Beranda > Karier Sukses > Mau Belajar Coding dan Pemrograman Secara Gratis? Cek, 3 Situs Ini!

Mau Belajar Coding dan Pemrograman Secara Gratis? Cek, 3 Situs Ini!

dhandyDhandy
Mau Belajar Coding dan Pemrograman Secara Gratis? Cek, 3 Situs Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Berniat menambah skill terkait koding tanpa harus mengeluarkan biaya? Atau, ingin belajar coding namun memiliki waktu yang terbatas? Tenang, saat ini sudah banyak muncul berbagai situs yang bisa kamu jelajahi untuk bisa belajar coding dan pemrograman. Selain via online, situs tersebut juga bisa kamu gunakan secara gratis. Lho!

 

Di masa-masa sekarang ini, menambah skill baru diluar skill utama sudah menjadi sebuah keharusan untuk bisa mengikuti perkembangan zaman. Karenanya, situs-situs yang menyediakan program pelatihan sangat dibutuhkan pada saat-saat ini.

 

Nah, dilansir dari IDNTimes, berikut ini akan diberikan beberapa contoh situs yang bisa kamu gunakan dalam hal mempelajari coding web serta pemrograman via online. Selain mudah dan fleksibel untuk digunakan, situs-situs ini juga gratis, lho! Yuk, simak!

 

  1. Artikel Terkait: Baca artikel populer di SWARA!
    1. First Day di Kantor? Ini Jurus Hadapi Kecanggungan Hari Pertamamu
    2. Tunjukkan 9 Hal Ini untuk Memberikan Impresi Baik saat Interview
    3. Cincin Pernikahan dan Cincin Pertunangan, Sama atau Beda?

 

1. Freecodecamp

 

Situs pertama yang bisa kamu gunakan adalah freecodecamp. Situs ini bisa kamu gunakan secara cuma-cuma untuk bisa belajar coding web. Dengan tampilan situs yang sederhana juga akan membantu para pemula untuk bisa lebih mudah memahami mempelajari coding web.

 

Sebenarnya, freecodecamp ini adalah sebuah komunitas terbuka yang memiliki tujuan untuk membantu pengguna lain dalam mempelajari tentang pemrograman web secara gratis. Dalam situs ini, para peserta yang mengikuti pelatihan disebut sebagai camper. Para camper tersebut juga bisa menjadi anggota komunitas yang diisi oleh para campers serta para tutors.

 

Selain gratis, salah satu kelebihan dari situs ini juga memungkinkan para peserta/ camper bisa mendapatkan sertifikat. Sertifikat tersebut bisa menjadi sebuah pembuktian bahwa seseorang memiliki suatu skill tertentu yang biasanya akan digunakan dalam dunia pekerjaan.

 

CTABARU1

2. W3School

 

Selanjutnya, situs berikutnya yang juga bisa kamu gunakan untuk belajar coding web adalah W3School. Situs ini adalah sebuah situs web developer yang memiliki berbagai aspek pemrograman web. Mulai dari tutorial CSS, JavaScript, HTML, PHP, SQL, dan beberapa tutorial lain yang juga berhubungan dengan pemrograman.

 

Sama seperti situs sebelumnya, situs ini juga bisa kamu gunakan secara cuma-cuma. Namun, perbedaanya terletak pada sertifikat yang akan diberikan. Jika kamu ingin mendapatkan sertifikat dari situs ini, kamu harus menggelontorkan sejumlah uang untuk bisa mendapatkan sertifikat tersebut.

 

Tutorial yang diberikan dalam situs ini berbentuk teks deskripsi sederhana yang sangat mudah untuk dipahami. Selanjutnya, dari teks tersebut para peserta bisa mengaplikasikannya di jendela latihan yang terdapat pada situs ini.

 

3. Sekolahpintar

 

Situs berikutnya yang juga bisa digunakan sebagai platform belajar coding web datang dari produksi anak bangsa, yaitu sekolahpintar. Situs besutan Babastudio ini merupakan sebuah lembaga pendidikan komputer yang berpusat di Jakarta.

 

Dalam situs ini, terdapat berbagai macam kursus yang bisa diikuti oleh para peserta. Selain itu, kelebihan dari situs ini adalah modul yang disampaikan dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia, yang tentunya akan sangat disenangi oleh seluruh kalangan.

 

  1. Artikel Terkait: Cari tahu apa kata zodiakmu!
    1. Tips dan Trik Mengatur Keuangan Sesuai Zodiakmu
    2. Inilah Zodiak yang Dikenal Sangat Tangguh Saat LDR, Kamu Termasuk?
    3. Kata Zodiak, Keberuntungan Milik Taurus. Bagaimana Zodiak yang Lain?

 

Selain itu, kelebihan lain yang bisa diperoleh dari situs ini adalah tutorial yang diberikan dalam bentuk video peragaan. Sehingga, para peserta hanya memfokuskan diri untuk menonton video tutorial tersebut secara seksama. Satu lagi, sertifikat dari situs ini juga bisa diberikan secara cuma-cuma, lho!

 

Nah, itu tadi adalah beberapa situs online yang bisa kamu gunakan sebagai platform untuk belajar pemrograman ataupun coding web. Selama situs tersebut gratis dan sangat bermanfaat, kenapa tidak untuk segera dicoba?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett