Beranda > Karier Sukses > Meski Belum Punya Dana Kuliah, 5 Jurusan SMK Ini Mampu Bimbing Anakmu Menggapai Masa Depan!

Meski Belum Punya Dana Kuliah, 5 Jurusan SMK Ini Mampu Bimbing Anakmu Menggapai Masa Depan!

Meski Belum Punya Dana Kuliah, 5 Jurusan SMK Ini Mampu Bimbing Anakmu Menggapai Masa Depan!watermark

TUNAIKU.COM – Kamu mungkin sedih ketika belum punya cukup dana untuk membiayai kuliah si buah hati. Banyak hal yang menghantui, terutama soal masa depannya nanti.  Eits, sebaiknya kamu jangan berkecil hati. Kenapa nggak daftarkan saja anakmu ke Sekolah Menengah Kejuruan alias SMK?

 

SMK justru mampu mencetak tenaga terampil yang siap kerja, lho. Nantinya mereka nggak hanya bisa bekerja sebagai karyawan, keterampilannya pun dapat dimanfaatkan untuk berwirausaha. Nah, ini dia beberapa jurusan SMK yang berpotensi menghadirkan masa depan gemilang buat buah hatimu!

 

1. Jurusan Tata Boga mendidiknya jadi juru masak andal yang dibutuhkan restoranchingga hotel berbintang

Siapa sih yang nggak butuh makan? Dari zaman batu sampai sekarang, industri kuliner nggak akan pernah mati. Maka jangan heran bila jurusan tata boga kian tinggi peminatnya. Jurusan tata boga di SMK membantu mencetak ahli-ahli masak dengan standar internasional.

 

Ini tentu peluang besar buat anakmu kelak, mengingat banyaknya jumlah hotel dan restoran yang membutuhkan seorang koki andal. Mereka pun berpeluang untuk berwirausaha di bidang kuliner seperti katering dan rumah makan.

 

2. Di era komputerisasi, jasa lulusan Teknik Komputer dan Jaringan akan selalu diperlukan

Kita jelas nggak asing lagi dengan yang namanya komputer. Di era komputerisasi dan digital seperti sekarang, dunia akan selalu membutukan kemampuan seorang teknisi komputer. Makanya, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) ini bisa menghantarkan anakmu ke dunia kerja yang prospektif.

 

Siswa TKJ akan mempelajari cara merakit komputer, melakukan pemeliharaan perangkat keras dan lunak, sampai memasang jaringan. Kompetensi semacam ini juga mantap dimanfaatkan untuk berwirausaha.

 

3. Jurusan Teknik Otomotif juga nggak kalah bergengsinya. Tenaga lulusannya sangat dinantikan oleh perusahaan besar

Masih ingat dengan mobil Esemka yang beberapa waktu lalu sempat bikin orang tercengang? Ya, mobil tersebut adalah buatan siswa Teknik Otomotif SMK. Jurusan ini memang bertujuan untuk mencetak tenaga-tenaga terampil yang andal di bidang perakitan otomotif.

 

Prospek kerja lulusan otomotif sangat luas. Mulai dari bengkel modifikasi hingga perusahaan-perusahaan otomotif raksasa. Nggak cuma itu, mereka juga berpeluang berwirausaha dengan membuka bengkel sendiri.

 

4. Lulusan Farmasi juga punya prospek kerja yang cerah, mulai dari apotek hingga perusahaan kosmetik

Industri farmasi juga nggak boleh dipandang sebelah mata, lho. Banyak bidang usaha yang membutuhkan lulusan Farmasi. Makanya, siswa lulusan ini juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

 

Lulusan Jurusan Farmasi punya peluang di berbagai lini. Mulai dari bagian administrasi pelayanan obat di instansi pemerintahan, apotek, instalasi farmasi di rumah sakit, hingga perusahaan obat-obatan, kosmetik, dan makanan.

 

5. Jurusan pelayaran nggak hanya menjanjikan gaji di atas rata-rata, tapi juga menjelajah sudut-sudut samudera

Anakmu siap untuk menjamah luasnya samudera? Nggak ada salahnya untuk dibimbing menjadi seorang taruna SMK Pelayaran. Nantinya, mereka akan dididik menjadi seorang operator bidang nautika kapal. Mereka berpeluang untuk bekerja di kapal domestik maupun kapal asing. Penghasilannya pun tergolong fantastis!

 

Gimana, Kawan Tunaiku? Nggak perlu risau soal masa depan buah hatimu. Meski belum sanggup menguliahkannya, kamu bisa mendorongnya untuk masuk SMK. Selain jurusan-jurusan di atas, tentunya masih banyak lagi jurusan SMK yang menjanjikan prospek kerja mapan. Tinggal sesuaikan saja dengan bakat dan minat anak, niscaya mereka akan diberi jalan menapaki masa depan yang lebih baik.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett