SWARA – Banyak sekali pilihan hobi yang bisa ditekuni. Sangat menyenangkan ketika kita bisa menghabiskan waktu untuk kegiatan yang memang kita gemari. Waktu terasa cepat habis saat kita sedang melakukan hobi kita.

 

Namun, ternyata hobi bukanlah kegiatan yang hanya menghabiskan waktu. Kamu bisa melakukan hobi yang memberikan dampak positif untuk kariermu. Kamu tetap senang, dan memperoleh peningkatan yang signifikan dalam karier.

 

Hobi seperti apa yang bisa meningkatkan produktivitasmu dalam berkarier? Simak di bawah ini.

 

 

Yoga

 

 

Image result for yoga

 

 

 

Banyak sekali praktisi yang menganggap bahwa yoga dapat memberikan efek positif dalam bekerja. Orang yang menekuni yoga memiliki ketahanan terhadap tekanan kerja yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak menekuni yoga. Berlatih yoga juga bisa meningkatkan konsentrasi dan mengatasi stres. Secara fisik, yoga membantu penampilanmu terlihat lebih menarik.

 

 

Artikel terkait:

Persiapan Jelang Ramadan, Ini 4 Cara Tetap Produktif Walaupun Berpuasa

Tips dan Trik Agar Tetap Semangat Beraktivitas Saat Berpuasa

Dikritik Atasan, Lakukan 6 Langkah Bijak Menyikapinya

 

 

Bermain musik

Saat pertama kali belajar musik, dibutuhkan ketekunan dan sifat tidak mudah menyerah. Pemain musik harus belajar berulang kali agar bisa bermain dengan baik. Dua sikap ini sangat dibutuhkan untuk mencapai karier yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, musik juga dapat memperbaiki mood dan meningkatkan kreativitas dalam bekerja.

 

Belajar bahasa asing

Dengan belajar bahasa asing, kamu juga akan mempelajari budaya dan tradisi negara lain. Efek jangka panjangnya, kamu sudah memiliki bekal apabila suatu saat nanti mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan asing. Bahasa adalah awal untuk memahami suatu negara.

 

Membaca

 

Image result for reading

 

 

“Membaca adalah jendela dunia.” ungkap pepatah. Kamu bisa memiliki pengetahuan baru dengan membaca buku. Banyak sekali jenis buku yang bisa kamu baca, tidak harus terkait dengan pekerjaanmu. Pilihlah topik yang menarik dan bermanfaat sehingga walaupun tidak langsung terhubung dengan pekerjaan, namun bisa memudahkanmu dalam berkomunikasi dengan relasimu.

 

Gadget

Kemajuan teknologi menyebabkan orang tidak bisa lepas dari gadget mereka. Saat gadget mereka rusak, untuk menghemat waktu, biasanya orang lebih memilih untuk googling cara membetulkan kerusakan. Tanpa disadari, hal ini bisa sangat bermanfaat bagi kariermu, lho.

 

Misalnya, kamu suka mengutak-atik software komputer, maka kamu akan lebih mudah membuat perhitungan ataupun desain menggunakan desain tertentu. Bila ada masalah ringan di gadget, kamu juga bisa memperbaiki diri tanpa harus menunggu teknisi datang.

 

Menulis

Walaupun terkesan membosankan, menulis bisa membantumu dalam berpikir secara terstruktur. Menulis juga merupakan cara mengekspresikan diri. Dengan menulis, kamu bisa memiliki pikiran yang tajam dan kemampuan refleksi yang baik.

 

Enam hobi yang terlihat sepele dan dekat dengan kehidupan kita ini ternyata memiliki dampak yang besar terhadap perjalanan karier kita. Jika ada waktu luang, cobalah beberapa kegiatan di atas. Cari tahu kegiatan mana yang paling membuatmu senang. Rasa bahagia didapatkan, nilai jual diri juga bertambah. Selamat bersenang-senang!

 


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas