fashion

 

Jenn membagikan konten video mingguan melalui channel YouTube yang bernama Clothes Encounter. Konten yang dipublikasikan meliputi tips berpakaian, tutorial makeup, serta opininya tentang cara menjalani hidup dengan maksimal.

 

Awalnya, channel Clothes Encounter dibuat sebagai vlog untuk menceritakan barang-barang fashion favorit Jenn. Pada masa itu, YouTube belum menjadi sarana publikasi konten yang populer dan ramai seperti sekarang ini. Ia membagikan konten berdasarkan kesenangannya, sampai lama-kelamaan banyak orang mulai meminta Jenn untuk membuat konten mengenai rutinitas kecantikannya. 

 

Sebagai freelancer, Jenn tidak memiliki jam kerja pasti seperti pekerja kantoran. Meski begitu, bukan berarti ia memiliki banyak waktu luang. Setiap harinya, ia juga perlu menghabiskan banyak waktu untuk memproduksi video, mulai dari tahap perencanaan hingga publikasi. 

 

Dalam prosesnya, Jenn menghabiskan waktu yang tidak sedikit untuk memproduksi satu video. Video berdurasi beberapa menit perlu diambil dalam waktu berjam-jam. Setelah itu, proses pengeditan video akan lebih panjang, mencapai tiga hari atau bahkan lebih dari satu minggu. 

 

Pada tahun 2017 lalu, Jenn baru saja meluncurkan clothing line miliknya sendiri yang bernama Eggie. Kemunculan Eggie merupakan upaya Jenn untuk bisa terus bertahan di bidang yang ia sukai hingga beberapa tahun yang akan datang. Hal ini merupakan antisipasi sebelum ia mencapai usia yang tidak memungkinkan baginya untuk terus menjadi content creator

 

Tips Sukses Menjadi Content Creator ala Jenn Im

 

Tentunya, ketika membuat konten, Jenn melakukan pertimbangan dan perencanaan yang matang. Ia harus memastikan kontennya memang menarik untuk ditonton supaya terus bisa menjalankan kariernya sebagai freelancer.

 

Bagi kamu yang ingin menekuni pekerjaan sebagai content creator atau freelancer, kamu bisa mengikuti beberapa tips sukses ala Jenn Im berikut ini.

 

  • Membuat strategi konten yang relevan

 

Saat memilih untuk memproduksi konten, Jenn melandaskan ide kontennya pada isu-isu yang sedang naik daun pada masa itu. Tidak hanya itu, ia memastikan untuk membuat konten yang relevan dengan musim. 

 

Sebagai contoh, memasuki musim panas, orang-orang mulai mencari makeup yang memiliki sifat waterproof dan tidak mudah luntur saat terkena keringat. Karena itu, Jenn akan membuat konten mengenai rekomendasi makeup yang cocok untuk musim panas. 

 

  • Membangun kepercayaan dengan penonton

 

Menurut Jenn, salah satu cara untuk membangun kepercayaan dengan penontonnya adalah bersikap konsisten untuk mengunggah konten tepat waktu, baik itu konten YouTube ataupun Instagram. Selain itu, sebagai content creator, kamu juga perlu melakukan berbagai eksperimen agar bisa menemukan waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan pengikutmu. Melalui komunikasi yang terjalin lewat konten, kamu dan penontonmu secara tidak langsung akan saling membangun kepercayaan satu sama lain. 

 

  • Memastikan konten original

 

Saat ini, ada banyak sekali orang yang menekuni pekerjaan sebagai content creator, khususnya di bidang fashion dan kecantikan. Karena itu, menurut Jenn, kita harus bisa membuat konten yang original atau berbeda dengan creator lainnya. 

 

Ketika berkolaborasi dengan brand tertentu, kamu sebaiknya tetap memusatkan kepentingan pengikutmu di atas kepentingan sponsor. Jika kontennya terlalu mengiklankan suatu produk, penontonmu bisa saja merasa tidak terpuaskan dan berhenti mengikuti videomu. 

 

  • Mempersiapkan diri untuk kerja keras

 

Sebagian besar orang menganggap pekerjaan sebagai freelancer adalah pekerjaan yang bebas dan memiliki banyak waktu luang. Secara khusus, content creator terlihat selalu bersenang-senang dalam konten yang dibuatnya. 

 

Akan tetapi, menurut Jenn, membuat konten yang baik sebenarnya membutuhkan kerja keras yang besar. Sebagai content creator, kamu harus siap untuk hanya memperlihatkan bagian yang menyenangkan dalam hidupmu kepada para penonton. Tujuannya adalah untuk menghibur dan memberi pengaruh. 

 

Tentunya, berprofesi sebagai content creator memiliki tantangannya tersendiri. Kamu bisa mengikuti tips dari Jenn Im untuk bisa mencapai kesuksesan dengan berkarier sebagai content creator