Beranda > Karier Sukses > PHK Bukan Akhir Hidupmu, Ini 5 Cara Bangkit dari Keterpurukan

PHK Bukan Akhir Hidupmu, Ini 5 Cara Bangkit dari Keterpurukan

PHK Bukan Akhir Hidupmu, Ini 5 Cara Bangkit dari Keterpurukanwatermark

TUNAIKU.COM – Menjadi karyawan memang menyenangkan. Gaji tetap setiap bulannya, fasilitas dari perusahaan, sampai jatah cuti setiap tahunnya kamu terima. Namun, salah satu risiko menjadi karyawan adalah kemungkinan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang bisa datang kapan saja.

 

Ketika situasi ini terjadi padamu, perasaan sedih dan kecewa pastilah yang pertama kali muncul. Tapi, apakah dengan di PHK maka hidupmu akan berakhir? Tentu saja nggak ‘kan? Di-PHK jelas bukan pengalaman yang menyenangkan, tapi kamu hanya harus bangkit dengan melakukan hal-hal ini!

 

Terima keadaan, semangati dirimu sendiri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menerima keadaan. Kamu boleh sedih atau marah sesaat, tapi jangan terus-terusan larut  atau menyalahkan dirimu sendiri. Sadarilah bahwa PHK terjadi bukan karena kesalahanmu. PHK terjadi karena perusahaan memang nggak mampu menyelenggarakan bisnis dengan baik, sehingga terpaksa memangkas jumlah karyawannya. Percayalah bahwa kamu adalah pribadi yang hebat, hanya keberuntungan sedang nggak berpihak padamu.

 

Manfaatkan uang pesangon sebaik mungkin

Saat memutuskan melakukan PHK, perusahaan akan memberikan uang pesangan. Untuk urusan yang satu ini, kamu pun harus aktif mengurusnya. Jangan sampai perusahaan justru mengabaikan kewajiban mereka yang satu ini. Setelah mendapatkan pesangon, kamu wajib memanfaatkan uang itu dengan sebaik-baiknya. Selain digunakan untuk melewati masa transisi selama kamu menganggur, pikirkan apakah uang tersebut bisa kamu pakai untuk menjajal bisnis atau biaya pengembangan diri.

 

Manfaatkan waktu untuk meningkatkan kualitas hidup

PHK boleh saja membuat hidupmu terpuruk dan berantakan. Perasaan sedih dan kesal membuatmu menghabiskan waktu untuk hal-hal yang sebenarnya nggak penting. Tapi sadarlah bahwa kamu juga harus segera bangkit. Di masa senggang ini, manfaatkan waktu untuk meningkatkan kualitas hidupmu. Rutin berolahraga, quality time bareng teman dan keluarga, atau menikmati hobi jadi cara-cara pintar untuk membuat hidup lebih baik.

 

Segera atur urusan personal dan karirmu

Jangan biarkan dirimu terpuruk terlalu lama. Kamu layak untuk segera bangkit dan menata masa depanmu kembali. Perbaiki hubunganmu dengan teman dan keluarga. Perluas jaringan pertemanan sehingga memungkinkan banyak tawaran pekerjaan yang juga akan datang. Segera upgrade CV-mu dan rajin-rajinlah mengecek lowongan pekerjaan yang sesuai keinginanmu.

 

Sadarilah bahwa PHK memang bisa menimpa siapa saja. Sebagai karyawan, kamu harus siap jika hal itu tiba-tiba menimpamu. Namun asalkan mau menerima keadaan dan punya semangat untuk bangkit, kondisi yang lebih baik bisa kamu dapati.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett