Beranda > Karier Sukses > Kenal Lebih Jauh, 5 Perempuan Hebat Indonesia yang Mendunia Ini

Kenal Lebih Jauh, 5 Perempuan Hebat Indonesia yang Mendunia Ini

Kenal Lebih Jauh, 5 Perempuan Hebat Indonesia yang Mendunia Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Perjuangan kaum perempuan akan hak dan kesempatan yang setara dengan kaum laki-laki, seperti yang menjadi salah satu isi ‘tuntutan’ di Women’s March Jakarta yang digelar hari Sabtu lalu (04/03/2017), memang belum selesai.

Tapi, kamu boleh berbangga bahwa ada banyak perempuan-perempuan Indonesia yang mencuat namanya di panggung internasional. Bukti bahwa gender enggak menjadi penghalang kesuksesan dan prestasi mereka.

(Artikel terkait: Hal-hal yang Menjadi Pertimbangan Wanita untuk Melanjutkan Kuliah S2 Setelah Menikah)

Sebagai awalan, mari berkenalan dengan lima perempuan hebat Indonesia yang sudah diakui dunia berikut ini. Psst! Salah satu dari mereka bisa kamu jadikan sumber inspirasi untuk cita-cita putri kecilmu, lho.

 

1. Jessica Kholinne, komikus Marvel, franchise komik besar dunia

Seperti yang sudah kamu tahu, 2017 dipenuhi dengan film-film dari dunia sinematik Marvel. Nah, selain filmnya, apakah kamu juga mengikuti komik-komik aslinya? Jika iya, mungkin kamu pernah menikmati X-Treme X-Men & Journey into Mystery. Tahukah kamu ternyata karakter-karakter di komik ini enggak lepas dari sapuan warna ilustrator perempuan Indonesia, Jessica Kholinne.

Yup, Jessica adalah salah satu freelance color colorist dan digital artist komik-komik di Marvel Comics sejak tahun 2010.  Berbekal pengalaman dan portofolionya di publisher lain, talent scout Marvel Comics kepincut dan meminang Jessica untuk menjadi tim komik Journeys Into Mystery.  

 

2. Irma Hardjakusumah, Party Organizer Oscar 2016 & Emmy Awards

Di balik megahnya Governors Balls Oscar 2016 lalu, ternyata ada satu sosok perempuan hebat Indonesia. Dialah Irma Hardjakusumah, set designer yang bertanggung jawab atas perubahan drastis ruang pesta Ray Dolby Ballrom menjadi galeri mewah nan glamor yang menampilkan 160 karikatur figur Hollywod tersebut.

Berbekal pendidikan di Arsitektur UI, Environmental Design Program di University of California, dan Multi-discipliner Design di Art Center College of Design, Irma kini telah menjadi bagian dari berbagai event kelas dunia semacam Emmy Awards dan brand-brand papan atas seperti Burberry, Dior, Walmart, Bentley, hingga Disney.

 

3. Rini Sugianto, Animator film-film Hollywood

Jika kamu mencermati nama-nama di credit scene film-film Hollywood, mungkin kamu pernah membaca nama Rini Sugianto. Yup, Rini adalah sang animator dan visual effect yang ikut ambil bagian di Avengers: Age of Ultron, Teenage Mutant Ninja Turtles, The Hunger Games: Catching Fire, hingga The Adventures of Tintin.

Rini yang berlatar belakang di arsitektur, ternyata memiliki ketertarikan di ranah animasi. Enggak ragu mengikuti passion-nya, Rini melanjutkan kuliah pasca sarjana di Academy of Art University di San Francisco, Amerika Serikat. Selepas kuliah, ia memang sempat kesulitan mencari kerja. Tapi, setelah menjalani magang selama 3 bulan di salah satu perusahaan game, di situlah karir Rini bermula.

Tak lama menetap di San Fransisco, Rini mendapat panggilan sebagai character animator di New Zealand dan terlibat pembuatan film pertamanya, “The Avengers”. Selain disibukkan dengan pekerjaannya, Rini juga membagikan ilmunya melalui pelatihan animasi online bagi para animator di Indonesia.  

 

4. Tri Mumpuni Wiyatno, pencetus mikrohidro untuk kawasan pedesaan

Tri Mumpuni, perempuan Indonesia yang betul-betul mewujudukan filosofi Kartini “Habis Gelap Terbitlah Terang” melalui proyek listrik mikrohidronya. Bersama suaminya, Ir. Iskandar Budisaroso Kuntoadji dan LSM IBEKA, Tri memperkenalkan mikrohidro, teknologi pembangkit listrik yang memanfaatkan aliran air sungai.

Bermula di Subang Jawa Barat, hinggi kini, teknologi mikrohidro telah diterapkan untuk menerangi setidaknya 60 desa di Indonesia, hingga ke pelosok Papua. Hebatnya lagi, teknologi mikrohidro ini telah menginspirasi negara tetangga, Filipia untuk melakukan hal yang sama.

Enggak hanya membangun fisik si desa, Tri juga membangun manusia-manusia yang berada di sekitar pembangkit. ‘Memaksa’  mereka untuk berdaya sehingga teknologi mikrohidro ini benar-benar menjadi tulang punggung perekonomian mereka. Jasa dan peran Tri sebagai wirausaha sosial bahkan diakui oleh dunia dan ia diganjar dengan penghargaan “Climate Hero 2005” dari “World Wildlife Fun for Nature”!

 

5. Evvy Kartini, ahli nuklir tingkat dunia

Akademisi tingkat dunia yang menyandang gelar Prof Dr. rer. nat. alias rerum naturalium. Gelar yang langka, enggak hanya di Indonesia tapi juga dunia. Hanya ada sepuluh ahli nuklir di dunia, dan Prof Dr. rer. nat. Evvy Kartini adalah salah satunya. Ia dikenal sebagai ilmuwan yang menemukan penghantar listrik berbahan gelas saat magang di Hahn Meitner Institute (HMI) di Berlin, Jerman, 1990.

Hasil studinya ini kemudian diperkenalkan pada Konferensi Internasional Hamburan Netron (ICNS) Jepang, 1996 dan sejak saat itu nama Evvy Kartini meninggalkan jejak di jurnal-jurnal sains internasional seperti Physica B. Sejak saat itu, Prof. Evvy aktif berkolaborasi dengan peneliti netron dari Inggris, Jepang dan negara lainnya dalam penelitian netron.

Sampai saat ini, Prof. Evvy masih aktif terlibat di berbagai penelitian tingkat dunia sembari mengemban amanah sebagai kepala peneliti di BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional).

 

Wah, semuanya benar-benar perempuan hebat! Adakah di antara mereka yang menjadi sosok inspiratif bagimu, Kawan Tunaiku?

(Artikel terkait: Lewat 5 Drama Korea Ini Kamu Akan Belajar Betapa Hebatnya Jadi Cewek Mandiri Secara Finansial

Jika iya, terpaculah! Ingat, jangan berhenti mengaktualisasi diri dan melakukan hal yang kamu cintai. Buktikan bahwa kamu adalah sosok perempuan sukses, cerdas, dan mewakili semangat perempuan masa kini!

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa menjadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku yang prosesnya serba digital.

Yuk, langsung ajukan dan isi formulir di sini: Tunaiku.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett