Beranda > Karier Sukses > Persiapan Jelang Ramadan, Ini 4 Cara Tetap Produktif Walaupun Berpuasa

Persiapan Jelang Ramadan, Ini 4 Cara Tetap Produktif Walaupun Berpuasa

Anastasia Galuh Dinung PurwaningtyasAnastasia Galuh Dinung Purwaningtyas
Persiapan Jelang Ramadan, Ini 4 Cara Tetap Produktif Walaupun Berpuasawatermark

TUNAIKU.COM – Karena berpuasa, banyak sekali orang yang merasa lelah karena tekanan kerja yang sama seperti saat mereka tidak sedang berpuasa. Perubahan pola hidup dan kebiasaan sehari-hari selama Ramadan berpengaruh terhadap stamina dan konsentrasi orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

 

Sebenarnya hal seperti ini tidak perlu terjadi. Walaupun sedang berpuasa, kita tetap bisa menjalankan aktivitas sebagaimana seharusnya. Bagaimana caranya agar tetap produktif di bulan puasa?

 

1. Selektif memilih menu sahur dan berbuka

Apapun yang kita konsumsi selama puasa berpengaruh pada produktivitas kita selama puasa. Jangan asal makan, pilihlah menu sahur yang bergizi dan mengandung energi yang cukup untuk menunjang produktivitas harian kita.

 

Ketika berbuka puasa, konsumsilah makanan yang bisa mengembalikan energi yang telah terbakar seharian. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

 

2. Istirahat yang cukup

Tidur minimal tujuh jam sehari dapat membantumu dalam menjaga kondisi fisik yang sangat rentan selama puasa. Daya ingat dan rasa letih yang kamu rasakan bisa berkurang, produktivitasmu juga akan meningkat secara signifikan.

 

 

Artikel terkait:

Inspiratif, Kisah Defi Soviana Sukses Rintis Karir Sebagai Party Planner

Ingin Karir Melesat? Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Sukses

Hindari 5 Hal Sepele Ini Supaya Karir Tetap Gemilang

 

 

3. Kurangi aktivitas yang tidak penting

Buatlah skala prioritas mengenai apa yang harus dilakukan. Misalnya tidak begadang untuk nonton bola, mengurangi main media sosial hingga larut malam. Kamu lebih baik beristirahat dibandingkan menghabiskan waktu untuk aktivitas yang tidak penting.

 

4. Hindari lembur

Jangan menunda pekerjaan yang bisa dilakukan saat itu juga supaya kamu tidak perlu lembur. Saat berpuasa, kamu membutuhkan energi lebih banyak, terlebih kamu harus bangun lebih pagi ketika sahur. Lebih baik energi yang kamu miliki dipakai untuk kegiatan lain yang jauh lebih penting.

Itulah empat cara tetap produktif walaupun berpuasa. Walaupun berpuasa, kamu tetap bisa beraktivitas seperti biasanya kok. Ingatlah untuk selektif dalam memilih menu saat puasa. Kamu memiliki energi yang terbatas sehingga jangan memforsir dirimu untuk melakukan kegiatan yang kurang penting. Waktu dan energimu sangat berharga sehingga harus dipergunakan dengan baik. Tetap semangat menjalankan ibadah puasa, semoga puasa tahun ini berjalan dengan lancar!

CTABARU3

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett